MENANTI SENJA DI CANDI BARONG BERSAMA BATARA KALA

Yogya memang kota yang penuh dengan kenangan rasanya ingin tiap hari bolak balek Bondowoso - Yogya tapi sayang seribu sayang dapet duit dari mana  tapi itu benar Yogya penuh dengan kenangan dan yang paling buat baper yogya itu ngenenin. Berkunjung kembali ke tanah raja raja jawa hemm  kesempatan yang sangat berharga , kali ini gus bolang akan dikit membahas sedikit tentang candi barong.



Lokasinya bisa dibilang sangat dekat dengan candi prambanan, hanya saja kita harus mengunakan jasa ojek dari candi prambanan menuju ke candi barong. Sebelum ke candi barong Gus bolang harus memberikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Mr Bolang yang sudah ngenterin saya keliling candi candi di sekitar prambanan, kita lanjut perjalanan gus bolang dari prambanan menuju ke candi barong. 



Melewati gunung gunung lewat didepan warung gudeg. Mungkin itu gambaran menuju ke lokasi candi Barong lewat di bukit bukit jalannya sedikit menanjak kira kanan ku lihat saja banyak warung warung gudeg, dari prambanan hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk mencapai candi barong ya  untung saja mr bolang  sangat hafal jalan pintas menuju candi jadi perjalanan kita sedikit cepat untuk mengejar senja yang kata mr bolang sangat indah dari candi barong.



Akhirnya gus bolang sampai di candi barong, segala adiministrasi sudah kita lengkapi sama seperti tempat wisata lainnya bayang tiket isi buku tamu dan nikmati keindahan candi. Candinya bisa dibilang sangat sederhana tak sama dengan candi prambanan yang megah, konon candi barong adalah candi yang digunakan untuk memuja dewa wisnu dan dewi sri pada era kerajaan hindu abad 9 - 10 , kata si juru pelihara konon namanya adalah candi Suragedug, namun pas masuk ke candi gus bolang disambut dengan senyum pepsodent  kala ( sosok raksasa dalam mtitologi hindu ) lah  karena banyak hiasan kala atau batara kala yang berbentuk seperti barong maka candi ini terkenal dengan candi barong, ada yang unik dengan candi ini biasanya candi candi lainnya ada ruang bilik candi seperti di candi prambanan dan sekitarnya beda dengan candi barong candi ini tak ada ruang biliknya, relief reliefnya juga tak begitu banyak hanya relief barong dan Ghana  si raksasa cilik yang menghiasi relung candi tapi yang paling istimewa dari candi ini ketika kamu berjalan menuju ke candi inti kamu akan merasa seperti memasuki dimensi lain, kamu akan merasa seperti seorang raja dari masa lalu, lumayan luas halaman candinya itu yang membuat berkesan di hati gus bolang.



Candi Barong menghadap ke barat lokasinya yang ada di atas bebukitan yang tak begitu tinggi membuat siapa saja yang ada di candi ini bisa melihat alam yang indah di sekitar candi barong, di bawah candi barong juga ada candi yang sedikit kecil tapi sayang gus bolang lupa menanyakan nama candi tersebut hehehehe. Matahari sudah mulai tenggelam di barat, cuaca yang cerah membuat saya terhanyut dalam suana romantis namun sayang saya tak ada dewi rengganis yang menemani saya tapi Gus bolang puas Kala barong tersenyum menemani senja saya di kota para raja raja tanah jawa.

Lokasi candi barong berada di
Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 

Akses 
bisa menggunakan ojek dari candi prambanan.
 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENANTI SENJA DI CANDI BARONG BERSAMA BATARA KALA"

Post a Comment