MISTERI MONUMEN JULIANA DI BONDOWOSO

Bicara tentang kota tape Bondowoso tempo dulu memang tak akan pernah ada habisnya, apa lagi tentang kejayaan kota Bondowoso pada era kolonial Belanda yang pernah menjajah Indonesia ini seakan seperti berpetualangan baru dengan mesin waktu milik doraemon. Banyak foto jadul di salah satu folder PC Gus bolang  semua tentang Bondowoso, hemmm  saya yakin "Bondowoso " pasti salah satu kota terpenting di jawa timur tempo dulu.

Sumber Tropenmuseum

Untuk kenalan dengan kota Bondowoso silahkan kunjungi wikipedia disana sudah lengkap sejarah Bondowoso dari A sampai Z Sejarah Bondowoso.

Sebelum kita mencari tahu tentang keberadaan Monumen Juliana yang ada di Bondowoso kita harus tahu dulu siapa sosok Ratu Wilhelmina . Ratu Wilhelmina Nama aslinya adalah Wilhelmina Helena pauline Marie Van Orange -Nassau beliau lahir tanggal 31 Agustus 1880, putri dari Willem III dan Ratu Emma, ratu Wilhelmina menikah dengan Pangeran Hendrik dari Mecklenburg - Schwerin dan dikaruniai satu putri namanya Juliana untuk sejarah biografinya silahkan baca.

Ratu Wilhelmina , Sumber Wikipedia


Pada Tahun 1890 sampai 1948 Ratu Wilhelmina  menjadi ratu Belanda, ia memimpin belanda kurang lebih selama 50 tahun dan bagi orang belanda Ratu Wilhelmina sangat dikenang dengan perannya selama perang dunia II dia menjadi inspirasi besar terhadap rakyat belanda, pada tahun 28 Nopember 1962 Ratu Wilhelmina wafat. Banyak kisah menarik tentang Ratu Belanda yang satu ini di Kota Tape pernah gus bolang wawancara kepada sesepuh di desa Tlogosari " cong lambe' pernah sa are samalem aghutta, delem rangka nyambut kelahirannah anakna rato wilhelmina se anyama Juliana ( Nak dulu di Bondowoso pernah Kotekan massal ( Aguttah " membunyikan lumbung padi ) dalam rangka menyambut kelahirannya juliana"  dan ada lagi cerita tentang Ratu Wilhelmina datang ke Bondowoso konon katanya dia baru tersenyum ketika menyaksikan aduan sapi di alun alun Bondowoso, konon Bondowoso pada era kolonial Belanda menjadi tempat peristirahatan dan sekaligus central pemerintahan se keresidenan Besuki.

sumber : koleksitempodoeloe


Bicara tentang ratu Belanda "  Ratu Wilhelmina "  yang sempat singgah ke Bondowoso pastinya ada sisa sisa peninggalan seperti monumen monumen di kota lainnya. Konon ada satu peninggalan Ratu Wilhelmina di Bondowoso kata Alm mbah Gus Bolang  haji umar, katanya di Bondowoso dulu ada Monumen Ratu Juliana tujuannya adalah menghormati kedatangan ratu belanda bersama anaknya di kota Bondowoso

Ratu Juliana .Sumber : Google


Lantas dimana Keberadaanya sekarang monumen ini sekarang ?. Keberadaan monumen Juliana jika kita amati dari foto jaman dahulu itu bisa dipastikan lokasinya tak jauh dari pusat kota bisa ada di sekitar alun alun , atau di kediaman resident Bondowoso yang merupakan pusat pemerintahan yang ada di Bondowoso, sayang saat ini kita tidak bisa menyaksikan lagi keberadaan monumen yang satu ini karena pasca pendudukan militer jepang di Bondowoso monumen juliana dihancurkan.

Tapi kamu tak perlu bersedih untuk belajar sejarah kota Bondowoso. Sepanjang jalan raya Bondowoso - Situbondo disana banyak sekali peninggalan peninggalan bangunan kuno atau loji  dan ada juga tugu tugu warisan kolonial Belanda yang bisa kita saksikan saat ini.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MISTERI MONUMEN JULIANA DI BONDOWOSO"