ZIARAH KE MAKAM MBAH KHOLIL DAN OLEH OLEH UNIK KHAS BANGKALAN


yeyyy  sayonara Ampel denta ..................

masjid mbah kholil bangkalan

Perjalanan Gus selanjutnya menuju ke Bangkalan Madura, Pulau garam gitu lho yang katanya panasnya minta ampun tapi untung saja gus pas waktu kesana bertepatan pada malam hari jadi adem adem begitu sobat. Kedatangan kita disambut dengan jembatan Suramadu yang megah jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura itu adalah penyebrangan baru, dulunya jika kamu ingin ke Madura kamu harus menggunakan jasa angkutan kapal ferry dari pelabuhan di Surabaya.



Gemerlap lampu Suramadu menambah kemegahan jembatan kebanggaan surabaya - madura, ah ...  sekitar 2 jam dari ampel menuju ke bangkalan. Perjalanan kita akhirnya sampai juga di Masjid kh Kholil  bangkalan masjidnya megah tak sama dengan 8 tahun lalu waktu saya mengunjungi makam mbah Kholil  yang bangunannya masih sederhana. Langsung saja Gus Bolang dan temen - temen ambil wudhu'  dan bergegas pergi ke makam mbah Kholil, Dzikir, tahlil dan doa sudah kita lakukan di makam mbah kholil - buat yang nitip doa ke gus bolang, gus bolang sudah laksanakan doanya gini ...."Yang jomlo moga cepet dapat jodoh " woiyyy aminkan Vroh vroh ....



Doa sudah di makam Mbah Kholil acara selanjutnya seperti biasa mengisi Space yang ada di perut hehehe alis shoping  dan mencicipi kuliner yang ada di sekitar makam mbah kholil. disini men  seninya berjalan bersama gus bolang, makan, makan dan makan, Tak sah lah kalau berkunjung ke suatu tempat kalau gak mencicipi kelezatan kulinernya dan membawah oleh oleh khas tempat yang kita singgahi. oke lanjut saja ini pengalam yg unik selama di bangkalan.

SATE DIMANA MANA

 




Namanya Madura gak dikatakan madura kalau gak ada sate khas pulau garam yang tenarnya sampai mengalahkan popularitas K-POP hahahahaah apa hubungannya gus ? tapi bener loh pas gus ke Jogya disana ada sate madura ke bali juga ada sate Madura. ya  sate madura di komplek makam mbah kholil kamu akan banyak menemukan pedagang sate mulai dari sate ayam, bebek dan sate kambing. Rasanya jangan dianggap remeh sumpah Deliciusss  daging panggang dengan baluran bumbu kacang plus kecap behhh  Nikmatnya bisa buat kamu nambah nambah terus. satu porsi harganya cuma Rp.10,000,- kamu sudah dapat 12 tusuk sate Madura.

ARIT KHAS MADURA DAN ANEKA BENDA TAJAM

 

Arit atau Lancor  adalah salah satu barang oleh - oleh yang unik bisa kamu temuka di bangkalan madura. banyak pedagang arit dan pisau yang menjualnya di parkiran kandaran, Dikit horor sich hahahaha bayangin benda tajam yang bahaya untung saja bukan senjata api ntar disangka black market hahaha, arit memang tak lepas dari budaya orang madura masih ingat lakon Pak Sakera ?. Senjatanya pakai arit bahkan arit sendiri dahulunya adalah senjata perjuangan rakyat madura melawan penjajah, jadi tak ada salahnya untuk membawa pulang sebilah pusaka khas madura nyampek rumah bisa buat nyabit rumput untuk pakan ternak heheheeh.

JAMU KUAT DAN TONGKAT SAKTI MADURA


 

Hahaha  ini pengalaman unik perjalanan gus bolang di pulau garam. Ceritanya gus dapat perintah dari ibuk untuk belikan jamu asam urat, konon ramuan madura emang tak kalah khasiatnya dengan jamu nyonya menier, pas gus tanya ke bapak yang menjual obat ehhh Gus malah di sodorin obat kuat tahan lama buat ehem ehem pasti kamu sudah paham bukan, sumpah sakit perut menahan tawa hahahaha.  Konon kata bapak yang jual obat kuat katanya kalau diminum sampek pagi masih jrenkkkk jrenk masalah harga cukup murah dari harga Rp.30.000,- sampai Rp.75.000,- dan semuanya herbal.

Bagaimana kamu tertarik dengan pulau garam ?. ayo kunjungi Madura dan temukan keunikan di pulau dengan julukan pulau garam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ZIARAH KE MAKAM MBAH KHOLIL DAN OLEH OLEH UNIK KHAS BANGKALAN"

Post a Comment