YUK BELAJAR SERBA - SERBI KERETA API DI MUSEUM KERATA API BONDOWOSO

Naik kereta api tut .. tut .. tut
Siapa hendak turun Ke Bandung Suraba ...
Boleh naik dengan gratis wkwkwk...

Tentunya masih inget kan lagu yang satu ini, lagu favorit yang sering dinyanyikan Pas waktu disuru nyanyi sama guru waktu masih di bangku Sekolah Dasar ( SD ) pastinya kamu masih ingat bukan. Kali ini Gus bolang  akan mengajak kamu untuk belajar seluk beluk serba serbi kereta yang ada di Indonesia - duhh saya rada kaku menulis di blog ini gara - gara jarang update.


sumber : Radar besuki

Kereta api, siapa yang tak kenal dengan alat transportasi yang satu ini. Tidak hanya setia menjadi angkutan umum yang membawa penumpang lintas daerah namun ternyata kereta apa juga menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia tempo dulu ketika melawan penjajah kolonial Belanda pada waktu itu, begitu juga di Bondowoso, museum kereta api Bondowoso juga menyimpan banyak memori sejarah perlawanan masyarakat Bondowoso versus penjajah kolonial Belanda pada waktu itu sehingga terkenal dengan tragedi " Gerbong Maut " yang terjadi pada tahun 1947 tanggal 23 November.






Dan kamu tahu ...! Museum gerbong maut atau museum kereta api Bondowoso yang sekarang ini merupakan bangunan asli stasiun kereta api dari zaman kakek moyang kita pada era pemerintahan Hindia Belanda yang dulu pernah menduduki keresidenan besuki, jadi bisa dibilang museum kereta api Bondowoso masih Original dan termasuk museum kereta api ke 5 yang ada di Indonesia - lah cocok banget buat kamu warga Bondowoso gak perlu jauh jauh berkunjung ke museum ambarawa atau museum sawahluto karena di kota tape juga ada museum kereta api.






Museum kereta api Bondowoso di sana kamu bisa belajar tentang serba serbi kereta api yang pernah beroprasi di Indonesia mulai jaman perjuangan sampai era moderen. Di Museum kereta api Bondowoso kamu bisa melihat beberapa miniatur kereta api, alat alat kereta api, sejarah tragedi gerbong maut, ada juga komoditi alam yang menjadi barang ekspor seperti tembakau, dan beberpa tanaman berharga mahal lainnya, dan yang paling special kamu juga bisa melihat replika gerbong maut yang mengangkut pejuang Bondowoso ketika zaman penjajahan Belanda.



Untuk mengunjungi monumen kereta api Bondowoso tidaklah sulit lokasinya berada tidak jauh dari terminal Bondowoso kira - kira jika berjalan kaki hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja tapi jika kamu berlari hehehe kira kira butuh waktu sekitar 10 menit saja. Lokasi museum kereta api berada di desa kademangan, stasiun kereta api Bondowoso merupakan stasiun kelas I oh iya  alamatnya Jl. Imam Bonjol, Kademangan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68217.

Jadi kalau kamu ke Bondowoso jangan lupa berkunjung ke Museum kereta api Bondowoso.

2 Responses to "YUK BELAJAR SERBA - SERBI KERETA API DI MUSEUM KERATA API BONDOWOSO"

  1. aku juga baru dari museum KA tapi ambarawa
    juga ada mesin cetak tiketnya gitu
    eh gerbong mautnya itu satu rangkaian sama yang di museum Brawijaya ya
    spooky banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mas ikrom ... sebenernya itu gerbong replika mas yang di samakan dengan ukuran grbong maut yang ada di museum brawijaya .... ayo mas ke Bondowoso

      Delete

Pasang Benner iklan