GOA BUTO JIRET MAS, SI BUTO DITENGAH BELANTARA BONDOWOSO

Yuk Melawan lupa, Gus bolang sekali lagi akan mengajak om om, tante tante, adik adik, mbak mbak dan mbah mbah semuanya se jagad nusantara khususnya warga Bondowoso selain Bondowoso juga tak apa apa untuk kenal lebih dekat peradaban yang banyak orang - orang belum tahu ( masih tempe ). Sebuah peradaban kuno yang pernah ada di kota tape, tepatnya mungkin saja pada zaman kerajaan kerajaan tempo dulu, mungkin kerajaan Majapahit, Blambangan , atau saja kerajaan sebelum majapahit dan Blambangan yang dulu pernah ada di Bondowoso ya bisa jadi ini peninggalan kerajaan Bondowoso kuno.



Oke lanjut petualangan gus bolang sama santri santri mbolangnya gus bolang yang super duper membahana se santoro nusantara heheheeh .Up, perjalanan kali ini kita mencari artefak entah kenapa perjalanan kita mencari sisa sisa artefak eithhh  kita bukan arkeolog ! satu kata yang tak pernah gus dan teman teman lupakan dari bapak kita Indonesia " JAS MERAH " alias jangan lupakan sejarah, dengan sejarah kita akan tahu kegemilangan peradaban nenek moyang kita sekaligus ini motivasi buat kita untuk terus berkarya buat negeri ini, ingat itu ya PETUAH Gus bolang, oke gus bolang sekarang akan mengajak kalian untuk dolan dolan ke situs goa buto di daerah jiret mas.

artefak disebelah utara goa buto jiret.

Bondowoso tak hanya kaya dengan Sumber Daya Alamnya yang melimpa selain itu Bondowoso juga kaya dengan warisan kebudayaan masa lampau yang saat ini bisa kita kunjungi hingga sekarang. Namanya goa buto jiret, banyak orang yang belum mengetahui keberadaan cagar budaya yang satu ini, maka dari itu gus bolang berkewajiban untuk share and save  situs sejarah ini tujannya simple saja ' agar masyarakat tahu dan tak lupa dengan sejarah bangsa ini. oke lanjut  lokasinya berada di Desa Jiret mas Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso, lokasinya berada di desa paling selatan kecamatan cermee yang kondisi alamnya berupa pegunungan, bukit bukit kecil , lembah dan jurang serta hutan yang lebat,lokasi goa buto berada di bawah lembah tapi tenang warga sudah membuatkan jalan setapak untuk para pengunjung yang ingin melihat goa buto.

Pasukan jomlo berani mati

RUTENYA

Bondowoso - Prajekan - Cerme ( Cari jalan menuju ke Desa jiret mas ) - Suling - Bajuran - Masegit - Jiret Mas. 

Tak sama dengan tempat wisata pada umumnya goa buto masih jarang pengunjung soo  disini kamu tak akan pernah menjumpai sampah sampah berkeliaran. Waktu itu cuaca sangat terik gus bolang with santri santri gus harus berjuang untuk menuju ke goa buto, dari kota Bondowoso butuh waktu sekitar 3 jam menuju ke situs budaya ini, sebagian akses jalan sudah beraspal namun masuk gapura jiret mas disana perjuanganmu di uji, jalan makadan terkadang aspal yang rusak harus kamu taklukkan, tapi tenang guyss  kiri kanan kamu akan melihat lembah yang eksotis dengan bebatuan yang sungguh buat mata kamu adem ayem melihat maha karya sang pencipta.

Lembah cantik yang mampu membiusmu


Lokasi goa buto tak jauh dari jalan hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mengunjungi goa buto dengan melewati jalan setapak dari cadas yang dibuat oleh warga. di situs goa buto kamu akan melihat goa buto, beberapa relief seperti bunga padma, orang bertapa ( sayang sudah dijarah sekarang ), gambar sapi, gajah, relief buto kecil dan sumber mata air yang konon merupakan tirta suci, melihat fungsi dari goa ini bisa dipastikan dulunya adalah salah satu situs pertapaan para pemeluk hindu, berbeda dengan situs goa sigember yang ada di sumber canting monggo baca  goa buto segember jejak peradaban hindu,  goa buto jiret mas bisa dibilang lengkap dengan sumber mata air sebagai tirta suci sebelum melakukan puja kepada sang hyang pikulun. konon masih banyak ertefak bersejarah yang tersebar di desa jiret mas menurt cerita warga sekitar banyak penemuan penemuan benda benda bersejarah dan cerita cerita turun temurun tentang desa jiret.

TIPS MENUJU KE GOA BUTO

Banyak jalan menuju roma betul kan saudara.
oke  tips menuju ke goa buto jiret mas. Jika kamu menggunakan angkutan umum dari terminal Bondowoso  ambil jurusan menuju ke Situbondo turunlah di pertigaan Widuri kecamatan Prajekan dari sana kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju ke desa Jiret mas, disini seninya bro .... kamu kudu bisa melakukan jurus tawar menawar sama  si abang ojek. namun kisaran biaya Rp.150.000,- untuk pulang pergi.

Bagaimana kamu tertarik satu hari menjadi Indiana Jones  di Bondowoso ? 
Yuk  Visit Bondowoso jangan lupa terus share  dan buat anak alay pelease jaga tempat ini untuk anak cucu kita kelak.















komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "GOA BUTO JIRET MAS, SI BUTO DITENGAH BELANTARA BONDOWOSO"

Post a Comment

Pasang Benner iklan