RUMAH RUMAH ASAP KAMPUNG PESISIR SAMPANG MADURA

Cuaca pulau Madura bisa dibilang suhunya sangat panas, pada waktu siang hari bagi gus bolang gak berani berlama lama di dalam kamar apa lagi kali ini kelayapan ke Madura pas bulan Ramadhan, bisa dibayangi teriknya matahari pas di depan mata ada segelas es yang sueger wihhhh subhanallah. Namun panasnya terik cuaca di pesisir Sampang tidak menyurutkan semangat para ibu ibu yang tetep memproduksi ikan di rumah asap sehingga rumah asap kampung pesisir sampang tetep ngepul.





Ibarat kata pepatah "  Gak kerja maka dapur gak ngepul "  sama dengan ini dengan prinsip para ibu ibu nadura khususnya sampang yang hampir tiap hari memproduksi ikan asap. Hampir setiap hari kepulan asap yang dihasilkan oleh pembakaran batok tempurung kelapa selalu terlihat dari tiang corong rumah asap, di sisi lain para suami membantu menangkap ikan di laut dan ibu ibu dengan cekatan membagi tugas dengan anggota keluarga lainnya mulai dari membersihkan ikan , membiting ikan sampai mengasap ikan dan keesokan harinya siap dijual di pasar induk.



Ikan yang biasanya di asap macam - macam namun yang sering dijadikan ikan asap adalah ikan dorang dan ikan cakalan yang ukurannya sedikit kecil. untuk jenis ikan tuna biasanya diolah menjadi ikan pindang yaitu jenis ikan yang dikukus. Untuk pemilihan bahan baku memang sangat selektif sekali mulai dari ikan sampek bahan bakarnya harus menggunakan produk yang sangat bagus contohnya saja dari bahan bakarnya, untuk membuat ikan asap yang mempunyai aroma khusus biasanya rumah produksi ikan asap menggunakan bahan bakar batok kelapa sehingga warna ikan menjadi kuning keemsan dan tentunya rasanya sangat enak dengan aroma khas yang sangat harum.

Biasanya masyarakat Madura mengkonsumsi ikan asap dengan tambahan sambal petis atau sambal terasi namun untuk ikan dorang biasanya dibuat kuah santan mirip seperti mangut ikan lele khas jawa tengah bedanya aja dengan di Madura rasa kuahnya tak semanis seperti di Jawa tengah. Untuk satu ekor ikan asap harganya macam macam tergantung dari besar dan kecilnya ikan dari harga Rp. 1500,- rupiah sampai harga Rp. 2500,- rupiah tapi khusus ikan dorang harganya Rp. 3500,- rupiah, cukup ekonomis bukan untuk kantong kita.

6 Responses to "RUMAH RUMAH ASAP KAMPUNG PESISIR SAMPANG MADURA"

  1. belum pernah ngrasain daging / ikan yg model diasapi kaya gini mas. sama ikan yg digoreng atau di kukus itu, rasanya enak mana?
    murah harganya, recomended buat oleh-oleh ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku mas lebih enak yang di asap mas .. aromanya keluar mas ,,, sangat harum selain itu mas harganya murah banget mas...

      Delete
  2. Duh, dah lama gak makan ikan. Apalagi ikan asap mas.. Aku bacanya jam segini, jadi teringat buat sahur nanti mas..hehe..

    Yang aku suka itu harganya lho mas, masih murah dan terjangkau banget. Apalagi buat mahasiswa..hehe

    ReplyDelete
  3. iya mas kalau beli langsung di pesisir harganya ancur super murah ,... tapi kalau sudah di depon ... ampunnn minta ampun ... bisa buat kangker alias kantong kering

    ReplyDelete

Pasang Benner iklan