YUK MENDAKI RAUNG DARI BONDOWOSO DAN TEMUKAN PENGALAMAN BARU DALAM PETUALANGANMU

kemaren sampat pernah geger ketika gunung raung lagi masuk angin sampai sempat batuk batuk akhirnya beberapa kota seperti jember ,Bondowoso dan Banyuwangi mendapat kiriman abu vulkanik akibat imbas si gunung raung yang sedang masuk angin. Namun Raung tetaplah gunung raung masih menyimpan sejuta pesona bagi para pendaki yang senang bertengger di atas awan, menikmati keindahan alam , dan menemukan kebebasan.

Si Bocah nekad om imam


Sebenarnya untuk mencapai gunung raung banyak jalan alternatif pendakian kamu bisa dari jalur pendakian dari Banyuwangi namun pada artikel gus bolang kali ini gus hanya memberikan Informasi jalur pendakian dari kota tape Bondowoso tepatnya dari Kecamatan Sumber Wringin yang merupakan start awal pintu gerbang pendakian gunung raung. Informasi gus bolang semua gus peroleh dari dokumen perjalanan Om Erwin dan Om Imam  maklum kedua orang ini bisa dibilang samgat doyan daki gunung khususnya di Bondowoso, kalau gus bolang ngomong masalah daki gunung Ampun dehhhh  angkat tangan Bro  sudah obesitas gak kuat naik gunung yang tingginya sudah beribu ribu Mdpl.

Rumah Pasanggrahan sumber wringin


Untuk memulai pendakian dari Bondowoso kamu terlebih dahulu harus menuju ke desa sumber wringin, bisa pakai sarana transportasi umum dari terminal Bondowoso ambil saja jurusan ke sempol kemudian turun di Indomaret sumber wringin dan dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek untuk menuju ke pasanggrahan yang merupakan pos pertama perizinan gunung raung. Sudah lengkap perizinan di pasanggrahan saatnya kamu menuju ke pos 1 yaitu pondok motor tips aja pakai jasa ojek untuk menuju ke pos penitipan motor karena kalau jalan kaki bisa memakan waktu yang cukup lama.

Kang erwin dkk


Kalau kita ngomong pendakian gunung raung Via Bondowoso tentunya ada keunikan tersendiri bagi para pendaki yang unik adalah nama setiap pos yang emang dikit horror :
1. Pos Pondok Motor
2. Pos Pondok Sumur
3. Pos Pondok Demit ( tuh kan mulai horor )
4. Pos Pondok Mayit
5. Pos Pondok Angin
6. Puncak Gunung Raung
Setiap pos ada cerita tersendiri lho. Pokoknya sensasi beda lah pendakian dari gunung raung via Bondowoso. Kamu akan mendapat pengalaman baru jika melakukan pendakian raung via Bondowoso, selain itu kamu akan disuguhi menu pembuka pemandangan alam sekaligus fenomena alam pohon pelangi tepatnya di kebun bogor yang masih satu arah dengan jalur pendakian gunung raung.

INFORMASI UMUM GUNUNG RAUNG

Nama: Gunung Raung
Ketinggian: 3344 mdpl
Lokasi: Banyuwangi, Jember dan Bondowoso
Tipe: Gunung Api
Puncak: Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati Raung
Kondisi: perkebunan, hutan, kaldera, kawah, kabut
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Flora: ilalang, pinus, cemara
Fauna: berbagai macam buru

Mitos seputar gunung raung konon kaldera gunung raung adalah salah satu kerajaan gaib macan putih, setiap malam jumat legi kabar dari penduduk setempat biasanya nyai roro kidul selalu berkunjung ke kerajaan macan putih, ini hanyalah mitos kawan dan sebagian kekayaan cerita rakyat dari kota Bondowoso.

TIPS PENDAKIAN KE GUNUNG RAUNG

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Untuk pendakian gunung Raung harus menggunakan peralatan khusus climbing seperti tali dsb
  4. Tim yang solid adalah 5-12 orang. Dan harus ada leader
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung ( penting banget bro )
  6. Untuk pendakian Raung lebih baik dilakukan pada siang atau pagi hari.
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
  9. dan pastikan jangan mendaki ke gunung raung kalau gunung raung lagi batuk batu hehehehheh
 Yups  itu informasi yang bisa gus bolang berikan. Selamat mendaki gunung raung ya .... tentunya via Bondowoso.

Mungkin ada yang mau mendaki raung atau sekedar tanya tanya kondisi gunung raung. Silahkan SMS atau WA ke nomor dibwah ini, oh ya mereka juga siap menjadi Guide pendakian gunung raung.

KANG YUDHI EKO (082337879151 )
KANG IMAM            (085231837956 )








komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "YUK MENDAKI RAUNG DARI BONDOWOSO DAN TEMUKAN PENGALAMAN BARU DALAM PETUALANGANMU"

Post a Comment

Pasang Benner iklan