DARI ZIARAH KE MAKAM MBAH HAMID SAMPAI MENYICIPI KELEZATAN LONTONG KUPANG DI ALUN ALUN PASURUAN

Ahaaa ketemu lagi dengan saya Gus Bolang ...............
Kali ini gus bolang lagi jalan - jalan religi alias trip tobat heheheheeh biasanya kamu akan membaca postingan gus tentang keindahan alam baik berupa air terjun, lembah lembah cantik, pantai atau gunung sekarang Gus bolang akan dikit memberikan pencerahan buat kamu tentang trip religi gus bolang emmm saya beri nama Tobat Adventur Ziarah Adventure wali 5 hehehehe keren juga bro.



Warning tulisan ini masih anget se anget kupang lontong yang gus cicipi !

Makam KH.Hamid pasuruan


waktu itu saya jadi guide perjalana wali 5 ( maklum gratisan ) santri santri gus di Bondowoso adalah 40 anggota trip yang ikut waktu itu. Perjalanan Bondowoso ke barat ( emangnya nyari kitab suci ) maksud gus ke wali 5 emang bener melelahkan, bayangin saya kamu harus lewat di arak arak yang jalurnya muter muter ampun laghhhh dari Bondowoso kita start pukul 21:00 WIB singkat cerita sekitar jam 00:00 WIB kita sudah sampai di Pasuruan, pada awalnya men di mobil Elf yang dinaiki oleh saya gaduhnya bukan main , maklum rombongan gus bolang waktu ini anak anak SMA, tapi pas sampai di Pasuruan suara yang tadinya rame sekejap menjadi seperti kuburan  Saya yakin mereka pasti lapar !!!!. akhirnya kita putuskan untuk berhenti sejenak di alun alun kota Pasuruan sambil cari sarapan pengganjal perut sekalian ziarah ke makam Alm.mbah Hamid Pasuruan beliau adalah salah satu tokoh agama di kota Pasuruan .

kupang si mbok

Perjalanan dimulai disni ,,...............!
Waktu itu di belakag masjid agung Al-Anwar Pasuruan masih ramai peziarah yang melantunkan bacaan ayat suci di pusara makam Alm. KH.Hamid salah satu tokoh penyebar agama islam di kota pasuruan. Tak lupa kita juga mengaji di lokasi yang sama dengan jema'ah lainnya, tak terasa kita larut dalam lantunan ayat suci alquran dan Dzikir yang kami lantunkan doa tak lupa kita panjatkan kepada Tuhan untuk keselamatan dan ungkapan rasa syukur kepadan-Nya, usai 30 menit kita tinggalkan makam KH.Hamid tak terasa perut ini mulai kriuk kriukkkk  tampa di komando seperti tentara heheheheh  kita langsung nyerbu pedagang makanan yang sampai jam 00:30 WIB masih menjualkan dagangannya di depan masjid agung al Anwar.

cita rasa kelezatan kuliner nusantara

Gus Bolang masih ingat pesan Alm. Ayahanda kalau di daerah pasuruan terkenal dengan kelezatan makanan khasnya yaitu Kupang Lontong, maklum beliau sangat suka dengan kuliner sea food yang satu ini. Gus coba mencari keberadaan pedagang kuliner yang satu ini dan ada satu pedagang kupang lontong yang masih setia menunggu pembeli ganteng seperti saya heheheehe  tampa pikir panjang bro'  Mbah pesen satu porsi kupang lontong plus sate kerangnya ".

Kupang Lontong namanya ... kuliner ini bisa kamu jumpai di Pasuruan, kuliner sea food ini tergolong sangat unik meskipun penyajiannya sangat simpel. Yang buat unik men ! kupang itunya lho ,jenis kerang yang satu ini lebih kecil dari sebutir beras coba bayangkan bagaimana cara si mbok memisahkan cangkangnya ? usut punya usut ternyata ada cara tersendiri untuk memisahkan kulit cangkang kupang tersebut, kupang tersebut digodok nanti akan dengan sendirinya si kupang lepas dari cangkangnya, sajiannya juga simple bahannya hanya terdiri dari kupang plus lontong ditambah dengan bumbu petis yang memberikan kelezatan khas untuk kuliner yang satu ini, untuk masalah rasa kupang lontong pasuruan beeee jangan dianggap remeh rasanya delicius bisa buat kamu ketagihan untuk mencicipinya kembali.

Petualangan dimulai dari sini
Makan kupang lontong rasanya tak lengkap jika tak diberi menu tambahan ibarat peribahasa "4 sehat 5 sempurnya " (apa bener ini peribahasa yaa ). Sate Kerang namanya menu pelengkap kupang lontong selain itu perasan air jeruk juga satu menu yang tak boleh dilupakan ketika menyantap kupang aroma rasa jeruk yang segar membuat sajian lontong kupang yang lezat, untuk masalah harga kamu tak perlu takut , biasanya lontong kupang banyak dijual oleh pedagang kaki lima meskipun sebagian ada yang sudah menjualnya di rumah makan, kita sekarang bicara tentang si pedagang kaki lima yang menjajakan si lezat lontong kupang, untuk satu porsi kupang lontong harganya sekitar Rp.7000,- murah kan bro  kamu sudah bisa menikmati kelezatannya selain itu makanan inijuga bergizi bagi tubuh kita.

Bagaimana kamu tertarik ?
datanglah ke pasuruan !

Satu pesan dari gus bolang " kalau kamu jalan jalan ke daerah lain jangan hanya kunjungi wisata alamnya sajatapi kunjungi wisatas sejarah dan cicipi kelezatan kulinernya" Itu baru namanya jalan jalan.
























komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "DARI ZIARAH KE MAKAM MBAH HAMID SAMPAI MENYICIPI KELEZATAN LONTONG KUPANG DI ALUN ALUN PASURUAN"

Post a Comment

Pasang Benner iklan