6 JENIS OLAHAN RUJAK KHAS INDONESIA YANG HARUS KAMU KETAUHI

Rujak adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat saya sukai, biasanya pas dihidangkan ketika makan siang. Sahabat Gus bolang tahu ? Ternyata di Indonesia banyak sekalai jenis jenis olahan rujak yang harus kita ketahui dan tentunya harus kita cicipi kelezatan masakan khas nusantara yang satu ini.

1. Rujak cingur 


Sumber : detikfood


Jenis rujak yang pertama berasal dari Provensi Jawa Timur yaitu " Rujak Cingur ". Di jawa timur ada bermacam macam rujak diantaranya adalah rujak gobet dan rujak cingur keduanya hampir dibilang sama dari segi bumbu yaitu menggunakan bumbu kacang dan gebetan mentimun, namun berbeda dengan rujak cingur, rujak yang satu ini hanya saja diberi tambahan cingur atau bibir sapi sebagian bahan pelengkapnya , rujak cingur banyak ditemukan di daerah surabaya sampai ujung pulau jawa timur yaitu Banyuwangi.

2. Rujak Soto

Sumber: google.


Bagi kamu yang penggemar berat soto mungkin merasa bosan denga tampilan menu soto seperti biasanya kamu bisa mencoba olahan baru yaitu rujak Soto. Rujak soto adalah perpaduan rujak dan soto, yaitu dengan bahan yang terdiri dari rebusan sayuran seperti kacang panjang dan tauge yang diuleg dengan kacang tanah kupas, gula merah dan petis kemudian diguyur dengan kuah soto, masalah rasa jangan ditanya pastinya sangat enak, rujak yang satu ini banyak ditemukan di daerah banyumas jawa tengah.

3. Rujak Mie


Sumber :detikfood

Yang satu ini datang dari negeri nan jauh yaitu pulau sumatra, kuliner yang satu ini dibilang unik biasanya rujak hanya campuran sayur dan lontong serta kuah kacang namun yang satu ini bahan utamanya adalah mie. Rujak yang satu ini bisa dibilang perpaduan antara pempek dan rujak yang bahannya terdiri dari mentimun, toauge dan beberapa jenis sayuran lainnya kemudian diguyur dengan kuah cuko.

4. Rujak Es Krim

Sumber :masakandunia.com

Nyeleneh " iya " bisa dibilang nyeleneh yang satu ini namanya rujak es krim. Jika anda berkunjung ke Yogya jangan lupa untuk mencicipi rujak yang satu ini, pada dasarnya rujak yang satu ini adalah rujak buah seperti di malang jawa timur hanya saja diberi tambahan serutan es atau es krim yang menjadi bahan tambahannya,.sangat cocok sekali dinikmati pas cuaca panas.

5.Rujak Kuah Pindang

Sumber :tempatmakan.com

Rujak dengan kuah kacang mungkin itu sudah biasa bagaimana denga kuah pindang yaitu kuah yang terbuat dari olahan ikan yang dijadikan bumbu aneka pelengkap rujak seperti mangga dan irisan pepaya. tentunya pasti sensasinya bakalan beda dengan rujak pada umumnya. 

6.Rujak Gobet cramcam


kembali lagi ke kota pahlawan selain rujak cingur ada juga varian dari rujak gobet. Rujak gobet terbuat dari serutan mangga, kedondong, nanas, mentimun dan gobetan ubi jalan yang direndam dengan bumbu asam manis , biasanya rujak yang satu itu dihidangkan dalam acara perkawinan dan acara 7 bulan kehamilan.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "6 JENIS OLAHAN RUJAK KHAS INDONESIA YANG HARUS KAMU KETAUHI"

nur rochma said...

Aku kalau makan rujak cingur, nggak pakai cingurnya. Bukan rujak cingur lagi, dong.

Gus Bolang said...

Hahahah iya mbak bukan rujak cingur lagi ...bisa rujak kikil mbak

Rifqy Faiza Rahman said...

Yang nomor 6 belum pernah ngerasain hahaha

Gus Bolang said...

Yang nomor 6 biasanya kalau di rumah saya buat nyuguhi tamu pas lamaran mbak ...itupun kalau lagi musim mangga hehehe

Gus Bolang said...

Yang nomor 6 biasanya kalau di rumah saya buat nyuguhi tamu pas lamaran mbak ...itupun kalau lagi musim mangga hehehe

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Saya paling suka tuh sama rujak cingur. Kalo pulang ke Jombang, saya sering cari rujak petis (sama dengan rujak cingur, tapi tanpa cingur).

Post a Comment