SAAT BERKUNJUNG KE BONDOWOSO, JANGAN LUPA SINGGAH DI SENTRA BATIK TAMANAN

Bondowoso - Sudah tak diragukan lagi di kota ini bisa dibilang kota yang lengkap dari wisata alam, kuliner , budaya, sampai kearifan lokal semua ada di kota yang berjuluk sebagai kota Tape. Nah sekarang yang akan gus bolang  bahas adalah wisata sentral batik Bondowoso yang lokasinya berada di kecamatan Tamanan.

Batik Khas Bondowoso , karya magenda


Batik adalah salah satu warisan nenek moyang yang memadukan antara budaya dan seni, kearifan lokal yang satu ini bernilai sangat mahal dan bernilai seni tinggi selain itu batik juga banyak mengandung filosofi, dan identitas suatu bangsa, makanya sampai saat ini batik dinobatkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Bicara masalah batik mungkin tak cukup dalam satu artikel gus bolang ini, jika kita melihat dari prosesnya batik sendiri ada dua cara membuatnya ada dengan cara batik tulis, dan batik cap, pengerjaannyapun tidak sembarangan butuh ketelitian yang sangat tinggi dan imajinasi sehingga menghasilkan maha karya yang sangat mengagumkan.

Motif topeng kona , kesenian rakyar Bondowoso.


Batik Bondowoso sesuai dengan letak geografis kota tape yang berbukit bukit dengan budaya berupa tari topeng kona dan singo ulung selain itu kuliner khasnya adalah tape maka kebanyakan batik batik yang ada di Bondowoso biasanya menggunakan pola yang sesuai dengan karekteristik masyarakat Bondowoso. kamu akan melihat sendiri pengrajin batik memoles canting mereka yang dicelupkan kemalan kepada selembar kain polos, gambar daun singkong, topeng kona, terkadang gerbong maut , strowbery, kupu kupu menjadi motif paten pengrajin batik Bondowoso, kain yang berwarna warni dengan corak motif membuat kita terkagum begitu indahnya warisan leluhur kita.

Mewarnai batik , magenda


Di Bondowoso salah satu sentral industri batik ada di Kecamatan Tamanan di sana kamu bisa menemukan aneka batik dengan motif khas Bondowoso, lembaran kain berwarna warni seakan mempunyai filosofi Bangsa memang bhineka .  Salah satu sanggar batik di Bondowoso yang merupakan cikal bakal batik tamanan adalah Sanggar Batik Magenda  disana sampai saat ini masih memproduksi batik khas Bondowoso banyak motif yang dibuat disana karya yang bernilai seni tinggi dan serat dengan nilai nilai filosofi adalah ciri khas sanggar batik magenda yang merupakan salah satu industri batik khas Bondowoso, tak hanya di batik magenda selain disana kamu juga bisa mengunjungi Dusun lumbung desa sukosari kecamatan Tamanan yang lokasinya tak jauh dari sanggar magenda.

Proses batik cap.

Sentra batik tamanan sangat startegis untuk menuju ke sana aksesnya sangat mudah kamu bisa menggunakan transportasi angkutan umum dari terminal Bondowoso menuju ke kecamatan tamanan. Dari Alun alun tamanan mungkin kamu bisa melanjutkan dengan kendaraan ojek untuk sampai ke sanggar batik magenda dan kampung batik lumbung.

Jadi bagaimana kamu tertarik ke Bondowoso. Ayo explore Bondowoso  di kota tape tak hanya kaya dengan keindahan alam tapi disini kaya dengan keindahan batiknya.

Info : lokasi batik magenda berada di ; Jln Sukowono - selatan polsek tamanan - Tamanan - Bondowoso.

Lokasi batik lumbung :   Dusun Lumbung ,Desa Sukosari , Kecamatan Tamanan , Kabupaten Bondowoso.




Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "SAAT BERKUNJUNG KE BONDOWOSO, JANGAN LUPA SINGGAH DI SENTRA BATIK TAMANAN"

Li Partic said...

Mirip batik madura yaa

GUS BOLANG ADVENTURE said...

huum mbak ... mirip banget tapi yang membedakan motifnya

Post a Comment