BERKUNJUNG KE STONEHENGENYA BONDOWOSO, SITUS SOLOR

Berawal dari ketidak percayaan  dan rasa penasaran kita tentang situs batu susun solor
sehingga materi terkalahkan oleh niat dan nekad.

( Gus bolang ) 



Berkujung ke Stonehenge woww  sesuatu banget buat gus bolang begitu mendengar ajakan kang dedy, sumriyang  sekali tumben - tumben sohib saya yang selalu suplai duren buat gus ngajak liburan ke luar negeri. Wah jadi kepengen buat pasport dan booking pesawat hahahaha, tapi kok pas ditanya  gak usah repot repot  bawa pasport dan boking tiket genk karena stonenya masih ada di Bondowoso itu situs batu so'onan yang ada di desa solor kecamatan cermee itu yang akan kami kunjungi hari ini, heheheh elu pasti iri ya si gus jalan jalan keluar negeri hayooo tu kan ....kamu kurang piknik sich jadinya Baver tauk.


 
Putri Indonesia Dedywati lagi unjuk kekuatan hehehehe

oke guys ini real backpacker kalau sekarang, modal kita jalan jalan hari ini hanya Rp.16.000,- doank cukup lah untuk sak bensinan. Awalnya tak ada rencana jelas kita mau kemana soalnya kemaren kita sudah melakukan perjalanan yang sangat super duper menuju ke goa buto sigember, tapi dasar kang dedy yang selalu mendadak ngajak saya untuk jalan jalan keluyuran Bondowoso.

batu tempat khutbah hahaha
Jam menunjukkan 13;00 wib
Kita meninggalkan rumah tercinta sesuai rencana gus bolang dan kang dedy ingin mengunjungi situs batu so'onan ( Batu bersusun ) yang ada di kecamatan cermee tepetnya di desa solor. Kamipun tak banyak pikir tanjap gas poll, kira kira 30 menit kita sampai di prajekan ehh  ternyata si bolang sudah menunggu kita di pom bensin besuk yang lokasinya kira - kira 100 meter dari pabrik gula prajekan,  walah ternyata si kang dedy sudah janjian dengan si bolang kalau kita ingin berkunjug ke batu so'onan,padahal saya dikit kasian soalnya kemaren si bolang sudah tak ajak kita mengunjungi situs goa buto sigember pasti tenaganya sudah terkuras.

kendaraan si bolang mengalami troble rem belakang ancur..
Tampa pikir panjang kendaraan kita menuju ke kecamatan Cermee salah satu poin akses menuju  ke desa solor, perjalanan dari cerme ke solor butuh waktu sekitar 2 jam ada dua akses menuju ke desa solor kamu bisa lewat desa kladi atau lewat dusun jedding, tapi gus bolang saranin lewat dusun jedding saja selain jaraknya dekat kamu juga bisa menikmati pemandangan kanal sampean baru, sekitar jam 15 : 00 Wib kita sampai ke solor. satu pesan kita buat kamu yang ingin ke situs batu solor " cek terlebih dahulu kondisi sepedamu' pas waktu kesana ada insiden kecil ternyata sepeda si bolang remnya sempat bengkok kmungkin karena medan yang bisa dikatakan kesulitan tingkat dewa sehingga membuat si bolang extra hati hati karena rem belakang yang rusak.

Dalam perjalanan kamu nanti akan menemukan waduk yang biasa dibuat warga sebagai keperluan kehidupan sehari - hari mulai dari mandi sampai nyuci pakaian semua warga lakukan disini, sebenernya dikit miris karena warna airnya yang membiru bisa dikatakan kurang layak lah. Kamu akan melihat anjing peliharaan warga yang berkeliaran dijalan itung - itung sebagai obat penambah semangat menghadapi jalan yang rusak, sesekali anjing - anjing itu melolong entah mungkin menyambut kedatangan kita, selepas dari pedesaan kamu akan melihat lembah - lembah dengan bebatuan yag eksotis dari sana sudah menandakan bahwa solor stonehenge sudah dekat.

