ZIARAH KE MAKAM RATU IBU DAN SISA KEJAYAAN SAMPANG TEMPO DULU #EKSPLOREMADURA

Kabupaten Sampang Madura adalah salah satu dari empat kabupaten yang ada di pulau madura pulau yang terkenal penghasil garam sejak era kolonial Belanda, ternyata dibalik itu semua Madura khususnya sampang mempunyai sejarah masa lalu yang pernah gemilang. Terbukti di pulau madura banyak sekali tokoh tokoh penting yang dimakamkan di pulau madura bahkan sampai saat ini Madura menjadi rujukan pertama bagi peziarah makam makam para wali Allah.




Terlepas dari itu semua madura menyimpan gudang mistik yang sangat dahsyat ( heheh kayak paranormal genk ) bisa dipastikan jika  kamu pergi ke pulau Madura dari kabupaten Bangkalan sampai kabupaten Sumenep pasti kamu banyak menemukan makam makam keramat jadi bisa dibilang Madura juga mempunyai daya magis yang sangat kuat tak kalah dengan pulau bali. Ah .... udah yaaa ... cerita mistiknya ...kali ini Gus bolang akan mengajak kamu untuk menelusuri sejarah Madura kali ini kita akan mengunjungi Makam Ratu Ibu yang ada di Kabupaten Sampang tepatnya di Desa Madegan.

Makam Ratu Ibu

Ornamen Islam di kompleks makam Ratu Ibu

Makam yang satu ini bisa dibilang sangat unik, sebelum kamu masuk kompleks makam kamu akan disambut dengan gapura bergaya hindu budha nama gapuranya adalah Gapura Paduraksa, konon katanya dulu sempat ada relief seekor naga yang terpanah tembus sampai ekornya namun sayang sekarang kita sudah tidak bisa lagi menyaksikan relief tersebut. Lah Gapura Paduraksa memiliki makna yang sangat penting bagi sejarah masyarakat Sampang pada waktu itu gapura dengan relief naga terpanah sampai tembus ekor menunjukkan sebagai Sangkala Memet yang berbunyi " Naga Kapanah titis ing midi "yang menunjukkan tahun 1546 caka dan pada waktu itu menjadi sejarah penting bagi rakyat karena pada waktu itu diangkatnya Raden Praseno raja pertama di Pulau Madura dengan gelar Cakraningrat I.




Terus siapa sih sosok Ratu ibu itu ?. beliau adalah Ibu Raden Praseno beliau adalah isrri Pangeran tengah yang gugur dalam peperangan ketika raden praseno masih kecil. Dan beliau berjasa meletakkan dasar - dasar Agama islam di Kabupaten sampang pada waktu itu.



Komplek makam ratu ibu, memang disana kamu tidak akan menemukan apa apa selain makam namun berkunjung ke komplek makam ratu ibu kamu akan terpana betapa jayanya madura pada waktu itu, arsitek gapura paduraksa yang mempunyai nilai seni tinggi, makam makam dengan nisa dengan tulisan lafadz al qur'an dan makam makam tokoh penting bisa kamu temukan disana. Ya .. traveling kali ini bisa dibilang refleksi sejarah kejayaan Nusantara, Tak hanya makam yang bisa kamu jumpai sebelum masuk ke Komplek Makam ratu ibu kamu akan melihat rumah - rumah kuno yang masih tetap kokoh sampai saat ini meskipun sebagian besar ada yang sudah di pugar dan diperbagus dengan model model perumahan modern namun kesan rumah kono masih bisa kita lihat sampai saat ini sekan ketika kita berada disana kita seakan dibawa berjalan menelusuri lorong waktu kembali ke masa kejayaan Cakraningrat I di pulau Madura.

Lokasi Makan Ratu ibu berada dekat dengan kota sampang kira - kira sekitar 5 km dari pusat kota tepatnya di Kampung Madegan Kelurahan Polagan Kecamatan Sampang.













4 Responses to "ZIARAH KE MAKAM RATU IBU DAN SISA KEJAYAAN SAMPANG TEMPO DULU #EKSPLOREMADURA"

  1. Wahh jadi tertantang nih ke madura, lihat daya magis kota clurit hehehe. BTW kalau masuk dan ziarah ke ratu ibu ini ada tiket masuknya nggak mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. free mas anjar ... yang penting ngisi buku tamu di masjid di komplek makam ratu ibu

      Delete
  2. Ziarah makam dan tempat bersejarah lainnya memang kadang membuat kita makin mencintai sejarah bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak cantik ... bisa buat kita makin cinta tanah air

      Delete

Pasang Benner iklan