KESERUAN BERPETUALANGAN MENCARI AIR TERJUN TOLTOL

Sekali lagi yang harus digaris besari adalah Bondowoso kota yang gak punya bibir pantai,karena memang lokasi geografis kota Bondowoso berada di perbukitan oleh kerena itu Bondowoso terkenal dengan julukan " Bondowoso The High Land Paradise ".Meskipun tidak mempunyai Pantai Bondowoso dikarunia keindahan alam salah satunya air terjun, bisa dibilang Bondowoso gudangnya air terjun.



Kali ini Gus bolang bersama Genk tomo akan kupas tuntas salah satu air terjun di Dusun Tol-Tol Timur Desa Rejoagung Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso.  Jadi kalau mau kesana kamu harus mengunjungi dusun Tol tol Timur dari sana kamu juga harus menggunakan penduduk lokal sebagai pemandu untuk menuju ke air terjun karena lokasi air terjun masih belum dibuka sebagai kunjungan wisata , hanya saja kalau kamu berjiwa petualangan tempat yang ini cocok sekali utuk kamu taklukkan.




Butuh perjuangan,Untuk mencapai terjun Toltol bisa dibilang tidak mudah membalikkan telapak tangan butuh perjuangan extra yang benar menguras tenaga dan fikiran. Fisik yang prima dan pikiran yang tenang menjadi syarat pertama untuk mengunjungi air terjun yang satu ini. Jalur tracking yang naik turun lembah dengan tingkat kemiringan yang lumayan cukup miring setelah itu kita masih harus menyusuri sepanjang sungai terkadang dibeberapa titik ada lumpur yang sedalam paha orang dewasa.



Jenis jenis komadu.


Lewat kampung pacet dan komadu, medan yang sulit mungkin itu sudah biasa yang paling mantap bagi kita adalah ketika kita masuk kampung pacet dan kampung komadu, keduanya ini gak bisa dihindari Bro. Pertama yang kita hadapi adalah si pecet, hewan kecil ini kira kira sebesar lidi banyak tersebar di perairan sepanjang sungai siap menghisap darahmu, tenang kalau si pacet sudah kenyang dia akan lepas dengan sendirinya. sudah pacet nantik kita juga akan bertemu dengan kampung komadu, Komadu/ komadhu adalah sejenik daun yang tumbuh di hutan daunnya tak kalah beda dengan daun lainnya itu yang terkadang membuat kita terkecoh, hanya saja daun yang satu ini sangat berbahaya karena jika tergores pada kulit kita akan merasa seperti terbakar dan ditusuk tusuk jarum, akan hilang efeknya selama 3 hari.


Gusbolang with owners Holidy bws.


Meskipun perjalananya berat dan penuh rintangan, bagi Gus bolang  air terjun Toltol benar istimwa. Bukan bagus atau indahnya air terjunnya tapi jika kamu mengunjungi air terjun Toltol ada kesan petualangannya bung, semua perjuangan kita seberat apapun medan yang kita hadapi kita akan terbayar dengan keindahan air terjun Toltol, tak rugi lah  kita berjuang.



Air terjun Toltol Ketinggiannya sekitar kurang lebih 12 Meter memang tidak terlalu besar debit airnya tapi airnya tapi airnya sangat jernih, didaerah sana juga ada beberapa mata air yang sangat besar tentunya kandugan mineralnya sangat bagus untuk kita.Untuk mengunjungi air terjun ini apa kata gusbolang kamu harus mengakses dusun Toltol lokasinya searah dengan akses menuju ke Taman wisata alam Kawah Ijen, selain air terjunya Dusun Toltol kamu juga bisa mencicipi kelezatan kopi arabika di Dusun Toltol, ayok kapan lagi berkunjung ke Bondowoso.






12 Responses to "KESERUAN BERPETUALANGAN MENCARI AIR TERJUN TOLTOL"

  1. Nama air terjunnya unik ya. Tapi seru juga ya mas pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak namanya unik mbak ... plus pengalaman petualangannya mbak yang bikin seru

      Delete
  2. Ini mbolang beneran, ehehhehhe
    Masih asri dan sepi. Bakalan betah berlama-lama main air :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bener bener adventure mas masih alami banyak juga hewan hewan mas

      Delete
  3. Waaah.... Asik tu nyebur di air terjun.

    ReplyDelete
  4. Masya Allah..
    air terjunya indah sekali :-)
    terlihat bersih segar & alami..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas alhamdulillah alam Bondowoso memberikan kami semangat untuk terus menjelajahi keindahan alamnya

      Delete
  5. aksesnya ngeri banget mas, tapi itu udah ada rencana dibuka buat umumkah?
    sepertinya cukup potensial jika dikembangkan...viewnya cantik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rencana ada mas tri ... tapi ini khusus wisata minat khusus .. jalurnya emang ngeri mas banyak tanaman yang bahaya aku aja sampek sakit 3 hari kenak daun jancukan mas

      Delete
  6. Replies
    1. sama sama kakak .. jangan bosen berkunjung ke sini yaaa

      Delete

Pasang Benner iklan