MENYUSURI SISA PENINGGALAN MEGALITIKUM GLINGSERAN BONDOWOSO

Lama sudah gak berkeliaran ke tempat tempat bersejarah di kota Bondowoso kali ini gus bolang  menyempatkan diri untuk menjelajahi situs situs yang ada di kota Bondowoso kali ini bersama bang ocyid pemuda yang baik hati dan suka menabung dengan tour guide  kang kikiek yang sudah rela menemani kami keluyuran di sekitar desanya. Kali ini situs yang kami kunjungi adalah situs purbakala di Desa Glingseran Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso makanya situs kali ini yang kita kunjungi diberi nama situs Glingseran karena emang lokasinya berada di desa Glingseran.



Berlagak seperti Arkeolog heheh 


Bicara situs situs peninggalan megalitikum di Bondowoso ugh memang banyak sekali situs prasejarah rasanya tak cukup berbulan bulan untuk menulisnya di website gus bolang ini kalau kamu pengan tahu jumlahnya hampir sekitar 1000 situs megalitikum yang tersebar di kota Bondowoso, bayangin saja 1000 situs prasejarah ditulis di blog ini  whatttttt  bisa bisa gusbolang.com masuk rekor muri sebagai blog teredan, Aminin donk. tentang situs megalitikum  yang banyak terdapat di kotaku Bondowoso itu menandakan bahwa betapa gemilangnya peradaban Bondowoso prasejarah pada waktu itu, batu batu besar yang diukir sedemikian rupa dengan segala kemegahannya membuat kita bangga dengan nenek moyang kita dahulu kala.

Cilukkk Baaa

Mengunjungi situs situs purbakala yang tersebar di Bondowoso kita serasa bernostalgia ke zaman batu sambil melihat pahatan batu batu yang ukurannya besar ah bagaimana nenek moyang kita yang membuatnya  pasti kata itu yang akan terlontar ketika kita berkunjung ke tempat itu. Berwisata ke tempat tempat purbakala memang tak seindah mengunjungi air terjun atau pantai sehingga para wisatawan banyak yang tidak begitu tertarik untuk melirik wisata sejarah ini. yang namanya situs megalitikum adalah tempat bersejarah biasanya pengunjungnya adalah teman teman mahasiswa yang melakukan penelitian  tapi bro and sis buat kamu yang bener bener berjiwa adventure dan ngaku traveler masih belum lengkap rasanya kalau gak mengunjunginya, maka dari itu gus bolang  bilang Bondowoso itu raksasa peradaban yang pernah ada di Bumi Ini.

Kayak apa ya jenazahnya


Mengunjugi tempat ini sambil melihat batu batu besar dengan bermacam fungsi seperti dolmen, sarkofagus dan lainnya membuat saya bertanya tanya seperti apakah nenek moyang kita seribu tahun yang lalu?, bagaimana cara mereka menemukan batu sebesar itu ?, bagaimana cara mereka membuatnya? ahhhh membuat hati gus bolang  berbusa busa bertanya intinya yang jelas mereka adalah manusia dan saya akui meskipun gus bolang manusia modern belum tentu bisa membuat seperti maha karya zaman megalitikum. Kalau di lihat dari fungsinya batu batu besar ini lebih mengarah kepada ritus spiritual ketimbang kebutuhan rumah tangga dan jika kita amati semua situs yang di desa glingseran mengarah ke arah barat tepatnya mengarah ke pugunungan hyang gunung yang konon pada waktu itu adalah gunung yang disucikan sebagai tempat bersemayam para dewa, di  lahan yang luas tepatnya di tengah sawah masyarakat disana letak situs glingsera disana banyak berserakan situs peninggalan berupa batu Sarkofagus  yang fungsinya sebagai kubur batu mungkin hanya diperuntukkan untuk kepala suku saja, dan ada dolmen berbentuk balok yang berfungsi mengarah kepada praktik ritual kepercayaan masyarakat purba Bondowoso




Untuk mengujunginya  sangat mudah kamu hanya tinggal menuju ke kecamatan Wringin dari jalan raya wringin yang menjadi jalan pintas Bondowoso - Besuki kamu harus mengambil pertigaan tepatnya di Koramil 0822/05 Wringin kalau dari sana tanya saja dimana lokasi situs Glingseran. Lokasi situs glingseran berada di tengah tengah perkebunan milik warga jika kamu ingin mengunjunginya tanya saja kepada masyarakat dimana lokasi situs glingseran berada, pesan dari gus bolang  karena keberadaan situs glingseran berada di kebun warga jangan sampai merusak kebun milik warga, tetap jaga sopan santun dan jangan merusak situs.

Selamat Menjelajahi Peradaban Bondowoso kuno. lets visit Bondowoso.























komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MENYUSURI SISA PENINGGALAN MEGALITIKUM GLINGSERAN BONDOWOSO"

Post a Comment

Pasang Benner iklan