MENCICIPI KUE JADUL "ONDE ONDE NUSANTARA " DI KOTA TAPE

Jalanan pecinan kota Bondowoso pada waktu itu bisa dibilang sangat ramai maklum saja lokasinya tak jauh dari pasar induk Bondowoso, kendaraan dan orang berseleweran kesana kemari ini seakan tak pernah ada matinya. Pagi itu bang Koimen sudah menunggu Gus bolang  untuk hunting kuliner  disekitar kota, bang Koimen menyarankan gus bolang untuk mencicipi kelezatan jajanan jadul yang masih tetep eksis sampai saat ini apa lagi kalau bukan Kue Onde onde.

sumber : tokomesin maksindo


Onde onde adalah salah satu kekayaan kuliner khas Indonesia meskipun mbah wikipedia mengatakan kue yang satu ini kue yang berasal dari dinasti tang  tapi gus bolang yakin kue onde onde khas Indonesia mempunyai ciri khusus yang sangat unik. Kue yang satu ini emang sangat populer sejak era kekuasaan majapahit dan sampai sekarang kue yang satu ini malah menjadi oleh oleh wajib ketika kita mengujungi kota Mojokerto.





Tapi untuk mencicipi kue yang satu ini khususnya warga Bondowoso kita tak perlu jauh jauh ke kota Mojokerto di Bondowoso sendiri ada salah satu toko yang menjual jajanan jadul dan tetap eksis sampai saat ini. Kue yang terbuat tepung beras biasanya di isi dengan kacang kedelai yang sudah halus plus dengan taburan biji wijen wihhh sangat menggoda selera kita , ada cerita dibalik kue onde onde mungkin sebagai orang Bondowoso sudah tak asing dengan cerita turun temurun yang satu ini " Konon dulu ketika Belanda menjajah Indonesia, para menir dan pejabat belanda sempat geleng geleng kepala melihat kue onde onde , karena dari tampilan yang ditabur dengan biji wijen yang menurut mereka sangat unik dan mungkin saja para menir menir belanda over imajinasi " disangka wijennya diberi satu persatu sebagai taburan onde onde ".




Di Bondowoso untuk menemukan kue yang satu ini sangat gampang karena banyak toko toko kue yang menjualnya tapi ada satu toko yang bisa dibilang legendaris karena menurut bang Khoimen toko yang satu ini sudah berpuluh puluh tahun menjual kue tradisional yang satu ini. Tokonya terletak di beberapa derat pertokoan di daerah pecinan Bondowoso namanya sesuai dengan produknya " Toko Nusantara " lokasinya berada di Jln.PB Sudirman No 7 kecamatan Blindungan Bondowoso atau masyarakat Bondowoso menyebutnya dengan daerah pecinan di toko ini tak hanya onde onde yang dijual ada banyak kue kue tradisional dan snack tradisional yang dijual dari onde onde sampai tape dan kue beras semua ada disini, yang unik dari toko ini proses pengolahan kuenya yang semua dilakukan secara tradisional dan penggorengannya masih menggunakan arang pohon asam sehingga aroma dari kuenya sangat berbeda dengan yang lainnya, untuk masalah harga sangat murah satu buah kue onde onde hanya dibandrol dengan harga Rp.3000 rupiah. pokoknya pas jalan jalan ke Bondowoso jangan lupa jangan sampai terlewati untuk mencicipi onde onde khas Bondowoso.
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MENCICIPI KUE JADUL "ONDE ONDE NUSANTARA " DI KOTA TAPE "

Post a Comment

Pasang Benner iklan