BERKUNJUNG KE SITUS PETAONAN,SISA SISA PERADABAN TUA DI BONDOWOSO

 Hallo kawan bagaimana kabarnya ?
pasti  baik baik saja , and tentunya masih kuat puasa ya iya lah anak kecil aja kuat puasa masak kamu ndak !



Ketemu lagi dengan gus bolang dengan petualangannya yang bisa di bilang agak seru dan dikit dikit kocak gimana gitu. Oke perjalanan kali ini gak jauh jauh dari rumah gus bolang, masih seputar di kota tape Bondowoso, hari ini gus bolang dengan dua bodyguard  yaitu mang ocid dan neng Iif mereka keduanya baik hati sekali dan tidak sombong dan lagi suka menabung, jalan jalan bareng gus bolang mengunjungi situs petaonan, sebenarnya infonya gus dapat dari neng Iif yang jauh jauh hari sudah ngabari om Gus Bolang tentang keberadaan situ petaonan.
wajah tak berdosa kami .
 
si manis dari jembatan kademangan - Bondowoso


 
Stttt bacanya pelan pelan dia lagi semedi ,,,,,


lanjut ceritantanya setelah liat iklan orang ganteng di atas ehhhh satu ada yang cantik ....masih puasa kan ! oke jangan sampai gagal fokus tetap di saluran gus bolang
apa sish situs petaonan itu ? situs petaonan adalah salah satu situs megalitikum yang banyak tersebar di kabupaten Bondowoso, maklum Bondowoso adalah kota dengan 1001 warisan megalitikum. Situs petaonan konon dari sesepuh warga yang tak jauh dari situs tersebut dulunya adalah bekas kerajaan petaonan mungkin kerajaan kuno yang pernah ada Bondowoso, pas gus kesana emang mirip seperti kerajaan, ada batu lesung , ada pondasi , ada juga batu batu runcing entah apa fungsinya gus masih belum tau dan ada juga sisa pundem berundak yang sudah di tumbuhi rumput, konon katanya si guide gus bolang si neng iif yang sudah mengantarkan gus ke situ itu , dulunya ada batu yang di ukir seperti prasasti ketika si neng iif kelas 4 tapi berapa tahun kemudian prasasti itu hilang di jarah oleh tangan tangan jahil yang gak ada kerjaanya, diantara celah celah batu banyak ditemukam kembang segar entah apa itu semacam sesajen tapi pastinya orang setempat menghormati keberadaan batu itu, konon katanya warga setempat menyebutnya sebagai bhujuk petaonan ( Bhujuk = nenek moyang yang membabat area tersebut / pemimpin suatu komunitas masyarakat ), ngomong tentang situs petaonan banyak misteri yang tersimpan dibalik batu batu ada juga mitos mistik yang beredar di kalangan masyarakat, tapi untuk artikel gus yang satu ini kita ngomong tentang realita saja ya heheheheh.







Lokasinya berada di antara terasering pematang sawah yang tak jauh dari rumah penduduk, suasana khas pedesaan membuatmu betah berlama lama di situs ini. jika kamu ingin ke tempat situs petaonan kamu bisa ambil jalan menuju ke kecamatan Tlogosari jika kamu berada di Kota Bondowoso - dari kecamatan Tlogosari ambil jalur menuju ke desa Gunosari atau masyarakat setempat menyebutnya dengan desa Beddien dari beddien kamu ambil arah yang menuju ke trotosari, kira kira dari pertelon beddien kekitar 1 km ke arah trotpsari ada SD dan masjid ( entah saya lupa heheheh ) disana silahkan bertanya kepada penduduk setempat lokasi situs petaonan, untuk menuju ke akses situs tak begitu sulit sudah ada jalan setapak betupa pematang sawah yang sudah di buat oleh warga , kamu akan melihat pemandangan alam sawah berundak terasering sama kayak di Bali gitu, dari penitipan sepeda kira - kira sekitar 5 menit menuju ke situs, tapi kesulitan menemukan situs petaonan kamu bisa meminta bantuan warga setempat untuk mengantarkan ke situs petaonan.

Inilah Bondowoso kota yang kata orang adalah kota pensium, tapi bagi kami pemuda Bondowoso. Bondowoso adalah kota surga yang diberikan kepada kami, kota peradaban tertua, dan kota penuh sejarah, bagaimana tertarik dengan kota tape, lets explore Bondowoso.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BERKUNJUNG KE SITUS PETAONAN,SISA SISA PERADABAN TUA DI BONDOWOSO"

mawi wijna said...

Wah, menarik ini! Ada situs purbakala di tengah persawahan. BTW, di Bondowoso ada candi nggak Mas?