ADA KERETA TUA DARI LONDON DI BONDOWOSO

Halo sahabat gus bolang ketemu lagi sama gus bolang si traveler edan dari kota tape.

taraaaaaaa maklum orang stress nulis artikel ya gini jadinya. tapi gus yakin kamu pada demen baca artikel gus bolang. iya kannnn hayooo ngaku.



kali ini gus bolang akan dikit membahas tentang benda benda bersejarah yang ada di Bondowoso, dikit aja yaaa soalnya gus kan bukan ahli sejarah, gus bolang lho  ahli makan alias duta kuliner. Tapi sayang lah kalau informasi yang satu ini gak gus share  nanti generasi muda pada kuper dengan sejarah kotanya. cekidott lanjut petualangan kita ya ,,, gus rasa sudah cukup khotbanya.
Kali ini gus akan mengunjungi salah satu pelindung benda bersejarah yang ada di Bondowoso, sebenernya sudah lama gus janjian sama bapak yang mengelolah padepokan yang bliau beri nama padepokan singo ulung  tuh kan Bondowoso bingiitsss, sayang janjinya baru terealisasi hari ini. Gus emang gak suka ulur waktu tayang postingan di blog gus, oke lanjut, pertama kita harus tau duluh ke lokasi padepokannya- padepokan singo ulung lokasinya beradi di kecamatan Tapen tepatnya di perempatan jalan menuju ke wisata kawah ijen biasanya orang Bondowoso menyebutnya dengan gardu atak, di gardu atas kamu tinggal tanya dimana lokasi padepokan singo ulung yang dikelolah oleh pak Cip, Monggo ini lokasinya peta mbak dora yang selalu bilang  petaaa petaaaa.......

 gus jelasin petanya : dari arah Bondowoso kota menuju ke arah Situbondo - kamu berhenti di Gardu atak atau di cindogo - dari gardu atak tuh kiri jalan ada bakso barokah kamu tanya saja dimana lokasi padepokan singo ulung - dari jalan raya kira - kira sekitar 3,5 Km.

Sebelum gus bolang menulis lebih jauh pertama tama gus bolang minta izin sama pengelolah padepokan singo ulung untuk mengulas sedikit benda benda bersejarah yang ada di padepokan singo ulung. Memang gak semuanya wah kalau semua gus tullis bisa ribuan artikel heheheheh. 

Pas masuk ke padepokan serasa ada hawa yang berbeda nuansa ethnik sangat kental di padepokan singo ulung, gapura kuno, dan beberapa batu pahat bertulis aksara cinta menyambut kedatanganmu di padepokan singo ulung. Sayang ketika ke padepokan singo ulung, bapak cip lagi gak enak badan kata bliau sambil bercanda " ekette' beleng " ( kenak tendang belalang ). so  jadi gus hanya bisa bengong melihat koleksi pak cip yang berhasil beliau kumpulkan, oh yaaa  Padepokan ini adalah rumah artefak Bondowoso tenang padepokan ini sudah mendapatkan izin oprasional dari pemerintah bagitu kata bapak cip yang kami temui waktu itu.

Pandangan gus jatuh cinta  sama Kereta kuda disamping rumah pak cip, tampa menghilangkan hormat gus minta izin untuk melihat lihat kereta yang unik, sepintas kereta mirip dengan kereta kraton. tapi kereta yang satu ini bener unik,cekidot  gus coba teliti lebih dekat,tertulis  Bulan Jun tahun 1812 sekitar masa kepemerintahan ki Ronggo,



Yang paling hebat kereta ini dibuat langsung di London, Mungkin dulunya kereta ini adalah hadia pemerintah Hindia belanda untuk Bupati Bondowoso.

Tak hanya kereta ini di samping rumah juga ada kereta wisata yang  jaduel  mirip dengan kereta di kraton yogya karta.Selain kereta di dalam rumah museum mini padepokan singo ulung disana banyak disimpan patung  patung yang terbuat dari batu, ada juga pusaka, baik keris atau tombak dan ada juga tempat tidur kuno yang sampai dekit ini masih kokoh dan empuk.

Meskipun Bondowos terkenal dengan kota yang katanya kota pensium, bagi kami Bondowoso adalah surga dibalik pegunungan. Loji loji penunggalan kolonial yang sampai detik ini masih kokoh meskipun sudah tak dirawat lagi, budayanya, kulinernya, dan peninggalan prasejarah sudah cukup bagi kami putra daerah, tak perlu ada mall yang megah, Bondowoso is the best.



















komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "ADA KERETA TUA DARI LONDON DI BONDOWOSO"

Post a Comment

Pasang Benner iklan