TAMAN GALUH, SURGA TERSEMBUNYI KAKI GUNUNG CRENGIH

Bondowoso kota yang dikelilingi oleh gunung gunung dan beberapa bukit yang cantik, memang kita tak punya pantai namun kota tape Bondowoso menyimpan tempat cantik yang membuat siapa saja kangen ingin mengunjungi kota Bondowoso lagi. 



 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
" Kita memang tak punya pantai namun tuhan memberikan kita tempat yang indah untuk tanah Bondowoso, beribu bukit yang cantik, dan puluhan air terjun, ya inilah gambaran tahan kelahiranku Bondowoso"


Hari ini hari Rabu tanggal 7 September 2016 cuaca langit Bondowoso sangat cerah sangat nyaman untuk memulai aktifitas hari di hari ini, namun tiba tiba handphone Nokia jadulku  berdering pesan singkat dari bang ocid " Mas ayo ke taman galuh sama teman teman " ya kalau dapat pesan seperti ini gus bolang  mubadir untuk menolaknya padahal hari rabu gus bolang full aktifitas namun apa daya batin ini tak bisa menolak " ayo dah bro siap lets go". Sangat singkat rencana kita waktu itu, kamipun bersiap untuk menuju ke kecamatan Sempol, di Sumber Beringin kita sudah ditunggu oleh dua orang teman gus bolang yang setia menunggu kehadiran gus bolang bersama bang ocid, tampa panjang lebar kita langsung berangkat ke destinasi akan kita kunjungi.



Membahas destinasi di Bondowoso memang tak ada habisnya namun semua tak cukup hanya bingkai photo, gus bolang masih ingat kata kata inspirasi waktu gus bolang menjadi penulis di phinemo kata mutiaranya begini.

"Tempat itu akan tetap hidup jika kamu menceritakannya kepada orang lain"

kata itu yang terus menjadi inspirasi bagi kita kru Gus bolang.com. Perjalanan menuju ke kecamatan sempol sangat mengasyikkan sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan hutan yang sangat indah serasa kita ada di dunia  Jurrasic park sesekali kita juga melihat monyet dan burung yang bersahutan semua itu akan kamu dapatkan ketika kamu lewat dari Bondowoso.

Butuh waktu sekitar 1 jam bagi kita untuk sampai di kecamatan Sempol. Setelah sampai di sempol tak ada salahnya untuk membeli bekal makanan karena di daerah Taman Galuh lokasi yang akan kita tuju tak ada toko yang selengkap di Sempol. 

Rutenya penting bro !

Dari kecamatan Sempol kamu terlebih dahulu harus menuju ke Batu capil, dari watu capil alangkah baiknya kamu tanya kepada warga jalan menuju ke afdeling Gunung blau jalan menuju ke gunung blau terbilang terjal saran gus bolang  pakai masker karena sepanjang jalan akan berdebu. Setelah kamu sampai di Gunung blau  saatnya kamu bertanya lagi kepada warga dimana jalan menuju ke Afdeling Girimulyo,  Warning  jalan menuju ke giri mulyo sangat terjal dan butuh perjuangan kamu masih harus lewat jalan yang berbatu, berdebu, dan sesekali kamu harus turun mendorong sepedamu dan kamu juga harus rela turun ketika sudah sampai di turunan yang terjal plus penuh batu, butuh sekitar hampir 1 jam untuk menuju ke Afdeling Girimulyo.


Jalan berdebu dan terjal ( afdeling gunung blau)

Perhatikan penunjuk arah bro

Ya seperti itu gambaran menuju ke afdeling girimulyo butuh extra perjuangan dan extra kesabaran. Seteah sampai di Afdeling girimulyo kita disambut dengan gapura sederhana tertulis papan naman girimulyo, kita bisa bernafas legah karena target kita sudah sampai di tempat tujuan, di samping saya terlihat kang yudhi menyalakan rokok kesayangannya maklumlah dia pecandu rokok motonya tak puas puasin sebelum harga rokok naik 50 ribu tapi si abdullah tampaknya tak bersahabat dengan asap rokok kang yudhi, tampa pikir panjang kita bertanya kepada tiga orang pekerja kebun yang cantik mereka sangat ramah sekali dengan kedatangan kita maklumlah kita cakep cakep kata emak kita heheheeh " Mbak dimana lokasi taman galuh"  dengan ramah ketiga cewek yang tanya menunjukkan lokasi taman galuh namun sebelum ke taman galuh mereka menyarankan kita untuk berkunjung ke lubang angin, ya kita turuti saja saran mereka, perjalanan menuju ke lobang angin tak begitu parah sepanjang jalan kamu akan melihat pohon makadamia kacang yang harganya termahal di dunia selain itu kamu juga akan bertemu jeruk purut yang dibiarkan saja memasak, butuh waktu 10 menit, lobang angin sendiri semacam lobang kecing namun anehnya dari dalam lobang itu keluar angin, dan ini juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengetahuinya.

Pos Afdeling Giri mulyo

Lubang angin dari dalam lobang keluar angin bro


Setelah puas di lobang angin saatnya kita menuju ke Taman galuh. Kita harus kembali ke arah awal, sebenarnya dari lobang angin kita bisa memilih jalan kaki tak jauh kok namun kita akan mencoba ke taman galuh menggunakan sepeda motor kita. Butuh waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai ke taman galuh jalannya juga lumayan sangat terjal, kamipun sampai di taman galuh, dan yang benar saja sungguh indah bro disebelah kiri dan kanan kita semua terlihat bukit bukit yang eksotis dan didepan kita ada gunung masyarakat menyebutnya dengan gunung crengih ( bahasa madura yang artinya berdempetan tak teratur ) bener sangat indah meskipun jalan menuju kesana sangat sulit dan butuh perjuangan tapi semau akan terbalas dengan keindahan alam yang sangat indah.

Ada cerita di taman galuh , konon katanya taman ini adalah salah satu tempat istirahat putri galuh dari kerajaan majapahit, ini cerita rakyat yang berkembang di daerah ini. Namun bisa saja itu bukan isapan jempol belaka  karena di sekitar kecamatan sempol pernah ditemukan artefak berupa gerabah dan arca so jadi  bisa saja itu bukan hanya cerita rakyat. Taman galuh sebenarnya bukan tempat wisata hanya saja tempat ini sangat tersohor dikalangan traveler di kota Tape Bondowoso, sayang saja masih belum banyak cerita tertulis tentang daerah yang satu ini jadi sayang bukan gus bolang hanya berusaha agar tempat yang indah ini tidak mati.





Karena bukan tempat wisata di Taman galuh tak ada kontribusi biaya parkir atau tiket masuk hanya saja kamu harus bijak jika ketaman galuh karena disana adalah ladang singkong milik warga tentunya tau apa maksud gus bolang jangan rusak kebun milik warga. Ingtinya jika kamu datang ke tempat yang indah ini dengan bijak, tidak merusak alam disana , tidak mengotorinya pasti kamu akan disambut ramah oleh warga setempat dan tentunya semesta akan mendukungmu.














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAMAN GALUH, SURGA TERSEMBUNYI KAKI GUNUNG CRENGIH"

Post a Comment