AIR TERJUN TOROAN KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI PULAU GARAM

Madura biasa orang menyebutnya dengan julukan pulau garam karena memang pulau yang satu ini sejak zaman era kolonial pulau madura menghasilkan butiran garam yang sangat berkwalitas. Selaya pandang tentang pulau madura sobat gus bolang pasti berfikir "ngapain ke madura pulaunya panas , wisatanya hanya wisata religi " lah .... ini pikiran yang salah bro and sis  Madura itu menyimpan keindahan alam yang sangat menabjubkan salah satunya air terjun Toroan yang lokasinya berada di sampang.



Cuaca di Madura memang terkesan bersuhu panas apa lagi ketika musim kemarau, di pinggir jalan kerap kita melihat tumpukan batu bata putih yang dihasilkan dari tambang tambang batu selain itu sepanjang jalan Bangkalan menuju sampang kita sering melihat kiri kanan jalan dengan makam makam keramat biasanya masyarakat madura menyebutnya dengan bhuju' itulah sedikit gambaran tentang pulau madura. Lagu lagu tembang madura menemani langkah perjalanan gus bolang seakan terik matahari waktu itu hilang seiring lantunan lagu lagu khas madura. kali ini langkah gus bolang akan berkunjung ke satu satunya air terjun yang ada di Madura, namanya air terjun toroan.



Jika kamu pernah mengunjungi air terjun banyu tibo, air terjun yang satu ini tak kalah jauh dengan air terjun banyu tibu tapi kali ini versi maduranya, ya air terjun toroan  namanya. Pantai di pesisir madura saat itu sedang tenang nyaris tak ada ombak satupun, air laut berwarna biru seakan menyejukkan mata tak terasa madura itu benar benar panas, tak jauh dari penitipan sepeda kita masih harus berjalan sekitar 10 menit untuk mencapai ke air terjun toroan, batu kerikil pantai yang unik menjadi suguhan pertama ketika kita menjalani bibir pantai dan tak lama kemudian kita akan mendengar gemuruh air terjun byurrrrrrr  lah itulah air terjun toroan, salah satu air terjun yang di madura yang airnya langsung jatuh ke pantai.



Lokasinya tidak jauh dari kota Sampang - Madura tepatnya berada di desa ketapang daya, kecamatan Ketapang dari kota jaraknya sekitar 105 Km untuk akses ke lokasi bisa dibilang sangat mudah dari terminal Sampang kamu bisa menggunakan angkutan umum yang beroprasi menuju ke kecamatan ketapang. Sepanjang jalan seperti biasa kamu masih bisa melihat pemandangan alam yang sangat natural, rumah rumah penduduk khas madura, dan penjual legen yang pohonnya banyak terdapat di Sampang, dekat dari air terjun disana juga ada cungkup keramat sayang waktu itu tour guide  gus bolang tidak memperbolehkan untuk memfotonya. ya  itulah pulau yang terkenal dengan pulau garam pulau yang menyimpan keindahan alam yang sangat elok untuk kita kunjungi.

Tips

karena Madura suhu cuacanya bisa dibilang sangat panas rekomendasi ketika mengunjungi air terjun toroan kamu harus menggunakan topi , buff dan lain lain jangan lupa pakai sun block kecuali kamu kepengen hitam manis seperti gus bolang.  Waktu yang sangat tepat adalah ketika air laut surut kamu karena kamu bisa mengabadikan moment terbaikmu berpose tepat di depan air terjun, tak ada salahnya jika mengunjungi ketika hampir matahari terbenam tapi saran saja selalu jaga keselmatan.








2 Responses to "AIR TERJUN TOROAN KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI PULAU GARAM"

  1. airnya itu loh, yang bikin aku pengen nyemplung. jernih, dan terlihat seger banget.

    ReplyDelete
  2. iya mbak eri .... jernih dulu wktu k sana masih alami , jgn lupa klo k sana juga mampir ke hutan nepa

    ReplyDelete

Pasang Benner iklan