ZIARAH KE MAKAM ASMORO QONDI DAN UKIRAN INDAHNYA

Setelah berdoa dan puas istirahat di makam Sunan Drajad, perjalanan Gus Bolang dilanjut ke makam wali selanjutnya, masih di jalur pantai utara jalan raya karya Deandles. Kali ini kunjungan ke sunan Bonang tepatnya di Kabupaten Tuban, namun sebelum gus tiba di makam Sunan Bonang, travel menyarankan untuk berkunjung sejenak di makam Asmoro Qondi, saya hanya mengiya kan itung itung gratis satu destinasi wisata religi heheheheh ( kalo masalah gratis no 1 bro ).

Cungkup makam

Perjalanan kami disambut dengan gapura yang menandakan pintu masuk ke komplek makam Asmoro Qondi yang merupakan ayahanda dari sunan Ampel, di Gapura Pintu gerbang gus Bolang disambut dengan kata selamat datang seperti biasanya pintu gerbang di tempat wisata lainnya dan ungkapan jawa yang tertulis Sabar, Nerima, Ngalah, Loman, Akas, Temen ( sabar, nerima, mengalah, dermawan,keras, bersungguh-sungguh ). Yupss itu pesan moral pertama yang gus dapat dari makam wali Asmoro Qondi.

Pendopo kuno di kompek makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi


Papan Silsilah

Di komplek makam Asmoro qondi kalian akan menemukan apaaaa yaaaa.....? kalian akan menemukan bangunan masjid dengan ukiran - ukiran kayu jati yang bener bener Amajinkkk men  ukiran yang indah dengan lafadz alquran sebagai ornamen objek dari ukiran, selain itu piliar pilar yang indah juga menghiasi komplek makam Syaikh Asmoro Qondi, masuk ke kompleks makam ayahanda sunan Ample kita akan melihat nisan nisan keluarga Asmoro Qondi oh Ya di makam kamu akan melihat pendopo yang usianya entah mungkin sudah ratusan tahun, selain itu juga ada papan silsilah nasab Asmoro Qondi dan yang buat unik kalau kamu ada dimakan Asmoro qondi coba menghadap ke langit langit atap makan kamu akan melihat sendiri ukiran khas nusantara yang rumit dan indah, itulah uniknya makam Maulana Ibrahin Asmoro Qondi.

Gus Bolang selalu dikelilingi oleh bidadari .....ini yg buat joker iri Lho


Sekilas sejarah tentang Maulana Asmoro Qondi. Mungkin di internet sudah banyak sejarah yang mengulas tentang beliau. Sepintas aja Ya....... Maulana Ibrahin Asmoro Qondi beliau salah satu ulama' penyebar islam di jawa sekitar abad ke 14 Samarkad adalah tempat lahir Maulana Ibrahin Asmoro Qondi, bliau putra dari Sayyid Jamaludin Al Chusain yang nasabnya sampai ke Kanjeng Nabi Muhammad SAW , kalau putranya setau gus bolang adalah Sunan Ampel dan Raden Santri lebih lengkapnya kamu bisa tanya di Wikipedia heheheheh.

Masjid Maulana Asmoro Qondi dan ukiran Indahnya


Oke lanjut men .!!!!
 Di komplek makam Asmoro Qondi Gus bolang  hanya pergi ziarah saja kita tidak mengexplor kenikmatan kulinernya. Tapi gus yakin disana pasti ada kuliner khas tuban yang siapa saja memakannya pasti bilang Lejattt bin Lezat.  hanya butuh kembali lagi dilain waktu ke makam Maulana Malik Asmoro Qondi, Oke perjalanan Gus bolang dilanjut ke makam Sunan Bonang di Tuban kota Ronggolawe.
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "ZIARAH KE MAKAM ASMORO QONDI DAN UKIRAN INDAHNYA"

Post a Comment

Pasang Benner iklan