BATU UKIR KUDA, MISTERI DI BALIK AIR TERJUN POLO AGUNG

Lokasinya jauh dari perkotaan bisa dibilang masih di alam liar bumi Bondowoso, disana tak hanya ada keindahan alam yang patut kita banggakan, tak hanya ada keaneka ragaman flora dan fauna disana tapi dibalik itu juga terdapat salah satu peninggalan kebudayaan masa lampau. Ini tentang pesan misterius dari nenek moyang kita, isinya entah tak tau apa pesan dari mereka, masih butuh kajian kajian lebih dalam.

Situs batu gambar



Ini hanya jalan awal. buat kamu yang ingin menjelajahi dan mempelajari misteri terbesar di Bondowoso. !

Situs batu lessung dan penunggunya hhahaha


Awalnya informasinya Gus Bolang dapat dari situs sumber canting hanya dapat segelintir informasi dari warga setempat tentang situs situs peninggalan cagar budaya yang banyak tersebar di daerah desa sukorejo dan air terjun di atas air terjun polo agung. Bersama Partner mbolang bang ochyid si jomlo dari goa hantu, peaceeee abang- hari itu kita putuskan untuk mencari air terjun diatas polo agung , tampa pikir panjang Tanjap Gasss  dari daerah Sukosawah masih di kecamatan Sumber wringin, jalan terjal penuh dengan lumpur dan melewati perkebunan warga kami terjang dengan moter matic kita - berapa kali kita tanya kepada warga " pak di mana air terjun yang katanya diatas polo agung "  mereka hanya menjawab sudah dekat mas kamipun tak panjang mikir perjalanan harus dilanjut sampai di jembatan kecil terdengar suara air terjun  wahhhh gus sudah terdengar  sayapun semangat menuruni lereng yang bisa dibilang agak curam dan taraaaaaaaaaa  ternyata air terjun yang saya cari ternyata tetap si Polo agung , KITA DI PHP warga kadang tertawa ketika mengingatnya. 
Goretan yang mirip kuda
Perjalanan itu tak ingin sia sia kita sangat tak suka jika melakukan petualangan dan hasilnya nihil. Kami masih terus explor lebih jauh daerah sumber wringin seperti info yang gus dapat di daerah sumber canting di daerah polo agung ada batu yang di ukir dan batu lumbung, Oke  target kita batu itu, informasi kami cari di rumah penduduk dan beberapa warga yang baru pulang dari sawah dan jawabannya nihil  tak ada satupun warga yang tau dimana keberadaan batu ukir itu, oh ya  mungkin warga tak tau dengan batu ukir saya ingat satu kata kunci " BETO LESSONG" ( batu lessung ). satu orang melintas di depan kita terpaksa kita cegat heheheheh  kadang kita kayak begal begal seperti itu tapi begal hati heheheheh. Oke lanjut.
"pak dimana lokasi batu lessong ?"
" ini nak di depan kamu "
 walah ternyata lokasinya tak jauh dari tempat saya langsung saja kami menghampiri, bentuk batunya memang seperti lesung penumbuk padi tempo dulu. Baru dari batu lesung kata bapak yang memberi informasi dari dusun sumber canting lokasi batu ukir tepat ada di atasnya, dari pinggir jalan mamang ada tumpukan batu batu, itu target yang kita tuju kira kira sekitar 100 meter saja dari situs batu lessung.



Oke keberadaan batu ukir ini sama persis dengan gambar  gambar goa di daerah sumatra yang konon dibuat oleh bangsa ras mongoloid yang tinggal di goa goa. Namun untuk situs batu gambar di Bondowoso berbeda dengan situs di Sumatra disini hanya digores di batu batu saja, cara yang digunakan nenek moyang kita menggunakan cara cukil yaitu dengan metode menggores batu dengan benda tajam,.

Gambar di batu cadas itu bukanlah gambar biasa yang dibuat tampa makna. Gambar ini adalah cara mengekspresikan suasana hati atau pesan pesan tertentu, di situs batu ukir polo agung gambar batu disana berukir dua kuda ( ada yg bilang mirip anjing ,dan keledai ) selain itu banyak juga batu batu yang digores, goresan bentuknya dikit rumit sepintas mirip dengan aksara aksara caraka kuno  mirip dengan aksara sunda, ini hanya Hipotesa Gus saja.

keindahan alam menuju ke Polo Agung


Untuk mengunjugi situs menang tak ada papan penanda tapi di jalan utama ijen disana kamu akan menemukan papan cagar budaya disana lokasi jalan menuju ke polo agung, tepatnya di desa Sukorejo kecamatan Sumber wringin. Jika kamu tau akses masuk ke air terjun polo agung keberadaan situs batu gambar polo agung jaraknya sekitar 500 meter dari pintu masuk air terjun polo agung,jika kamu ingin kesana tanyalah dimana lokasi Batu Lessong dari batu lessong kamu harus melewati pematang kebun disana ada banyak batu batu yang berceceran di kebun warga, keberadaan batu gambar tepatnya di tengah kebun warga tepatnya di bawah pohon nangka sepintas mirip seperti tempat musyawarah ada beberapa betu yang mirip seperti tempat duduk.

Di Bondowoso masih banyak situs situs warisan nenek moyang kita, cobalah kamu Explor pasti kamu akan cinta kepada kota tape.













 


























Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BATU UKIR KUDA, MISTERI DI BALIK AIR TERJUN POLO AGUNG"

Post a Comment