PENGALAMAN PERTAMA TERTUSUK BULU BABI DAN CARA MENGATASINYA.

Ceritanya kemaren pas hari libur hari Minggu, bersama kang dedy  kru gus bolang  yang hobinya seneng mancing ikan disana tragedi pertama terjadi pada saya. gus bolang  bisa dibilang masih pemula dalam dunia pancing memancing ikan, strikeee  akhrnya unpan pertama gus  disambar ikan kerapu kira kira besarnya sekitar kepalan tangan waktu itu kita memilih memancing di tengah laut jaraknya tak begitu jauh dari daratan dan batas kita adalah batas pasir pantai dengan karang, konon kata bang dedy disana banyak sekali ikan karang yang besar besar spot pacing kita tepatnya di daerah Situbondo di balik gunung pecaron kecamatan Pasir putih.

Photo by Google


Disini awal tragedinya. Maklum saja namnaya orang baru tahu mancing pas ngenak ikan yang lumayan besar hatinya berbunga bunga dan tak sadar kaki gus menginjak hewan yang ughhhh  buat saya bener hanpir tak sadarkan diri  ternyata pas dilihat sudah ada 10 duri yang tertancap di kaki saya, ampunnn  bener ini sakit bro and sis ternyata gus bolang menginjak kebun bulu babi yang berkoloni di celah beton bekas pipa yang mengarah ke tambak udang, rasanya sakit banget.



Bulu babi alias Echinoidea adalah hewan laut yang berbentuk bundar dan mempunyai duri pada tubuhnya. Tubuhnya berduri gak mirip banget sama bulu babi, yang satu ini bulunya hitam hitam dan sebagian bulu babi lainnya ada yang durinya berwarna warni, bulu babi bisa dibilang hewannya kecil dia bergerak pasif tapi meskipun kecil jangan dianggap remeh, duri pada bulu babi sangat beracun tapi tenang racunnya tidak mematikan hanya saja menimbulkan kram , sendi kaku sampai demam semalam, dan itu sudah gus rasakan enaknya tertusuk bulu babi.

Cara mengobati tusukan bulu babi

Menahan sakit akibat tusukan bulu babi ughhh bener benar sangat sakit sampai sampai kaki gus bolang sedikit kram, pada saat seperti ini P3K sangat penting namanya saja sedikit panik maklum saja seumur hidup baru kali ini terkena bulu babi. Gus bolang pun mencari bala bantuan ke rumah warga yang lokasinya tak jauh dari spot pancing kita.
"Pak pinjam jarum "
" Buat apa nak ?'" tanya bapak
" tertusuk bulu babi pak "
" Jangan ditusuk nak, biarkan nantik keluar sendiri , coba saja beri air pipis mu nak ( Urine )"
Whatttttt bengong, obatnya air kencing.
" iya pak terima kasih ".
Gus bolang yakin aja apa yang dikatakan oleh bapak tadi karena beliau lebih pengalaman maklum rumah bapak berada di dekat pantai dan profesi bapak adalah nelayan. Tampa pikir panjang gus bolang mengikuti saja saran dari bapak dan yang benar saja sakitnya berlahan lahan menghilang dan gus bolang kembali lagi ke lautan untuk menangkap ikan.

Fakta Air kencing alias urine

Bisa dibilang obatnya sangat unik jika kamu terkena bulu babi hanya air kencing saja hehehehe  tapi tidakkah kita berfikir mengapa air urine bisa mengobati tusukan bulu babi?. Gus bolang tanya tanya kepada mbah google  bagaimana cara mengobati tusukan bulu babi, dari simbah ternyata banyak cara dari meneteskan amoniak, memepuk nepuk tusukan dengan tangan atau batu dan yang terakhir dengan air kencing alias urine .

Ternyata air urine sangat berkhasiat dan bisa dibilang ini Pertolongan pertama ketika kamu terkena bulu babi karena dalam air kencing atau urine banyak zat zat yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya mengandung zat amoniak  yang berfungsi untuk mengatasi tusukan duri bulu babi. Tips saja dari gus bolang jika kamu hendak berenang jangan lupa pakai sandal atau las kaki lainnya karena di laut tak hanya bulu babi saja masih banyak hewan hewan yang berbahaya dari bulu babi, tapi kamu tak perlu takut, jika kamu menghormati alam maka alam akan menjagamu.








komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "PENGALAMAN PERTAMA TERTUSUK BULU BABI DAN CARA MENGATASINYA."

Post a Comment

Pasang Benner iklan