KEINDAHAN PULAU MANDANGIN YANG SANGAT DISAYANGKAN

Hari ke-Tiga ngebolang di Madura.

Ahhhh .... tidak terasa perjalana gus bolang bersama pengikut gus bolang sudah tiga hari menjelajah pulau garam, saatnya kembali ke habitat asal di pulau jawa namun sebelum pulang ke pulau jawa gus bolang terlebih dahulu On The Way  ke Kabupaten Sampang atau kerennya Sampunk,  So karena kalau gak ke Sampang gus bolang gak bisa balek ke tanah jawa dengan mode free maklum di Sampang banyak jama'ah pengajian di rumah gus bolang. Oke kita lanjut ke sampang dari arah Sumenep, dari sumenep kita menggunakan transportasi Bis Ekonomi plus Ac tarifnya Rp. 20.000,-.

Pantai Canding

Setelah di Sampang selesai istirahat saatnya kita menjelajah keindahan Kabupaten Sampang, rencana awalnya gus bolang akan berkunjung ke Air terjun Toro'an dan alas Nepa, tapi rencana berputar haluan gus bolang harus datang ke pulau Gili Mandangin itung itung mumpung ada tawaran Kapal speed boot gratisan, yaa gus bolang gak bisa nolak. Kapal Boot melaju dengan cepat dari dermaga camplong tempatnya gak jauh dari tempat istirahat Gus bolang, butuh waktu sekitar 10 menit berjalan kaki menuju ke Dermag yang terbuat dari bambu, ngeeeeeeeenngggggg  kapal kitapun berlayar sampai ke pulau mandangin.

Pulau gili mandangin



Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pulau Mandangin, dan sumpah bener gileeee  pemandangannya sungguh sangat indah air laut yang jernih dengan gradiasi yang mampu menyihir mata kita sungguh indah ciptaan Tuhan bro  patutlah  kita syukuri.  Pas kita sampai di pulau Gili Mandangin ..... wuihhhh bukan indah lagi seperti pendangan pertama kali ketika melihat pulau gili mandangin dari kejauhan , tapi bro  sampah berserakan dimana mana maklum pulau kecil ini penduduknya bisa dibilang sangat padat dari informasi sekitar 14.000 jiwa, tapi meskipun pada kan kasian juga alam kita yang rusak.

Sayangnya banyak sampah

Sebelum Happy - happy di pulau gili Mandangin rombongan gus bolang berziarah ke makam keramat namanya makam "BANGSA CARA " gus bolang masih belum mengetahui sejarah pastinya, oke skip aja.  Setelah berziarah ke makam petualangan gus bolang dilanjutkan untuk singgah sejenak di Pantai Canding yang lokasinnya berada di paling ujung pulau gili Mandangin, kapal kitapun bersiap untuk mengunjunginya, ceritanya sama dengan perjalanan yang pertama kali mengunjungi pulau gili mandangin dari tampak kejauhan memang terlihat indah tapi semakin di dekatin sumpah  gus gak bisa komen lagi, Canding pun demikian, tak lepas dari yang namanya sampah padahal keindahan alamnya sangat indah dan bisa menjadi aset wisata bagi pemerintah daerah sampang.



Pantai Canding sangat unik dan bisa dibilang mirip seperti Tanah Lot di pulau dewata, dari pantai Canding kita bisa melihat dengan luas pandangan kita kota sampang dan kegiatan para nelayan yang mencari ikan di tengah tengah lautan. Kita gak berlama lama di Pantai Canding sayang saja pantainya bisa dibilang tidak begitu terawat dan banyak batu karang yang diambil dari dasar lautan ugggg  sangat disayangkan guyss  pantai yang  indah harus berakhir tragis, kembali lagi kepada diri kita guys  ayo kita jaga alam ini agar tetap lestari.

Pantai Canding 

Sisi lainnya banyak berserakan sampah obat batuk


Perjalanan kita lanjutkan untuk mencoba berburu ikan di perairan laut Sampang, sekali lagi mumpung gratisan heheheeh  lah nantik gus bolang juga akan ceritakan sistem menangkat ikan yang unik khas penduduk pesisir pulau sampang.Selain menangkap ikan kita juga akan menikmati keindahan matahari terbenam dari tengah lautan, yaaa  puas puasin lah mumpung dapet gratisan , jam tangan kita menunjukkan pukul 17.00 WIB dari ufuk barat terlihat dengan indah matahari yang terbenam, disekeliling kita juga banyak kapal kapal penangkap ikan sungguh sangat indah, indah ciptaan alam indonesia dan hebatnya para nelayan penangkap ikan sungguh Indonesia itu memang kaya.

Abaikan kambingnya



Untuk mencapai ke pulau gili Mandangin langkah pertama yang harus kamu tempuh adalah berkunjung ke Kabupaten Sampang madura , dari terminal cari angkot yang menuju ke pesisir sampang dari sana cari pelabuhan terdekat, ongkos dari Pelabuhan sampang menuju ke pulau Mandangin Sekitar kurang lebih Rp.10.000,- ya kalau kamu dikit privasi seperti perjalanan kita kamu bisa sewa kapal Madura speed  harganya kurang lebih sekitar 500 ribu sudah PP plus main main di tengah laut. Oh ya ... yang perlu kamu persiapkan ketika ke pulau gili Mandangin jangan lupa bawa bekal makanan dan air minun secukupnya ,, emmmm Sun block juga sangat perlu karena pulau mandangin Sumpah sangat puanas poll.

Suatu saat Pulau Gili Mandangin akan indah pada waktunya. We love Madura , We Love Mandangin and lets go Save Mandangin Island.



6 Responses to "KEINDAHAN PULAU MANDANGIN YANG SANGAT DISAYANGKAN"

  1. Indah banget pulaunya. Tapi sayang jauh ya dari Jakarta :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe betul betul betul ... di jakarta juga banyak pulau pulau yang cantik kak .. tapi jika ingin berkunjug ke madura ,, tinggal terbang aja wkwkwkwk

      Delete
  2. Wow,kereenn... btw,bungkus obat batuk itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya disana banyak obat batuk mbak uut , ga tau paling banyak orang sakit disana

      Delete

Pasang Benner iklan