AIR TERJUN BUJU' SE KANDHENG, SURGA TERSEMBUNYI DI BALIK BELANTARA SUMBER WRINGIN

Beberapa bulan yang lalu gus bolang pernah ngepost artikel gus tentang air terjun yang berada di daerah sumber wringin, di daerah ini banyak sih  air terjun tapi kalau yang satu ini tentunya kamu tak bakalan lupa AIR TERJUN PELANGI -SUKOSAWAH . yaaa  air terjun yang punya julukan air terjun pelangi lokasinya di suko sawah Kecamatan sumber wringin di tautan gus bolang sudah ada informasi rute untuk menuju ke lokasi.


Air terjun bhuju' dokumen RMB


Gus Hampir lupa ............... untung aja di ingetin sama temen gus si rifky barella  " kak apa sudah di tulis air terjun bhuju' ?"  wahh saya coba cek cek dulu folder album foto dan syukur foto kenangan di air terjun bhuju' ternyata masih ada. Oke lanjut .... kali ini petualangan gus bolang bersama ke tiga sahabat gus bolang  dek Rifki, lek sarif dan satu sahabat gus yang entah sekarang ada dimana namanya si desi, oh yaaa  hampir lupa Pak Iwan yang sudah sudi menjadi guide kita menuju ke air terjun Buju' sekandheng.
Pendekar nyasar - harus nurunin tebing ini bro

lahhh ini tempat saya jatoh

Awalnya tujuan kami ke angkrek tapi pas kita ada di daerah selopesan kita sempet masih introgasi dikit kepada warga tentang keberadaan air terjun di sekitar pemukiman warga, dan dari sana awal mula perkenalan kita bertiga dengan pak iwan yang profesi beliau adalah petani kopi dan sekaligus menangkap burung di hutan laghhh  ini orang yang cocok dengan kami tentunya beliau sudah banyak mengenal keindahan alam di lereng hutan sekitar sukosawah - Sumber wringin.Dari hasil introgasi kepada warga akhirnya di daerah sukosawah ada sekitar 3 air terjun salah satunya air terjun pelangi dan dua air terjun yang akan kita kunjungi.



Kita mulai petualangan kita  langit Bondowoso saat itu mamang sedikit tak bersahabat sedikit mendung dan potensi akan turun hujan, kita bertiga tentunya tak mau gagal sekali jalan, tapi men  buat kamu yang ingin mengunjungi air terjun di musim hujan mending kamu pikir beribu ribu kali karena potensi bahaya sangat besar, sebenernya ada rasa takut tapi karena kita bersama pak iwan si guide kita hati kami sedikit legah. Kendaraan kita siap menerjang jalur yang kata pak iwan bener bener sulit, hanya anak nekad saja yang jarang dicari sama ortu yang suka kelayapan kesini, memang benar kata pak iwan jalan yang kita tempuh benar sulit selain bebatuan jalan tanah yang licin terkena gerimis semalam itu tanangan bagi kami bahkan si sarif dan si desi sudah 3 kali jatuh dari sepedanya, begitu juga dengan saya dan si rifky, tapi canda dan tawa seakan menjadi obat penghilang nyeri bagi kami apa lagi pemandangan alam yang bener bener indah sungguh membuat kami ingin menjelajahi lebih jauh ke dalam hutan sumber wringin.




Sekitar 30 menit dari air terjun pelangi akhirnya kita sampai di perkebunan kubis ternyata ini kebun pak iwan wowww bayangin tiap hari dia ke tempat ini dengan medan yang  bisa dibilang super duper.  Di kebun yang sudah dipanen ini kendaraan kita, tak ada jukir disini kawan jawab pak iwan hanya " tenang saja aman " kami hanya mengiyakan saja hehehe manut manut kucing gtu, beberapa menit kemudian terdengar gonggongan anjing ternyata itu si GAMBUS anjing andalan pak iwan yang juga ikut bantu jaga sepeda kita heheheheeh.



si gambus yang jagain kendaraan kita

Kita mulai menuruni lembah yang tak begitu curam disana banyak pohon yang besar roboh dan dibiarkan melapuk begitu saja butuh waktu sekitar 10 menit untuk melewati lembah ini, dan jangan di tanya langkah pak iwan maski kita anak muda yang kata bang rhoma irama semangatnya masih menggebu gebu tapi jujur waktu itu kita kalah langkah dengan pak iwan. Sebenarnya ada jalan pintas kata pak iwan yang penting kata pak iwan kita bisa manjat batu yang menjadi pengalang tapi dengan senang hati kita tolak tawaran pak iwan kita malah milih jalur memutar, di bahu kiri kita jelas itu jurang kalau terpelesat ahhh  bisa nyungsep ke bawah hahahah dan akhirnya kita sampai di perkampungan pacet yang bener aja bro  pas di kita disini pacetnya nakal nakal, masak ngisepnya sampek sekitar paha untung saja gak sampai ke burung kita hahahaha, sudah lolos dari kegenitan si pacet kita masih berhadpan dengan si daun maut  jalateng  yang bisa buat kita gatel  dan daun Komadhu yang efeknya gatel plus panas  hahaahah tips  saja kalau kamu kesini pakai celana panjang dan lengan panjang kalau tak ingin bernasib sama dengan kami. 


Sudah lolos dari dua ujian tadi kita masih harus menuruni tebing yang tak begitu dalam kira kira sekitar 3 meteran disana ada insiden yang saya alami harus jatuh dari tebing itu heheheheh  sampek saya hampir mau nangis ehhhh ternyata tempat yang saya jatuh ternyata tak tinggi tinggi amat wkwkwkwk. Dan petualangan kita sampai di air terjun bhujuk dan air terjun sekandheng yang lokasinya ada satu tempat, emang air terjunnya tak semegah dengan air terjun lainnya tapi cerita perjalanannya yang bener bener memberi pengalaman baru bagi kita, di air terjun kita istirahat sejenak memandangi keindahan air terjun emang bener kata ayat ayat dalam al qur'an " Fabiayi'ala irobbikuma Thukadziban " nikmat tuhanmu yang mana engkau dustakan, ini alam Indonesia sungguh indah maha karya Sang pencipta, kamu gak percaya ayo keluar rumah saatnya sapa keindahan alam Indonesia " Fabiayi'ala irobbikuma Thukadziban".
















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AIR TERJUN BUJU' SE KANDHENG, SURGA TERSEMBUNYI DI BALIK BELANTARA SUMBER WRINGIN"

Post a Comment