MENGENANG PAHLAWAN TAK HARUS MENUNGGU 10 NOVEMBER

10 November, tentunya sudah tau hari itu memperingati apa !. Ya Hari pahlawan, hari yang sangat istimewa untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang gugur membela tanah air kita dari para penjajah, sehingga saat ini gus bolang  dan kalian bisa menikmati kemerdekaan ini tampa harus mengangkat senjata dan berkorban nyawa.



Gus pernah dengar dari kutipan Bapak President RI pertama Ir.Soekarno  " Bangsa yang besar itu adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya ". Pertanyaannya apa kita sudah menjadi bangsa yang besar ? kalau iya berarti kita masih ingat kepada jasa perjuangan bangsa ini, tapi kalau tidak hemmm  itu mungkin hati yang bisa jawab bro and sis,  bicara soal pahlawan pada tanggal 10 November siapakah sich pahlawan itu ?, hari 10 november itu identik dengan pahlawan yang gugur melawan para penjajah untuk mempertahankan kedaulatan NKRI ini, mungkin itu arti sederhana seorang pahlawan pada tanggal 10 November,  dan pasti kamu sudah tau kemarin pas tanggal 10 November KH.As'ad Syamsul Arifin dilantik menjadi pahlawan Nasional, peran beliau sangat penting dalam mempertahankan kedaulatan NKRI dan bangga lah pahlawan yang satu ini adalah santri #BanggaJadiSantri.
Merdeka sudah, penjajah sudah ditendang ke kampung halamannya sudah, terus apa yang harus kita lakukan saat ini apa kita masih angkat senjata ?. Mungkin tidak lah kawan tugas kita sekarang hanya menjaga kedaulatan Ibu pertiwi ini, caranya pun tak sulit tak harus mengangkat senjata seperti zaman nenek moyang kita, tugas kita hanya menjaga kedaulatan selain itu ya mengisi kemerdekaan ini dengan cara apapun asal positif.

Saatnya mulai dari yang muda

Ibarat tunas  jika semasa tumbuh tidak ada perawatan yang intensif maka ketika besar dia akan menjadi tanaman yang jeles mungkin saja buahnya tidak maksimal, namun jika waktu tumbuh tunas dirawat, dipupuk pasti ketika menjadi tubuhan dewasa dia akan kokoh dan berbuah seperti apa yang diharapkan yang menanamnya. Sama dengan Pemuda jika dari kecil sudah dikenalkan dengan carita heroisme para pejuangan dan diajarakan menjadi warga negara yang baik, pasti ketika kelak dia dewasa akan menjadi warga negara yang baik, namun jika semasa kecil sudah disuapi dengan asupan yang negatif  ahh ... entahlah ketika dewasa mungki dia ....ahhhhhh gak mau ngebahas bro. 
Coba bayangin !
Sang Saka merah putih di corat coret .... dengan bangganya sambil selfi .
 Butir butir  panca sila satupun tak ada yang hafal  ......
Memang hak masing masing mau ngafalin mau orat oret bendera, tapi sebagai warga negara yang baik, itu sungguh terlalu.
mengapa itu bisa terjadi ?. Ya karena kita sudah banyak melupakan perjuangan dan jasa para pahlawan yang mati matian mempertahankan bumi Indonesia, coba mereka tau arti sebuah perjuangan yang dilakukan para pahlawan.

Masih belum terlambat

Belajar tentang perjalanan sejarah bangsa ini masih belum terlambat, memang untuk mempelajari sebuah sejarah tak seasyik melakukan aktifitas traveling, tapi cobalah sekali kali traveling sambil mengunjungi tempat tempat bersejarah bisa ke museum atau ke monumen monumen ya meskipun tak seindah mengunjungi tempat wisata lainya. Bicara tempat bersejarah pernah nih  sempat nyesek di hati kalau kata orang jawa Loro ati  alias sakit hati, kenapa tidak gus bolang  pernah liat suatu tugu yang mengenang jasa perjuangan para pahlawan kondosi fisiknya sangat memperihatinkan banyak semak semak yang mengganggu, juga bisa dibilang setengah hancur, dan sebagian ada juga yang di oret oret oleh tangah tangan kreatif.




Semua belum terlambat coba bayangkan tempat yang bersejarah seperti itu harus hancur atau hilang jejak lantas bagaimana dengan generasi kita selanjutnya ?, haruskah sejarah yang dikorbankan dengan darah harus hilang, tentunya bagi kamu yang peduli dengan sejarah bangsa ini tak ingin hal tersebut terjadi bukan, maka mulailah untuk mempelajarinya  tak ada kata lambat kawan.
Kalian tau kenapa ada hari pahlawan ?. Pastinya untuk mengenang jasa para pahlawan, dari sana kita akan belajar tentang arti suatu perjuangan yang sudah dikorbankan oleh para pahlawan untuk bumi indonesia, tapi apakah untuk mengenang jasa mereka kita harus menuggu satu tahun lagi tepatnya tanggal 10 November, tentunya tidak lah.
Banyak cara untuk mengenang jasa jasa mereka para pahlawan yang gugur mempertahankan kedaulatan NKRI, kata pepatah banyak jalan menuju roma. Ada banyak cara seperti kamu mengunjungi tempat tempat bersejarah seperti musium, atau monumen, merawat tempat bersejarah seperti merawat monumen yang sudah rusak, dan belajar tentang sejarah misalnya nih  Gus bolang kan orang Bondowoso ya paling tidak harus tau perjuangan para pahlawan di kota Bondowoso seperti perlawanan agresi militer yang terjadi di beberapa tempat, atau sejarah tentang gerbong maut.


Jadi kesimpulannya kita tak harus menunggu tanggal 10 November untuk mengenang dan mempelajari jasa jasa haroisme para pahlawan kita. Dan sebagai generasi muda kita setidaknya harus mempunyai rasa cinta terhadap bumi pertiwi dengan cara banyak mempelajari perjuangan perjuangan para pahlawan.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENANG PAHLAWAN TAK HARUS MENUNGGU 10 NOVEMBER"