NASI PONAR DAN KEMANTEN BARU DI MALAM PERTAMA

Pernikahan adalah salah satu ritual yang amat sakral dalam kehidupan kita sampai dari sakralnya mungkin setiap Agama di muka bumi ini semua setuju, Pernikahan amat sangat sakral di Islampun jika ngomong masalah pernikahan " Orang islam kalau masih belum nikah maka agamanya masih belum sempurna "  nih gus bolang dapat dari ceramah akad nikah dari pak penghulu, monggo yang ahli agama silahkan dikaji yaaa yang Jomlo monggo dipikirkan heheheeh. Bicara tentang Pernikahan setiap daerah mempunyai adat istiadat yang berbeda itu ciri khas dari bangsa ini Indonesia " Bhineka Tunggal Ika "  apa lagi di Bondowoso hampir setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda untuk masalah upacara yang sakral pernikahan.



Cerita ini di desa Sulek

Mungkin sama dengan desa desa di kabupaten Bondowoso, setiap penganten baru tentunya ada ritual khusus sebelum mereka membina rumah tangga. Ini real history of weddding gus bolang with neng bolang tepuk tangan dulu buat owner Gusbolang.com Kang Taufik Van Djava dan Neng Rohma semoga sakinah ma waddah wa rohma ya aminnn.

Nih pengalaman saya hanya sekedar share ya. Namanya aja kemanten baru pasti berdebar debar dag dig dug  ketika akad nikah sedang dilaksanakan tapi untung aja lolos di seleksi akad nikah, semua kegiatan selametan (  Arebbe = istilah madura ) setelah selametan kawinan semua undangan mulai meninggalkan rumah kami, bisa kebayang dalam benak saya " Saya sudah jadi kepala keluarga ". waktu itu cuma satu yang menjadi aneh tiba tiba di dalam kamar saya ada satu talam nasi mirip nasi tumpeng, dan akhirnya saya memberanikan diri untuk menanya kepada mertua saya " Bapak itu nasi apa ?" beliau menjawab itu namanya nasi Ponar.



Apa itu nasi Ponar ?.

Nasi misterius yang diletakkan di tempat tidur kita. Namanya Nasi Ponar mungkin nama di setiap daerah tidak sama tergantung daerah masing masing dan sesuai dengan adat masing masing, Nasi ponar itu bisanya semacam nasi tumpeng lengkap dengan ikan ayam dan beberapa topping  diatasnya kalau yang gus bolang alami nasi ponar kita adalah nasi putih , plus beberapa telur ayam dan beberapa sayuran.

Ada makna filosofis dalam nasi ponar. Kata sesepuh di desa saya desa sulek nasi ponar melambangkan pasangan harmonis antara dua mempelai, dan yang paling unik sebelum menyantap kelezatan nasi ponar dua mempelai disarankan untuk memohon kepada Tuhan untuk memohon keinginan ya ...mirip film anime Dragon Ball gitu heheheheh. 

Nasi Ponar ini adalah salah satu bukti kekayaaan keaneka ragaman kearifan lokal Indonesia. Selain itu kita seharusnya bangga dengan adat istiadat leluhur kita, setelah mencicipi kelezatan nasi ponar acara selanjutnya adalah ahhh mau tau aja kamu,  semoga jomlo yang baca artikel ini moga bisa cepet cepet menikmati nasi ponar ya, " amin ".















komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "NASI PONAR DAN KEMANTEN BARU DI MALAM PERTAMA"

Post a Comment

Pasang Benner iklan