KESERUAN " MIGHE' JHUKOK KORASAN " DI BENDUNGAN SAMPEAN BARU

Mungkin bagi kebanyakan orang akan bertanya apa yang disebut dengan istilah " mighe' Jhukok ". Mighe' jhukok dalam bahasa madura artinya adalah menangkap ikan, ya kegiatan yang satu itu memang mengasyikkan bahkan dari yang muda sampai yang tua semua suka menangkap ikan, eits ....tapi nangkap ikan disini menggunakan cara tradisional jadi tidak merusak alam contohnya seperti menggunakan cara meracun dan sitrum ib


Apa kamu Pernah menangkap ikan ?, tentunya pernah bukan, apa lagi nangkap ikannya rame - rame bersama teman kita pasti tambah seru. Di Bondowoso ada satu kegiatan rutin nangkap ikan yang dilaksanakan selama satu tahun dua kali yang lokasinya berada di bendungan Sampean baru, tapi yang satu ini berbeda denga aktifitas nangkap ikan yang biasa kalian lakukan, nangkap ikan kali ini dilaksanakan oleh masyarakat Bondowoso dari berbagai kecamatan ,,, wow bayangin pasti seru bukan,  bisa dibilang nangkap ikan massal.

Sumber : Tommy sindy wicaksono


Dari jam 04.00 dini hari bendungan Sampean baru sudah ramai oleh masyarakat Bondowoso bahkan luar kota Bondowoso berkumpul, mereka yang tidak sabar untuk menunggu pintu air  Bendungan yang dibuka sambil menguras seluruh lumpur yang mengendap di dasar Bandung. BYURRRRR..... deburan debit air bendungan Sampean baru sudah dibuka, air bercampur lumpur keluar dari tanggul Bendungan Sampean Baru ,dari air yang bercampur dengan lumpur dari sini banyak menyebabkan ikan ikan keracunan, ketika ikan sudah mulai keracunan tampa komando penonton yang ada disana sudah siap menjaring ikan denga peralatan yang dibawah dari rumah masing masing, dan hasilnya tangkapan bervariasi dari ikan gabus sampai sidat dan ikan ikan lainnya.



Kegiatan menguras bendungan Sampean baru yang dilaksanakan setiap 2 kali dalam setahun menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Bondowoso dari hilir ke hulu banyak masyarakat yang antusias mencari ikan. Hasilnya tidak seberapa kadang hasil melimpah dan sebaliknya bahkan tak jarang banyak juga yang pulang dengan tangan hampa, namun meski demikian bagi masyarakat Bondowoso kegiatan " Mighe' Jhukok asatan " adalah moment yang ditunggu selain seru juga bisa menambah ikatan persaudaraan bagi masyarakat Bondowoso. Andai saja kegiatan ini dikelola dengan serius oleh pengelolah bisa menjadi event dwi tahunan yang ada di kota BONDOWOSO.



Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "KESERUAN " MIGHE' JHUKOK KORASAN " DI BENDUNGAN SAMPEAN BARU"

Dian Restu Agustina said...

wah senang jadi tahu mighe jhukok korasan saya..
Sepertinya di kali Brantas juga ada. Kalau bendungan Karangkates dikuras..orang nunggu seperti di kota asal saya, Kediri yang juga dilewati. Tapi nggak tahu masih ada nggak sekarang

Gus Bolang said...

Iya mbak pasti seru abis ya mbak ....

Ikrom Zayn said...

waaa bisa dapet banyak ikan gitu
klo di lalang harus ke kabupaten dulu
klo di kota ikannya ikan tempe hehehe

Gus Bolang said...

Hahahah iya mas ikrom ..ini panen raya ikan ...gratis pula

Gus Bolang said...

Hahahah iya mas ikrom ..ini panen raya ikan ...gratis pula

Liswanti Pertiwi said...

Itu deket bendungan gitu ga ngerikah mas. Tapi nangkep ikan rame rame seru juga ya

Vanisa Desfriani said...

wah, iya seru banget. nangkap ikan bareng-bareng sambil main air :D

Eksapedia said...

Itu yang foto pertama kok kayak ngeri banget ya mas :-O

Post a Comment