JALAN - JALAN KE SITUS DUPLANG WARISAN MEGALITIKUM KOTA JEMBER

" Haii .. haii .. lama gak jumpa " Gus bolang " yang selalu membahana. maklum akhir - akhir ini gus jarang update di blog , jarang blogwalking dan lain - lain maklum masih banyak kerjaan yang numpuk "

Batu Kubur

Kali ini Gus bolang akan mengulas tentang salah satu peradaban pra-sejarah Kabupaten Jember. Ceritanya Nih sobat ,Sebelum Kabupaten Jember menjelma menjadi kota yang maju dan mentereng pada saat ini, tapi dibalik kemajuan kabupaten Jember ternyata mempunyai warisan budaya megalitikum ( Zaman Batu ) yang tak kalah hebatnya dengan era modern saat ini, salah satu warisan kebudayaan megalitikum yang ada di kota Jember adalah situs Duplang yaaa bisa dibilang masih masyarakat pada waktu itu mungkin sebatas huhu haha huhu hahah.



Kebetulan kali ini gus bolang bersama para sahabat berkunjung ke situs duplang dalam rangka kegiatan " Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Sikatar Cagar Budaya " yang dilaksanakan oleh dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso.  Ya  Gus bolang ucapin terima kasih sudah nyediakan semua fasilitas dari penginapan , sarapan , sampai Jalan - jalan Gratisnya pokoknya Sip sae deh udah ngajak hepy - hepy Gus bolang ,heheheheh.


DICATAT Genk !

Situs Duplang terletak di Desa Kamal , Kecamatan Arjasa , Kabupaten Jember. Tidak sulit menemukan keberadaan situs duplang kamu tinggal menuju ke Kabupaten Jember baik bisa menggunakan kendaraan umum atau dengan kendaraan pribadi sesampainya di Kecamatan Patrang kamu tinggal tanya dimana lokasi desa Kamal, dari jalan raya Jember - Bondowoso jaraknya berkisar sekitar 4 Km.


Aneka Jenis Batu Kenong


Genk  di situs Duplang banyak hal yang bisa kamu temukan disana. Situs Duplang disana kamu bisa menemukan beberpa peninggalan prasejarah seperti Batu Kenong batu Prasejarah di Indonesia hanya ada di 3 kota yaitu Situbondo , Bondowoso dan Jember, fungsinya banyak menurut Dr.Blasius Suprapto, M.Hum  kebetulan beliau juga menjadi pemandu kita selama mengunjungi situs duplang,  batu kenong fungsinya bisa sebagai pondasi rumah dan selain itu batu kenong juga mempunyai filosofi sebagai salah satu lambang kesuburan, selain batu kenong di situs duplang juga terdapat Menhir yang dahulu kala digunakan sebagai situs pemujahan arwah nenek moyang jadi nenek moyang kita sudah mengenal sistem kepercayaan, ada juga kubur batu , ya pastinya sudah tau apa fungsinya, tentunya sebagai makam nenek moyang kita dan banyak lagi batu lainnya yang bernilai sejarah yang bisa kamu temui di situs duplang, lebih jelasnya kamu bisa traveling ke situs duplang hitung hitung jalan jalan sambil belajar tentang sejarah nenek moyang kita.

Menhir


Mungkin kamu bertanya Apa yang bisa kamu temukan di Situs Duplang ?, jawabannya tentu saja beraneka jenis Batu, dan biasanya tempat wisata yang satu ini sepi dari wisatawan tidak sama dengan wisata pantai atau wisata yang lainnya. "Ya iya lah ngapain juga cuma lihat batu !" tapi jangan anggap cuma batu Genk meskipun batu biasa, namun batu batu ini menyimpan pesan tersirat bagi kita generasi Muda, paling tidak pesan dari nenek moyang kita "kita harus bangga nenek moyang kita tempo dulu sudah mempunyai peradaban yang sangat hebat" , kita manusia modern belum tentu bisa membuat seperti karya nenek moyang kita, Yuk Saatnya Kita yang muda bangga dengan warisan nenek moyang kita  dan tentunya kita yang muda harus terus share dan turut menjaga kelestariannya.

INFORMASI

Situs Duplang

Desa Kamal , Kecamatan Arjasa , Kebupaten Bondowoso.

4 Km dari Jalan Raya Bondowoso - Jember.


Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "JALAN - JALAN KE SITUS DUPLANG WARISAN MEGALITIKUM KOTA JEMBER"

Rudi Chandra Sambas said...

Seru banget tuh bisa liat berbagai peninggalan bersejarah secara gratis.
Mau juga dong mas.

GUS BOLANG ADVENTURE said...

iya mas jalan jalan sambil edukasi

Ikrom Zayn said...

menhir dolmen sarkofagus
ya allah jadi keinget apalan sejarahku dulu

Mega Harta Pamungkas said...

Wadaww .. super yaa mas semoga blog ku kaya punya nya mas biar enggak kaya zombie .. :'D

Heni Puspita said...

Di Lampung juga ada nih, situs megalitikum Pugung Raharjo

Post a Comment