Berdiskusi bersama warga di warung dekat situs batu solor


Sepintas batu so'onan emang terjadi oleh proses alami seakan mustahil batu batu itu dijadikan sebagai benda cagar budaya megalitukum, meskipun gus bolang banyak membaca tentang sejarah batu solor dari beberapa arkeolog ternama yang banyak menafsirkan batu ini warisan kerajaan Madangkamula atau warisan raja nusantara aji saka. tapi pas gus bolang sedikit menanyakan informasi tentang batu ini ternyata tuhan benar memberikan petunjuk bagi perjalanan gus bolang waktu itu, pas tepat sekali gus bolang bisa mendapat informasi dari bapak kades solor sendiri --- hebat bukan oke sepintas ya dialog kita.
" Pak ....selain batu ini apa ada peninggalan yang  lainnya ?"
" Wah banyak dik sayangnya kamu waktunya sudah malam dik, coba datang lebih pagi pasti bapak antar dik"
" Apa saja pak situsnya ?"
" ada batu lingga, ada batu jabrik, batu pilar, dan batu kingkong'
" selain itu apa ada artefak warisan megalitiku, pak ?"
" ada dik di daerah barat batu ini ada bendusah, arca dan 12 kubur batu
Kami bertiga hanya bisa heran sambil terbengong, ternayata benar solor stone merupakan salah satu hunian masyarakat purba tempo dulu buktinya ada bendusah atau kubur batu di area yang tak jauh dari situs solor stone, foto yang diperlihatkan si bapak sudah membuat argument kita yang semula " Solor stone adalah proses alami".emmm  mamang mustahil ini buatan manusia bisa saja alam yang membuatnya. tapi coba saja bayangkan piramida di mesir, candi borobudur yang megah ...............ahhh  semua itu buat saya pusing dengan teka teki ini semua.

yuk kita piknik saja  ...................
Seperti yang gus paparkan dari awal batu solor adalah bebatuan padas yang menjulang tinggi ke atas dan di atas batu ada lagi bongkahan batu besar seakan batu yang dibawah menjadi topangan kuat buat batu diatasnya. selain batu so'onan ada juga batu yang mirip dengan tempat khutbah kamu bisa memanjatnya karena dan bisa melihat situs beto so'onan ( Batu susun )  dari atas mimbar bartu, dibawah batu mimbar ada lagi bagu yang tak kalah unik, gus bolang tidak tahu apa nama batu ini, yaa gus kasik nama saja ini batu putri, karena si putri Indonesia pernah berpose di batu ini hehehehe .

Jam sudah menunjukkan jam 17 :00 Wib di jam tangan kami artinya kami harus pulang dari tempat ini tak tega rasanya melihat si bolang dengan rem belakang yang rusak ditambah dengan jalan yang kita lewati tak ada yang mulus alias rusak semua, tapi ini masalah tekad Bro. Satu lagi pengalaman yang tak pernah kami lupakan Rp.16.000,- tampa camilan sedikitpun dan tak ada satupun dari kami yang membawa air mineral, untung saja di daerah batu susun solor banyak tumbuhan liar yang bisa kami makan hehehehe  rencana kita mau minta air di rumah penduduk tapi kami tak sampai hati selain lingkungan yang tandus air seakan menjadi barang langkah bagi mereka,so kami memilih menahan dahaga saja hehehehe.

Beautifull  Solor stonehenge


Tips dari kami. Jika kamu ingin mengunjungi sutus batu solor usahakan bener benar dengan persiapan yang sangat matang, mulai dari kondisi kendaraan, kondisi tubuh dan bekal makanan kamu harus benar - benar diperhitungkan secara matang matang.
Untuk menuju ke situs gunung so'onan jika kamu dari luar kota kamu bisa transit terlebih dahulu di terminal situbondo atau Bondowoso. jika kamu dari Situbondo ambillah jurusan yang menuju ke Bondowoso mintalah untuk diturunkan di pangkalan ojek widuri , dari sana bisa kamu lanjutkan dengan bantuan abang ojek unuk mengantarkanmu ke Sitsu solor, untuk kisaran ongkos perjalanan kamu bisa nego sendiri dengan abang ojek yang siap mengantarkanmu. 

jangan lupa di share kawan dan jangan kotori tempat yang indah ini.















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERKUNJUNG KE STONEHENGENYA BONDOWOSO, SITUS SOLOR"

Post a Comment