SILAT BUDAYA NUSANTARA YANG PATUT DILESTARIKA

Menurut IPSI ( Ikatan Pancak Silat Indonesia ) Silat merupakan budaya asli masyarakat Nusantara ( Indonesia )  yang merupakan bagian kebudayaaan bangsa Indonesia berkembang dari waktu ke waktu selain itu kondisi daerah juga berpengaruh besar terhadap gaya suatu silat dari daerah tertentu, pernah lihat sile' Minang yang gayanya condong sama garakan binatang dan masih banyak lagi silat silat di daerah daerah di Indonesia.


Pada awalnya Silat oleh lelehur kita sebagai salah satu cara untuk membela diri dari segala ancaman ataupun dalam perebutan suatu wilayah. Salah satu contoh kecilnya yaitu Majapahit Empire , sangat tidak mungkin kerajaaan Nusantara yang dulu menjadi kerajaan dengan kekuatan power itu tak menggunakan salah satu jenis seni bela diri, begitu juga dengan Demak bintoro, kasultanan Jogyakarta, dan bangsa bangsa lainyya.



Gus masih ingat dulu masih kecil di desa gus silat menjadi salah satu keharusan buat orang tua untuk mengikutkan anaknya di perguruan, sayang saja waktu itu gus emang krempeng bin lemot bin letoy jadi gus sering bolos heheheheheh .Waktu itu teradisi kuno masih dilestarikan seiring waktu mulai bergeser seiring perkembangan zaman, sangat jarang anak anak kecil pas malam minggu pergi ke perguruan unuk belajar seni beladiri (di desa gus nama silatnya bhebien ) ya itulah zaman kawan sudah banyak transformasi.


Lah  Mumpung saat ini bro ! ayo belajar bela diri dengan niatan untuk melestarikan budaya. Bukannya tak bangga dengan masukknya budaya asing seperti bela diri Karate dan sejenisnya malah dengan adanya beladiri dari negara lain itu enunjukkan negara kita welcome dengan budaya positif, tapi alangkah baiknya jika budaya kita sendiri tak kita abaikan.

Indonesia itu kaya ......................
hanya saja kita harus tau bagaimana menggunakan kekayaan tersebut.

( Gus Bolang ).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SILAT BUDAYA NUSANTARA YANG PATUT DILESTARIKA "