PESONA TANCAK SULAIMAN DAN KISAH DEWI RENGGANIS

Haiii .. Haiii ..Haii taretan ( Teman )..Dhe'remma Kaberreh ( Bagaimana kabarnya ) wuihhhh lama nih gus bolang  gak keluyuran dan blusukan di sekitar wisata Bondowoso ternyata masih ada destinasi baru yang wajid di kunjungi dan tenunya ditulis dalam kisah perjalanan gus bolang. Lokasinya tidak jauh dari Peninggalan situs glingseran destinasi wisata edukasi yang sebelumnya sudah gus bolang kunjungi dan sudah dikupas tuntas ...tas .. tas tepatnya di Desa Glingseran Kecamatan Wringin .



Genkk  kali ini gus bolang akan ajak kamu untuk berkunjung ke destinasi wisata baru di dekat situs glingseran yaitu Air terjun Sulaiman  atau biasa masyarakat menyebutnya dengan Tanjak sulaiman. Wisata yang satu ini bisa dibilang masih baru umurnya pun masih belum genap satu tahun, ya syukur saja warga sudah mulai sadar akan potensi alamnya sehingga air terjun yang satu ini sudah mulai dikelolah dengan serius, meskipun masih tahap pengembangan wisata artinya belum 100% rampung namun air terjun yang satu ini mampu menjadi maghnet bari para traveller  yang ingin menikmati keindahannya.






Hamparan sawah milik masyarakat yang sudah siap untuk dipanen dan bebatuan bebatuan ukuran jumbo yang banyak tergeletak di dekat lokasi merupakan ciri khas Tancak Sulaiman pemandangan yang sangat sejuk dari sana disebelah barat terlihat jelas gunung argopuro. Sebelum masuk ke air terjun kita akan disambut dengan taman rengganis sesekali sebagai obat penghilang lelah meskipun jarak dari penitipan sepeda tak begitu jauh untuk mencapai ke air terjun sulaiman beberapa gazebo yang terbuat dari kayu juga bisa dinikmati dengan gratis selama kamu berada di lokasi air terjun sulaiman, dari taman rengganis kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju ke air terjun sulaiman dengan melewati pematang sawah yang sudah diberi pijakan pohon pinang sehingga menambah kesan eksotis genk pokoknya asyik genk seakan kita ini diajak untuk kembali lagi ke alam.

Tancak Sulaiman dan Kisah Dewi Rengganis

Tentunya untuk menamai salah satu destinasi wisata pastinya tak lepas dari kearifan lokal masyarakat setempat atau dari legenda dan dongeng yang sudah ada sejak dahulu kala ditengah tengah masyarakat. Seperti tempat kita kali ini " Air terjun Sulaiman " konon penamaan air terjun sulaiman , genk , dahulu kala menurut cerita warga setempat diair terjun ini pernah ada seorang petapa bernama " Mbah Sulaiman " sehingga air terjun ini diberi nama Tancak Sulaiman meskipun dikit terkesan mistik tenang aja guys air terjun sulaiman aman - aman saja untuk dikunjungi asalkan kita tidak berbuat sesuati yang melebihi batas kawajaran.




Selain cerita pertapa air terjun Sulaiman konon dahulu kala adalah tempat singgah Dewi Rengganis yang katanya sich rupanya sangat cantik jelita dan di tancak sulaiman biasanya dewi Rengganis beristirahat dan melakukan pertunjukan tari bersama dayang dayangnya maklum saja lokasi air terjun Sulaiman tak jauh dari pegunugan argopuro yang merupakan salah satu tempat pengasingan Dewi Rengganis. Ya  itulah dongeng dari masyarakat disekitar desa glingseran dari turun temurun.



Pokonya genk  air terjun yang satu ini sumpah keren dan unik. Patut lah dimasukkan ke list traveling mu di akhir pekan. Dan lokasinya bisa dibilang sangat mudah untuk di jangkau jika kamu dari arah Bondowoso atau surabaya kamu bisa berhenti di Pasar Wringin dari sana bisa minta antar abang Ojek untuk mencapai ke lokasi tancak sulaiman. Untuk tiket masuk ke tancak sulaiman hanya dikenakan tarif Rp,2000,-, untuk pengembangan selanjutnya tancak sulaiman akan dilengkapi dengan gazebo dan flying fox plus sekolah alam buat kamu yang ingin berwisata edukasi bisa mengunjungi situs megalitikum glingseran itung itu berwisata sambil belajar genk. Jadi kapan mau ke Bondowoso, Bondowoso Bagus Lho. 

Lokasi : Glingseran , Wringin , Bondowoso




















komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "PESONA TANCAK SULAIMAN DAN KISAH DEWI RENGGANIS "

Post a Comment

Pasang Benner iklan