KEINDAHAN TERSEMBUNYI TANCAK SUMBER KEMBANG

Bondowoso memang kaya dengan keindahan alamnya, meskipun tak mempunyai pantai yang indah namun kota tape masih tetap bisa menyuguhkan keindahan alam lainnya salah satu contohnya adalah Air terjun atau biasa masyarakat Bondowoso menyebutnya dengan tancak . Kali ini Gus bolang dan kang seles Adventure  akan mengajak pembaca untuk menjelajahi keindahan alam yang tersembunyi yaitu Tancak sumber kembang atau penduduk setempat biasanya menyebutnya dengan Tancak.


Yosh .... Perjalanan kita mulai dari rumah gus bolang di desa pakisan sekaligus sebagai meeting poin  pertama untuk perjalanan kali ini, dari desa Pakisan perjalanan gus bolang dan kang sales adventure lanjut ke desa tetangga desa kembang yang lokasinya searah dengan jalan menuju ke rumah gus bolang. Butuh waktu sekitar 10 menit dari desa Pakisan menuju ke Desa kembang, setelah kamu sampai di Desa Kembang Kecamatan Tlogosari nanti kamu akan bertemu dengan perempatan desa kamu ambil jalur kanan pokoknya sampai di desa kembang kamu ketemu patung PANCASILA ambil jalur kanan , jangan lupa tanya ke penduduk setempat dimana lokasi Tancak kembang .






Guys .... akses jalan ke air terjun jalannya lumayan rusak, maklum jalan pedesaan genk tapi meski rusak motor matic bisa kok untuk menuju ke akses air terjun yang satu ini. Setelah melewati jalan yang sedikit rusak nanti kamu akan menemukan kandang ayam di tengah perkebunan milik warga itu tandanya kamu sudah hampir sampai ke air terjun, setelah itu kamu harus menyusuri jalan setapak untuk akses ke air terjun yang kali ini akan kita kunjungi, butuh 20 menit saja untuk sampai di air terjun, jalannya sangat nyaman meskipun jalan setapak cocok lah untuk bawa keluarga mengujungi tempat yang satu ini.

Kandang ayam tempat penitipan sepeda 


Jalan setapak butuh 20 menit ke air terjun


Akses menuju ke air terjun  bisa lewat pematang lahan budidaya selada air


Dari pertengahan jalan sudah terdengar aliran air sungai kembang, suara burung liar akan menyambutmu ketika sampai di sungai kembang selain itu bunyi serangga juga terdengar seakan saling bersahut sahutan ah  inilah alam Indonesia yang sangat saya cintai. Dari sungai sudah terlihat air terjun tancak kembang atau Tancak sumber kembang , kamu tinggal menjelajahi pematang sawah yang ditanami tanaman selada daun Upssss stop  jangan dipetik sembarang .... karena tanaman ini dibudidaya oleh petani kecuali tumbuhan pakisa itu yang baru Free, tapi kalau pas ada petani yang sedang kerja di lahan budidaya mereka kamu bisa membelinya harganyapun sangat murah meriah pokoknya.




Air terjun yang kita kunjungi kali ini bisa dibilang sangat unik, memang tidak seperti air terjun pada umumnya yang deras yang satu ini bisa dibilang sangat kecil debit airnya, kalau kamu tahu sumber pitu pujon di malang lah yang satu ini versi mininya.  Tapi ada satu keunikan tersendiri untuk air terjun yang satu ini meskipun air terjunnya berdebit kecil namun air terjun yang satu ini sangat kaya mineral alam yang baik berguna untuk tubuh kita karena air terjun tancak kembang keluar dari mata air alami yang cukup besar, dari aliran air terjun itu kemudian mengaliri lahan selada air milik warga sudah bisa dipastikan selada air disana sangat sehat dan sayuran organik karena air yang menjadi irigasi masi sanggat alami dan belum terkena pencemaran.

Banyak tumbuhan pakis , dan gratis untuk oleh oleh ketika pulang ke rumah




Apa yang bisa kita lakukan di sana ?'. Banyak yang bisa kita lakukan di air terjun di desa kembang guys salah satunya kamu bisa mandi di aliran sungai yang berasal dari lereng pegunungan rung airnya yang jerni dan sangat dingin uihhhhh ....sungguh sangat nyaman ketika kita nyemplung di sungai kembang, meskipun dingin dijamin bisa membuat badan kita segar kembali.

Untuk mengunjungi air terjun tancak sumber kembang terlebih dahulu kamu harus menuju ke Desa Kembang , Kecamatan Tlogosari , Kabupaten Bondowoso. Ketika sampai di perempatan kembang nanti kamu akan bertemu dengan patung Pancasila  ambil jalur kanan jangan lupa tanya kepada warga dimana lokasi air terjun tancak, tidak ada tiket kontribusi untuk menuju air terjun tancak untuk penitipan sepeda motor bisa kamu titipkan di kandang ayam, satu tips untuk mengunjungi air terjun tancak kembang jangan lupa untuk membawa makanan ringan dan perlengkapan pribadi karena lokasi ini masih sangat alami guys  dan jangan lupa juga jaga kebersihan selamat menjelajahi keindahan alam Bondowoso.


8 Responses to "KEINDAHAN TERSEMBUNYI TANCAK SUMBER KEMBANG"

  1. singgah sini.. ya Allah.. cantiknyaaa. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak marik ke Bondowoso .... disini banyak tempat cantik

      Delete
  2. Bondowoso yang aku ingetcuman ijen doang hehehe tapi ternyata banyak pesona nya yeee

    ReplyDelete
  3. Weeeh keren juga ya Bondowoso, duuh aku belom pernah kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak liswanti ke kotaku nantik aku anterin ke pusat tape Bondowoso

      Delete
  4. Unik banget air terjunnya.
    Debitnya kecil tapi indahnya mempesona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. debitnya memang kecil kang ... tapi yg buat istimewa disni kanduungan mineralnya dan airnya kaya dengan oksigen kang ...

      Delete

Pasang Benner iklan