SULEK DESA PENGRAJIN BAMBU DI BONDOWOSO

Kemaren Gus Bolang ketika mengunjungi kota pisang Lumajang disana sempat sebentar mengunjungi desa wisata hutan bambu yang ada di desa Candipuro. Hemmmm  Udara sejuk dan pemandangan alam berupa gagahnya pilar jawa si gunung semeru itu di lumajang bro, di Bondowoso juga ada keindahan alam seperti itu misalkan di hutan bogor selain pohon pelangi di dalam hutan juga ada kebun bambu, tapi bagaimana jika kamu ingin melihat para pengarajin bambu menyulap sebatang bambu yang harganya murah menjadi barang yang mengandung unsur seni ? atau begaimana jika kamu ingin menikmati suasana desa yang indah dengan sawah berbentuk terasering seperti di Ubud sana ?. Desa sulek jawaban semua itu bro !.






Desa Sulek desa ini terlatak di kacamatan Tlogosari kabupaten Bondowoso dari kota Bondowoso sekitar 6,4 Km dari kota Bondowoso, jika kamu ingin mengunjunginya kamu bisa menggunakan mode angkuan umum berupa mobil angkot yang beroprasi dari pagi dini hari sampai jam 16:00 WIB. Ngomong masalah desa sulek sepintas seperti desa desa lain pada umumnya di kota Bondowoso, desa sulek bukan desa wisata seperti desa wisata organik milik desa lombok kulon, namun meskipun desa sulek belum dikelolah menjadi desa wisata , keindahan alamnya dan panorama serta kultur budaya desa sulek seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi gus bolang ( maklum calon gus bolang dari desa ini  heheheh ) , berada jauh dari keramaian perkotaan desa sulek berada, sebelum kamu memasuki desa ini kamu akan disambut dengan pemandangan alam berupa bambu yang menjadi peneduh jalan menuju ke lokasi desa sulek pojok, maklum desa sulek sendiri ada beberapa dusun, namun gus bolang rekomendasi sulek pojok karena pemandangan alam yang indah dengan latar belakang gunung Tongguh yang menjadi kebanggan warga desa sulek.



Jika kamu ke dusun sulek, banyak hal yang bisa kamu lakukan selain menikmai keindan alam yang tak kalah dengan pemandangan tempat wisata yang sudah dikelolah oleh pemerintah. Kamu bisa menikmati pesawahan yang berundak, melihat lanscape gunung sulek alias gunung tongghu, dan kamu juga bisa berwisata edukasi di desa ini yaitu belajar membuat kerajinan bambu, di desa ini banyak sekali pengrajin bambu biasa mereka mambuat kerajinan dari bambu dan sebagian membuat wadah ikan yang mereka buat untuk kebutuhan pasar ikan di jawa timur, selain itu juga ada meubel bambu juga bisa kamu coba belajar di meubel ini, jika kamu suka dengan hal hal yang berbau petualangan kamu juga bisa menjelajah jengkal demi jengkal keindahan gunung sulek yang banyak ditumbuhi tanaman bambu dan kayu jati, dari atas gunung tongghu kamu bisa melihat kota Bondowoso dari ketinggian.



Lantas bagaimana cara kamu mengunjungi desa sulek ? dari Bondowoso sudah ada angkutan umum menuju ke desa sulek - di terminal Bondowoso ambilllah angkot jurusan Desa Pakisan dari sana kamu tinggal minta turun di pertigaan masjid tlogosari sudah itu dilanjutkan dengan menggunakan jasa abang ojek dari tlogo ke sulek pojok hanya Rp.10.000,-. bagaimana kamu minat yuk jelajah Kota Bondowoso.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SULEK DESA PENGRAJIN BAMBU DI BONDOWOSO"

Post a Comment