MENCICIPI KELEZATAN SATE KLATAK PASAR JEJERAN

Salah satu kekayaan kuliner khas nusantara salah satunya adalah sate. Sedangkan sate sendiri banyak sekali jenisnya ada sate Ayam  khas madura , sate kambing , sate padang dan bahkan yang lebih unik seperti sate kelinci di malang dan sate Kuda di daerah arjosari Lumajang.



Dari sekian banyak sate di atas ada sate yang menurut gus bolang terbilang sangat unik , ketemu kemaren pas kelaparan waktu jalan jalan di Jogya namanya adalah sate klatak. Sate yang satu ini terbilang cukup unik sate klatak sendiri adalah sate kambing , eitssss tapi bukan sembarang kambing yang dibuat sate klatak, kambingnya adalah kambing muda alasannya memilih daging muda karena ketika dimakan dagingnya empuk.


Uniknya dengan sate yang satu ini adalah cara penyajiannya. Biasanya sate yang kita kenal biasanya menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu yang sudah dihaluskan tapi khusus sate yang satu ini tusuk sate klathak menggunakan jeruji besi sepeda onthel , meskipun sate klathak bisa dibilang sate yang unik ada cerita dibalik penamaan sate klathak , konon dinamakan sate klathak karena pada waktu dipanggang di atas bara api menimbulkan suara klatak - klatak karena daging sebelum dibakar ditaburi oleh garam akhirnya sate ini diberi nama sate klatak.

Selain cara penyajiannya menggunakan jeruji besi, ternyata bumbu untuk sate klatak bisa dibilang sangat sederhana sekali sate klatak hanya dibumbui dengan garan plus merica sehingga pas dicicipi rasanya bisa dibilang sangat unik. Sate klatak disajikan dengan irisan mentimun, tomat dan ditambah kuah gule yang sangat lezat, selain kuah gule yang menjadi pelengkap sate klatak, sate klatak juga dimakan bersama tengkleng kambing yang rasanya sangat nikmat.

Untuk mencicipi Seporsi sate Klatak kamu bisa mengunjungi pasar jejeran yang lokasinya berada dikecamatan Pleret Kabupaten Bantul untuk mengunjunginya sangat mudah dari terminal Giwangan kamu menuju ke selatan menyusuri jalan Imogiri Timur dan sesampainya di perempatan pasar jejeran dari sana kamu sudah bisa melihat penjual sate klatak . Untuk masalah harga sate klatak bisa dibilang murah untuk satu porsi hanya dibandrol dengan harga Rp.15.000,- , jangan khawatir kamu kehabisan sate klatak karena di pasar jejeran hampir tak pernah sepi dengan penjual sate klatak mereka buka dari pagi sampai malam.








6 Responses to "MENCICIPI KELEZATAN SATE KLATAK PASAR JEJERAN"

  1. Di Jejeran kita bisa pilih sate klatak mana saja sesuai dengan selera hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecuali pak pong ....ampunnn saya jerah beli disana ...antrenya lama kang wkwkwk

      Delete
    2. wah..pak pong antre sekali ya? kok saat saya ke sana sama sekali gak antri ? saat itu jumat menjelang petang sih.

      Delete
    3. waduh mbak rejeki sampean .... saya pas hari ahad k pak pong wuihhhh antreee lamaaaaaaa pas waktu itu kebetulan banyak bus bus yg juga mangkrak disana

      Delete
  2. ngences bang, sayang saya di palembang, jauh hiks

    ReplyDelete

Pasang Benner iklan