MENUNGGU SUBUH DI MASJID SUNAN GIRI

Setelah puas di alun - alun kota Pasuruan perjalanan gus bolang lanjut ke makan  sunan giri bliau adalah salah satu dari sembilan wali di tanah jawa lokasinya berada di desa giri kecamatan Kebomas Kabupaten Giri lokasinya berada di salah satu bukit yang ada di kota dengan ketangguhan semenya, so  jika kamu berkunjung ke makam sunan giri kamu harus menaklukkan anak tangga untuk menuju ke makam Sunan Giri.


 

Ayooo yang Jomlo mana ?

Jam digital saya menunjukkan pukul 03: 20 suasana di makam sunan giri waktu itu tak banyak peziarah hanya ada sekiar 5 bus mini yang mengantarkan para peziarah makam para wali tanah jawa, tokopun banyak yang tutup hanya ada sebagian yang buka menunggu para pembeli yang datang. Lantunan ayat suci Al Qur'an menggema di bumi gersik yang terkenal dengan kekokohan semennya itu, rombongan gus bolang sampai di kompleks makan sunan giri ahhh kamipun istirahat sejenak melepas penat perjalanan 3 jam dari Pasuruan ke Gersik yang cukup membuat kita gerah.
Ukiran tiang tiang masjid Sunan Giri


Rencana kita waktu itu berziarah ke makam sunan giri tetapi waktu itu makam sunan giri masih belum dibuka oleh pengurus makam sunan giri, alhasil karena waktu yang diberikan oleh travel kita waktu itu sangat terbatas akhirnya di makam sunan giri kita hanya sholat subuh saja, inilah bro resiko kalau pakai jasa travel lebih enak dengan cara solobackpacker tapi apa daya mumpung ini gratisan hehehehee. Suara azan mulai menggema di langit kota Gersik, dari rumah warga terdekat ibu ibuk yang sudah lanjut usia mulai berdatangan dengan mukenah putih bersih selain itu bapak bapak juga semangat mengunjungi masjid warisan sunan Giri meskipun mereka harus menaiki tangga dan juga banyak peziarah yang baru datang tampaknya mereka juga akan melakukan sholat shubuh di masjid peninggalan sunan giri ini.

Patung naga

 Masjid peninggalan Sunan Giri ini memang mengalami banyak renovasi dinding tembok masjid sekarang sudah menggunakan beton,tapi arsitek masjid sunan Giri tak banyak berubah dengan masjid kuno warisan sunan Giri yang didirikan oleh beliau pada tahun1544 Masehi. Tiang tiang yang penuh dengan ukiran dan arsitektur yang unik membuat siapa saja para jamaah yang berkunjung ke masjid tersebut akan betah berlama lama di dalam masjid meski hanya sekedar niat iktikaf dari masjid komplek makam sunan giri tak jauh dari sana.

Kue Pudak khas gersik


Ada yang unik di komplek makam Sunan Giri terutama di jalur keluar komplek makam Sunan Giri kamu akan melewati anak tangga yang lumayan buat olahraga pemanasan sebelum mengunjungi makam makam wali lainnya. Kiri kanan kamu hanya akan melihat makam makam yang  konon merupakan makam murid murid Sunan Giri, ada gapura yang mirip dengan gapura zaman majapahit dan ada dua patung naga yang mirip dengan mahluk mitologi hindu yaa kesannya eksotis lah. selepas dari anak tangga kamu akan disambut dengan pedagang yang menawarkan aneka jenis oleh oleh khas, ada satu yang menarik di hati saya namanya "Pudak" kuliner khas gersik ini mirip dengan dodol uniknya bungkusnya memakai pelepah daun jagung, kata si penjual agar pas gus bolang tanya kenapa harus dibungkus dengan kulit jagung ?, agar aroma dan cita rasa pudak tetap nikmat.

Setelah puas di makam Sunan Giri perjalanan gus bolang lanjut ke makam Maulana malik ibrahim. oke tetap di chanel gus bolang yaa.

 













komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MENUNGGU SUBUH DI MASJID SUNAN GIRI "

Post a Comment

Pasang Benner iklan