NYICIPI IWAK BELALANG, KULINER EXTREME YANG HALAL

Aha .... ini buat kamu yang gak percaya kalau ada makanan unik bin extreme ini di Bondowoso, apakah itu sodara ? Iwak Belalang atau belalang goreng. ceritanya gini  pas saya pulang dari Bondowoso, ada paman saya yang dari prajekan memanggil saya.
  coeng ' aku bawakan kamu oleh oleh kesukaanmu .....
saya buka bingkisan plastik merah (maaf harga plasik rp.200 ) dan jrenkkkkk jrenkkkkkkkk. belalang goreng. waduh, sumpah dari kemaren saya kepengen kuliner unik yang satu ini, dan onde mande  akhirnya saya dapat menyantapnya, hati saya terharu " tuhan masih cinta sama saya " sumpah ini rejeki yang tak ada duanya.



Udang darat nama lain kuliner yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri, kata orang tua saya dan itupun terbukti secara ilmiah' kalau orang alergi protein tinggi dilarang makan belalang bisa bisa kulit kita nanti akan bentolan. ngomong masalah belalang emang mempunyai protein yang sangat tinggi, memang kuliner yang satu ini bisa dibilang dikit extreme atau dikit unik begitu saudara , tapi tenang masalah kehalalannya tak usah kamu ragukan buat kamu yang beragama islam dalam kitab suci alquran dijelaskan" belalang dan Bangkai Ikan itu halal jadi tak da salahnya untuk kita nikmati kelezatan hewan yang satu ini.



Masalah kandungan gizi " belalang " jangan diragukan lagi, tak kalah dengan sumber protein lainnya seperti daging sapi dan sejenisnya selain itu juga mengandung zat besi, vitamin, asam lemak esensial dan mineral . Kamu tahu belalang bisa memenuhi 25% sampai 30% kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita, jadi belalang juga bisa dan rekomendasi sebagai sumber bahan makanan alternatif atau sekedar dibuat camilan, teman kita diwaktu lagi santai.

Di Bondowoso tak sama dengan di daerah Gunung kidul sana, kalau di gunung kidul disana belalang hidup di jual di jalan jalan, tapi untuk di Bondowoso kamu bisa menangkap sendiri sepuasnya belalang belalang yang lezat ketika di goreng, tapi ingat harus pas pada musimnya. Musim yang baik untuk berburu belalang yaitu antara bulan Februari sampai bulan April atau pas  musim tanam jagung, biasa masyarakat Bondowoso menangkapnya pada malam hari dengan bantuan senter atau obor, istilah kerennya Nyulo. kegiatan Nyulo biasanya dilakukan secara berkelompok seru bukan ......

Belalang biasanya di oleh dengan  digoreng ada juga yang di buat rempeyek dan terkadang di buat belalang goreng bumbu rica rica yang pedas, enak bukan. Jika kamu tertarik dengan belalang goreng kamu bisa datang sendiri ke Bondowoso dan menangkap sendiri belalang Bondowoso, Ingat  ini di Bondowoso ya kawan.
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "NYICIPI IWAK BELALANG, KULINER EXTREME YANG HALAL"

Post a Comment

Pasang Benner iklan