BELAJAR MERACIK KOPI DI KAMPUNG KOPI SELENCAK

Tidak pas rasanya jika kamu ke Bondowoso kalau belum mencicipi kopi Bondowoso, kopinya Bondowoso Republik Kopi. Bukan ke Bondowoso kalau kamu masih minum kopi dadakan alias kopi saset atau kopi instan, apa lagi sambil ditemani dengan sambil ditemani dengan tape goreng beghhh  lengkap sekali kawan.




Kali ini Gus Bolang akan mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang serba - serbi Kopi Bondowoso, kenapa sich kopi Bondowoso nikmat banget ?" lah " kali ini Gus bolang akan tuntas kupas tentang kopi Bondowoso, biar kamu gak penasaran ayo kita kunjungi kampung kopi selencak farm yang lokasinya masih di Bondowoso tepatnya di Desa Sukorejo Kecamtan Sumber wringin.

proses sangrai biji kopi arabika

SOP nya guyss


Ketika kita sampai di " Selencak Farm " kita akan disambut dengan pemandangan alam kecamatan sumbe wringin yang sangat indah, dan eukaliptus si pohon pelangi, pokoknya kamu akan disuguhi pemandangan pedesaan khas Bondowoso yang menyejukkan hati. Kedatangan Gus bolang kali ini disambut dengan ramah oleh owner Kampung kopi Selencak bapak Mahali, kopi Arabika super sudah menyambut kedatangan saya, kopi yang satu ini bukan sembarang kopi, kopi yang satu ini di proses dengan cara fermentasi selama 36 jam dan rasanya sumpah mantap.

penjemuran biji kopi

fermentasi

pemyimpanan kopi


Yuk Belajar buat kopi .... 
Pertama ketika kamu berkunjung ke Selencak kamu akan dibawa untuk melihat pohon kopi dan biji kopi mulai dari kopi jenis robusta sampai kopi Arabika. Setelah mengenal jenis-jenis kopi oh iya hampir lupa satu kopi lagi yaitu " kopi luwak" , baru kita kenal dengan aneka jenis kopi, step selanjutnya kita akan diajak untuk mengolah kopi Bondowoso mulai dari pemetikan , sortir biji kopi yang berkwalitas, pengupasan kulit yang sudah menggunakan alat modernt, penjemuran sampai yang terakhir penggerusan kopi dan yang terakhir sampai packing atau penyeduhan kopi, ternyata prosesnya sangat panjang maklum saja harganya sepadan dengan kelezatan Kopi Bondowoso.

Homestay


Tempat istirahat dan pertemuan 

Dan yang menjadi andalan dari " Selencak " adalah kopi luak fermentasi yaitu kopi arabika yang difermentasi sehingga rasanya nantik menerupai kopi luwak yang dihasilkan oleh hewan luwak, dan tenunya harganya bisa dibilang termahal. Selain kopi disana kamu juga bisa belajar berternak kambing etawa dan kaligesing selain itu belajar bertani juga bisa dilakukan di kampung kopi Selencak.




Buat kamu yang ingin bermalam atau berlama lama di Kampung kopi, pengelolah juga menyediakan home stay. Lokasi Selencak Farm berada di Kecamatan sumber wringin dari pertigaan Indomart sumber wringin ambil arah jalan yang menuju ke kawah ijen, lokasi selencak farm berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah untuk dikunjungi, untuk tiketnya sendiri jika hanya sekedar belajar bisa dibilang free alias gratis dan kamu juga bisa membeli produk dari kelompok petani kopi selencak yaitu berupa biji kopi sangrai dan bubuk kopi untuk bubuk kopi harganya sangat ekonomis untuk arabika harganya Rp. 40.000,-/ 200 gram , untuk kopi arabika fermentasi Rp,60.000,-/200 gram dan untuk kopi luwak Rp,100.000,-/200 gram , tentunya kamu tidak akan rugi untuk membeli kopi selencak farm dijamin rasanya buat kamu kepengen kembali berkunjung ke Bondowoso.






20 Responses to "BELAJAR MERACIK KOPI DI KAMPUNG KOPI SELENCAK"

  1. wi alami banget
    ini juga bisa buat tempat belajar anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bisa mas buat wisata edukasi mas :-)

      Delete
  2. Waaah, jadi kepengen ke sini. Saya selalu suka atmosfer Bondowoso. Meskipun terjepit di antara kabupaten lain, tapi malah jadi unik dan saya pikir Bondowoso termasuk daerah subur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah ayok mas bulan tujuh kita ada event fersiva petik kopi

      Delete
  3. Enak banget tu lokasi kayaknya... Bolehlah nanti saya mampir ke Bondowoso sambil ngopi2 makan tape kakak

    ReplyDelete
  4. kopi luwak yang fermentasi bikin penasaran dengan harga cukup terjangkau ketimbang kopi luwak asli.booked harus bisa datang ke Bondowoso ni buat cobain langsung

    ReplyDelete
  5. Hayuk ke Bondowoso kakak... nantik nyicipi kopi bondowoso

    ReplyDelete
  6. Hayuk ke Bondowoso kakak... nantik nyicipi kopi bondowoso

    ReplyDelete
  7. Wah salah satu mimpi saya tuh bisa tidur dikelilingi pohon kopi sekaligus menikmati kopi di kebun kopinya... Ijin bookmark buat next destination mas. Hehe

    ReplyDelete
  8. Asyik juga tuh belajar tentang kopi terus nikmati pemandangan pedesaannya sambil ditemeni secangkir kopi.
    Beuh... jadi pengen mas.

    ReplyDelete
  9. Bondowoso, belum pernah nginjakin kaki kesana. Suka bangat liat view desanya

    ReplyDelete
  10. Wah, kampung kopi ada homestay nya pula, menarik sekali :)

    ReplyDelete
  11. Bondowosooo, pernah dua kali kesini namun hanya numpang lewat doang.
    Nexttime kudu banget main kesinii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ratna kalau ke Bondowoso jangan lupa ... minum kopinya heheheh

      Delete

Pasang Benner iklan