YUK TENGOK GALLERY FOTO BONDOWOSO ZAMAN KOLONIAL BELANDA, NOMOR 3 MASIH MISTERIUS.

Terkadang kita rindu dan ingin kembali ke masa yang penuh kenangan andai ada pintu kemana saja heheheh, khayalan tingkat tinggi pecinta Doraemon. Tapi Kali ini Gus bolang akan mengajak para pembaca untuk mengarungi waktu menyusuri Bondowoso tempo dulu yaitu pada zaman era Hinda - belanda.


1. Menir Mendaki Gunung Raung Tahun 1912, Mendadak Jadi Anak Gunung !


Entah kalau lihat gambar ini kadang ketawa geli heheheheh betapa tidak coba saja penampilan pendaki gunung raung sangat formal sekali bahkan mirip sama penampilan orang yang mau masuk kantor. Di bawah duduk terlihat dua orang penduduk lokal mungkin saja mereka adalah porter pendakian gunung raung.


2. Bondowoso Punya dua Pabrik Gula pada era Kolonial Belanda




Siapa bilang Bondowoso hanya mempunyai satu pabrik Gula yaitu PG Prajekan, ternyata sahabat Gus bolang Bondowoso mempunyai dua pabrik Gula yaitu Pabrik Gula Tenggarang. Semenjak kebijakan kolonial Belanda untuk membangun sektor Industri maka berdampak terhadap perkembangan industri yang ada di Bondowoso, konon pabrik Gula yang satu ini sekarang ditempati markas Bromob Bondowoso, menurut sumber veteran yang saat ini masih hidup.

3. Misteri Tugu Juliana Yang Hilang



Monumen yang satu ini saat ini sudah tidak ada bekasnya di kota Tape bisa dibilang sangat misterius , monumen Juliana dibuat oleh ratu willhelmina. Kemudian pada masa penjajahan Japan monumen yang satu ini dihancurkan, lokasi keberadaan gedung ini menurut sumber informasi beberapa veteran di Bondowoso menyebutkan berada di selatan alun - alun.

4. Kerapan Sapi


Kalau saat ini dinamakan kerapan sapi, itupun adanya ada di Madura. Siapa sangka dulu di Bondowoso juga ada kerapan sapi dan konon si Ratu Wilhelmina sangat suka dengan pertandingan balap sapi, heheheh maklum di belanda gak ada balap ginian.

5. Pameran


Kalau saat ini biasanya pemerintah kota Bondowoso dalam satu tahun biasanya dilaksanakan 2kali pameran yaitu pada saat hari jadi kota Bondowoso dan biasanya pada festial Muharram. Lah Sahabat Gus bolang  ternyata dari Jaman Penjajah Belanda di Bondowoso sering mengadakan pameran Tuh lihat Standnya, entah jualan apa gus bolang masih belum paham tapi sepertinya ada kepala rusa hororr hahahaha.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "YUK TENGOK GALLERY FOTO BONDOWOSO ZAMAN KOLONIAL BELANDA, NOMOR 3 MASIH MISTERIUS."

Dian Restu Agustina said...

foto pertama: naik gunungnya apa nggak jadi ribet yak pakai baju formal gitu
kedua: di Kediri, kampung halaman saya juga banyak, karena ada 3 pabrik gula juga
ketiga: wah misterius ..tugunya dimana
keempat: ternyata nggak cuma di Madura
kelima: oh ternyata pameran sejak dulu ada yaa..keren tuh

Thanks sharingnya:)

Post a Comment