INDRAMAYU KOTA MANGGA PENUH SEJUTA PESONA

Indonesia memang menyimpan banyak kekayaan budaya dan keindahan alam yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia ini, beribu ribu kearifan lokal, budaya dan keindahan panorama alamnya menjadikan Indonesia rujukan pertama para traveler  manca negara sebagai kunjungan wajib. Bicara tentang keindahan alam dan kekayaan Budaya kali ini Gus bolang akan mengulas tentang keindahan alam di Jawa Barat Khususnya di daerah Indramayu, kota mangga dengan sejuta pesona.

Indramayu, memang gus bolang hanya satu kali pernah kesana itupun ketika saya ikut tour wali songo kebetuan rombongan gus bolang  melewati kota yang satu ini, namun Gus bolang  masih berharap suatu saat saya akan kembali lagi mengunjungi kota yang satu ini bersama neng bolang. Bicara tentang Indramayu pastinya kamu bakal ingat dengan manisnya mangga dan tersohornya Pulau biawak  dengan marcusuarnya yang dibuat oleh Belanda, namun selain keindahan alamnya kota mangga juga terkenal dengan pesona budayanya yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan oleh warga Indramayu ,pantas saja Indramayu tak hanya terkenal dengan kota mangga namun Indramayu juga terkenal dengan kota budaya, ini beberapa budaya yang masih dilestarikan oleh warga indramayu dan masih bisa kamu saksikan di kota ini, bener keren bro !.

Oh ya  beberapa hari lagi tepatnya tanggal 7 Oktober adalah hari jadi Kota Indramayu yang ke - 489 dan selain itu juga milad  komunitas Blogger Indramayu ke -3 wah selamat y kawan kawan di Indramayu salam persahabatan dari Bloger Bondowoso dan keluarga Gus bolang. 

1.Penari Sintren dan Dewi Rantamsari

by.kaskus


Suara lantunan musik tradisional dan kepulan dupa melengkapi sebuah pertunjukan pada waktu itu, namanya sintren Gus bolang  hanya mendengar cerita sepintas dari sahabat gus bolang yang ada di Jawa barat tentang tarian yang satu ini, konon merupakan tarian masyarakat jawa barat. Ada yang unik dengan tarian rakyat yang satu ini mungkin sama dengan tari seblang yang ada di Banyuwangi , Tari sintren juga bercampur dengan hal hal supranatural dimana penari sintren biasanya kesurupan oleh kekuatan dewi Rantamsari cerintaya panjang kamu bisa langsung menanyakan kepada warga Iindramayu.

Tarian sintren biasanya dilaksanakan oleh warga Indramayu dalam acara acara tertentu seperti hajatan desa , tasyakuran dan hajatan hajatan lainnya.

2. Tari Topeng dan Kisah Dewi Kencana wungu 

foto ; wacana.com
Cerita Rakyat merupakan salah satu akar dari suatu kebudayaan, kata teman gus bolang  yang ahli mengamati kearifan lokal dan budaya Indonesia, ya  itu sangat benar bermula dari cerita akhirnya masyarakat mengemasnya dalm satu kesenian masyarakat salah satunya tari topeng yang ada di kota Indramayu. Disebut dengan tari topeng karena penarinya menggunakan topeng, salah satu lakon yang terkenal adalah lakon kelana kencana wungu yang merupakan lakon dewi Kencana Wungu yang dikejar oleh Menak jinggo yang tergila gila akan kecantikannya.

Tari Topeng masih bisa kamu lihat di kota Indramayu sampai detik ini, Bahkan tari topeng masih eksis dipelajari di sanggar sanggar yang ada di kota Indramayu jadi sampai tujuh turunan kesenian ini tak akan punah oleh arus modernisasi.

3. Ngarot upacara penting untuk mengawali bercocok tanam

photo by bang doel
 Nenek moyang kita selalu mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga keseimbangan dengan alam, banyak upacara upacara seperti selamatan yang masih tetap dilestarikan sampai saat ini sebagai salah satu kekayaan kearifan lokal Indonesia, salah satunya tradisi Ngarot. Memang gus bolang  masih belum menyaksikan langsung tradsi yang satu ini hanya saja dapat informasi dari mbah google.

Ngarot sendiri adalah upaca untuk menyambut musim tanam yaitu antara bulan Oktober sampai November. Upacara Ngarot sendiri sudah dilaksanakan sejak abad ke 16 sampai detik ini sangat hebat bukan tradisi yang satu ini masih tetap dilaksanakan di desa Lelea, biasanya upacara ngarot dilaksanakan pada hari rabu kono pada hari itu mempunyai sifat bumi yang cocok untuk melakukan cocok tanam.

ada satu yang unik dalam tradisi ini, peserta ngarot adalah pemuda dan pemudi yang masih suci yang hanya bisa ikut dalam barisan angarot. Biasanya para anggota ngarot akan diarak keliling desa dengan menggunakan pakaian adat.

4. Nadran, upacara untuk berterima kasih kepada laut.

photo by cirebonnews
Biasanya kalau di jawa timur disebut dengan upacara petik laut, tetapi di Indramayu dikenal dengan istilah Nadran. Upacara yang satu ini melambangkan wujud terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah dan mengharap hasil yang sangat melimpah. Upacara nadran dilaksanakan setiap tahun di pesisir pesisir yang ada di Kota Indramayu, biasanya dilaksanakan pada bulan oktober sampai bulan Desember.

Itulah sekalumit tentang budaya yang ada di Kota Indramayu. Apa hanya ini gus ?,wah sebenernya mash banyak tradisi yang ada di kota mangga seperti sandiwara, tarling dan banyak lagi tradisi yang ada di kota mangga ini, biar kamu lebih mengetahui tentang tradisi kota Indramayu, saran gus bolang kunjungi saja kota Indramayu dan  explore luar dalam kota mangga Indramayu dan kenali Budayanya.

Selamat hari jadi kota Indramayu ke- 489
dan selamat Milad Komuitas Blogger Indramayu ke-3.
Hormat kami Gus Bolang Family. 












 









 










 










 
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "INDRAMAYU KOTA MANGGA PENUH SEJUTA PESONA"

Post a Comment

Pasang Benner iklan