JEJAK PERADABAN MEGALITIKUM WONOKUSUMO BONDOWOSO

Menyusuri warisan jejak peradaban megalitikum di kota tape seakan tak pernah ada ujungnya ada banyak sisa sisa situs megalitikum bahkan hampir mencapai 1000 peninggalan artefak yang banyak tersebar di Bondowoso itu tandanya pada zaman batu Bondowoso sudah memiliki peradaban tersendiri. Hampir di setiap daerah di Bondowoso ada peninggalan masyarakat megalitkum yang sudah beribu ribu tahun menempati tanah Bondowoso maka dari itu gus bolang ingin dikit dikit membagi informasi kepada para penggemar Gus bolang tentang warisan leluhur Bondowoso.



Kali ini gus bolang akan ajak kalian untuk menyusuri jejak jejak peninggalan peradaban megalitikum kali ini lokasinya di Dusun Lebbek , desa Wonokusumo, Kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso. Mungkin kamu akan bertanya ada peninggalan apa di sana atau sudah terlintas dalam benak pikiranmu pasti hanya bongkahan batu, yaa  emang batu situs yang akan kita kunjungi namun meskipun hanya batu, ini sangat bernilai dan sangat berharga bagi kita generasi muda kota Bondowoso.


Berkunjung kesini kamu tak akan kecewa keindahan alamnya sungguh sangat indah


Perjalanan gus bolang  pada waktu itu ditemani oleh kang erfan si sales adventure  dari Bondowoso kita langsung menuju ke desa wonokusumo butuh waktu sekitar 1 jam dari gardu atak ( Tapen ) untuk menuju ke desa wonokusumo, infrastruktur jalan yang sudah beraspal memudahkan kita untuk datang cepat ke situs peninggalan megalitikum kebetulan di desa wonokusumo sudah ada teman kita mbak desy yang sudah menunggu kedatangan kita untuk berkunjung ke situs pandusa yang banyak tergeletak di sawah warga. 




Lokasinya tak jauh dari jalan yang menuju ke dusun lebbek dari jalan utama kira kira sekitar 100 meter saja untuk mencapai situs megalitikum wonokusumo, jalan nya gak begitu sulit untuk mencapai ke situs hanya saja kamu harus menyusuri pematang kabun tebu untuk mencapai situs. Tak lama berjalan kamu akan disambut dengan kubur batu tapi sayang kondisinya sudah rusak maklum kata mbak desy yang mengantarkan kami dulu banyak penjarahan situs situs megalitikum ketika zaman orde baru, tak jauh dari situs pertama kita sudah sampai di situs pandusa yang berada di persawan warga sekitar 3 pandusa ada dalam satu lokasi dan 1 goa tak jauh dari lokasi pandusa.




Goa megalitikum
Keindahan alam Bondowoso



Kalau dilihat dari karakteristik wilayah keberadaan situs wonokusumo bisa dipastikan menurut hasil hipotesa gus bolang  daerah ini dulunya adalah wilayah tempat tinggal bagi masyarkat megalitikum karena lokasi situs pandusa berada di tanah lapang yang sangat luas dan dekat dengan sungai yang berfungsi sebagai ketersediaan air sebagai penunjang kebutuhan sehari - hari. Batu pandhusa sendiri fungsinya sebagai kubur batu dan bisa juga sebagai sarana pemujaan, biasanya kubur batu pandhusa diperuntukkan untuk kepala suku atau orang yang dihormati, dan yang paling unik dari situs wonokusumo adalah dari dalam batu pandhusa  mengeluarkan mata air yang konon kata warga tak pernah surut walaupun musim kering, yosh ... demikian hasil kelayapan Gus bolang dan Sales Adventure, yuk kenal lebih dalam kota Bondowoso.

Lokasi :

Dusun Lebbak - Desa Wonokusumo - Kecamatan Tapen - Bondowoso.

Situs megalitikum

Batu Pandhusa - Goa purba.









7 Responses to "JEJAK PERADABAN MEGALITIKUM WONOKUSUMO BONDOWOSO"

  1. wah kalau dikelola serius sama pemerintah setempat, bisa jadi tempat wisata yg menjanjikan ini mas...lokasinya juga cukup ijo, keliatan seger

    ReplyDelete
  2. bener mas wisnu ... bisa jadi wisaTA edukasi ,,,.... di Bondowoso banyak mas batu batu ini mungkin juga pemerintah kewalahan mas soalnya batu batu ini ada sekitar 1000

    ReplyDelete
  3. Sayang ya gak keurus gitu. Padahal Kalo dikelola bisa kayak di Korea ya. minimal tuh kek tetangga Malaysia,mereka tuh keknya menjaga banget situs sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya bener sekali .... maklum terkadang maindset masyarakat berbeda beda ... kalau masalah perawatan sudah maksimal dalam satu situs ada satu orang juru rawat kakak

      Delete
  4. Loh ya dekett. Saya di Situbondo Mas.... Wih kapan kapan mau dong dipandu ke tempat ini Mas

    ReplyDelete
  5. Loh ya dekett. Saya di Situbondo Mas.... Wih kapan kapan mau dong dipandu ke tempat ini Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok mas uwanurwan saya siap siappp ,,,, monggo gabung dengan fb grub Relawan Muda Bondowoso

      Delete

Pasang Benner iklan