MISTERI SIMBOL LOTUS DI SITUS CAGAR BUDAYA BONDOWOSO

Tak ada salahnya kita untuk berHipotesa sejenak untuk suatu hal yang kita anggap itu penting.


Kita tidak sendirian di Bondowoso ini, sebelum ada kota tape ini mungkin beribu tahun yang lalu kota ini juga ada suatu peradaban yang entah lah mungkin sekarang sudah punah, saya sebut saja itu Bondowoso Kuno. Situs Kodadak, Situs glingseran , situs kramat, dan beberapa situs lainnya yang tersebar di Bondowoso merupakan bukti otentik keberadaan peradaban maju sebelum kita saat ini.

Bicara tentang peradaban mungkin kita sudah tahu tentang zaman - zaman yang ada di nenek moyang kita, banyak para ilmuan arkeolog terkemuka menjelaskan tentang bagian bagian era mulai dari zaman batu sampai zaman perunggu hingga zaman modern. Namun kita harus garis bawahi kita mungkin harus sedikit membuat sederhana pembahasan kita, zaman ini kita bedakan menjadi dua yaitu terdiri dari zaman prasejarah atau zaman sejarah saja Simple toh. Diantara kedua zaman itu ada suatu masa dimana nenek moyang kita mengenal tentang sistem kepercayaan( Agama ), ya dimana mereka sudah mulai kenal dengan kepercayaan seperti animisme dan dinamisme dan sistem kepercayaan lainnya.
Baca Bondowoso peradaban tua di dunia
 
arca peninggalan megalitikum

Topik kita tentang simbol Lotus di beberapa situs cagar budaya di Bondowoso

 Sebelum kita melangkah lebih jauh mari kita cari tahu tentang filosofi bunga lotus atau dalam bahasa sanksekerta disebut dengan bunga padma. Jika ditinju dari latar spiritual bunga lotus mempunyai filosofi tersendiri bunga lotus mempunyai konotasi religius dan dianggap suci, dan sebagai salah satu pusat energi dalam diri kita yang disebut dengan chakra, lotus juga erat hubungannya dengan kesucian, pengetahuan, keindahan , spiritual, dan keabadian.

yuk kita jelajahi situs cagar budaya Bondowoso 

Bicara tentang bunga lotus tentunya tak lepas dari syimbol - syimbol religius yang pernah ada di bumi Bondowoso dengan simbol tersebut biasanya nenek moyang kita simbolkan untuk suatu eksistensi tentang adanya energi kuat yang mereka sembah. Perhatikan arca , menhir dan batu berukir yang kita temuka di beberapa situs purbakala di setiap kota, lantas apa tujuan nenek moyang kita membuat simbol simbol tersebut ? apa hanya sebagai hiasan atau makna makna tertentu. itu masih misteri dan PR bagi kita generasi penerus.

kita tengok lukisan- lukisan di situs goa buto yang ada di kecamatan cerme situs cagar budaya yang diperkirakan sebagai warisan peninggalan hindu di Bondowoso. Di situs goa buto terdapat lukisan dua buto, sapi yang merupakan hewan suci agama hindu, petapa dan bunga padma yang sekarang sudah rusak oleh kayu yang tumbang mungkin gambar gambar ini sudah sangat jelas apa tujuannya mungkin saja fungsinya sama dengan relief pada candi candi, karena kita tahu pada zaman ini nenek moyang kita sudah mengenal tantang agama namun bagaimana tentang simbol bunga padma ( lotus ) yang terdapat pada situ situ megalitikum di Bondowoso ?.

Mari kita melangkah ke dua situs yang ada simbol bunga padma di Bondowoso yaitu situs kodadak kecamatan maesan, situs pundem berundak salak kecamatan tapen, dan situs karan sengon kecamatan klabang dan masih banyak lagi situs di Bondowoso yang mungkin saja tak cukup banyak waktu untuk gus tulis di blog ini. Lantas untuk apa nenek moyang kita mengukirnya ? mungkin itu pertanyaan yang akan kita lontarkan ketika melihat lambang lotus di situs purbakala ini, jika kita kaitkan dengan agama hindu atau budha yang lahir jauh dari Bondowoso, apakah iya  telah terjadi migrasi besar - besaran ke kota tape sehingga para imigran membawa sistem kepercayaan baru ? ataukah ini hanya ide hasil ciptaan pemikiran nenek moyang kita ? ataukah pada zaman megalitukum nenek moyang kita sudah mengenal agama hindu atau budha ? ataukah juga kecerdasan ini mungkin dari makhluk lain yang berasal dari luar bumi dan mengajarkan sistem kepercayaan pada nenek moyang kita ? maybe .

Simbol simbol lotus pada beberapa tempat peninggalan megalitikum di Bondowoso kemungkinan besar adalah salah satu simbol yang erat kaitannya dengan sistem kepercayaan yang ada di Bondowoso kuno. Salah satunya Dolmen jika kita lihat dari fungsinya yang merupakan salah satu karya kebudayaan megalitk yang berfugsi sebagai altar persembahan ketika upacara, lantas apa hubungan dengan si bunga lotus ? sejak beribu - ribu tahun nenek moyang kita mungkin sudah mengenal akan adanya kekuatan supranatural dimana kekuatan tersebut mereka sembah sebagai salah satu pelindung dalam kehidupan mereka dengan kata lain simbol lotus dan arca - arca atau murthi  adalah media yang merujuk kepada citra penggambaran roh atau jiwa suci yang mereka puja saat itu, kita hanya bisa menerka nerka karena pada zaman itu kita tahu nenek moyang kita masih belum mengenal angka dan rangkaian kalimat, hanya barupa simbol simbol yang entah kita masih belum bisa menerjemahkan pesan mereka dan butuh waktu yang tak sedikit untuk merangkai pesan nenek moyang kepada kita, sekali lagi ini hanya misteri  silahkan saja jika kamu menganggap ini penting mari kita kaji kembali, teliti sambil minum secangkir kopi namun jika  tak merasa penting mungkin anda bisa membaca blog ini dengan secangkir kopi saja.



 




 
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MISTERI SIMBOL LOTUS DI SITUS CAGAR BUDAYA BONDOWOSO"

Post a Comment

Pasang Benner iklan