MENCICIPI KELEZATAN TAHU TAMANAN

Kepulan asap waktu itu keluar dari ruangan , tiga orang karyawan sedang sibuk mengadoni olahan kedelai pilihan yang berkwalitas sebagian karyawan ada  yang memotong balok tahu dengan cekatan mereka memotong dadu dadu kecil di ruang belakang dekat sumur ada beberapa karyawan yang juga tak kalah sibuk membuang kulit ari kedelai ya itulah suasana pada waktu itu di sebuah pabrik tahu yang tak jauh dari kota Bondowoso tepatnya di tamanan. Suasana di pabrik tahu seakan tak pernah berhenti mereka berkerja mengejar waktu karena permintaan pasaran akan tahu seakan  tak ada surutnya, tak hanya di ruangan pembuatan tahu yang sibuk di ruangan sebelah tempat penggorengan ibuk ibuk disana juga tak kalah sibuk menggoreng di wajan raksasa dengan minyak mendidih, ruangan terakhir adalah ruangan packing  disana kita bisa melihat karyawan yang mempunyai kecepatan tangan mengemas tahu kedalam kantong plastik kuning.



Tahu bagi masyarakat Indonesia memang tak bisa lepas khususnya di kota Bondowoso, ada tempe pasti ada tahu dua pasangan yang sejak dahulu kala tak pernah terpisahkan. Di Bondowoso ada beberapa pengusaha tahu yang masih aktif memenuhi kebutuhan pasaran salah satu diantara industri yang mengolah tahu adalah desa tamanan yang sudah terkenal dengan kelezatan tahunya.





Untuk menyicipi tahu tamanan kamu terlebih dahulu harus mengunjungi Kecamatan Tamanan, disana semua warga sudah tau semua dan mereka pasti akan mengarahkanmu ketika kamu menanyakan dimana lokasi sentra industri tamanan. Ada lebih dari 10 pengusaha tahu tamanan yang saat ini masih aktif memproduksi , jadi tamanan itu tak hanya masalah keindahan batiknya, kecamatan Tamanan juga kaya akan kelezatan tahunya.




Jika dirasa tahu tamanan memang beda dengan tahu lainnya, rasa gurih, dan tahunya sangat lezat ditambah tekstur tahu yang padat menjadi ciri tersendiri untuk tahu tamanan di hati para konsumen. Saking dari lezatnya pernah gus bolang bertanya kepada ibuk ibuk di pasar induk Bondowoso " Buk tahu paling enak di Bondowoso dimana " hampir dari separuh yang gus bolang tanya mereka menyaranan saya untuk mengunjugi sentra tahu yang ada di tamanan.




Untuk masalah harga tahu tamanan sangat ekonomis satu potong tahu hanya dibandrol dengan harga Rp..500 rupiah biasanya dijual per kertas plastik dengan harga Rp. 2500. per kantong pelastik. Untuk mencicipinya kamu bisa langsung menuju ke kecamatan tamanan disana kamu tak akan kesulitan untuk menemukan sentra industri tahu tamanan, untuk masalah transportasi kamu bisa menggunakan angkutan umum yang beroprasi dari terminal Bondowoso menuju ke Kecamatan Tamanan, tinggal bilang saja ke abang kondektur " Turun di sentra tahu tamanan " bagaimana Bondowoso tak hanya manis dengan Tapenya, tak hanya nikmat dengan kopinya Bondowoso juga lezat dengan tahu tamanannya, tunggu apa lagi ayo kunjungi Bondowoso.
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MENCICIPI KELEZATAN TAHU TAMANAN"

Post a Comment

Pasang Benner iklan