JUBEDE, KULINER UNIK KHAS MADURA YANG MASIH BELUM BANYAK ORANG TAHU

Madura memang menyimpan berbagai pesona keindahannya yang siapa saja mengunjunginya akan terkagum - kagum inilah pulau yang terkenal dengan julukan pulau garam. Keindahan alamnya, Kulture budaya, dan yang paling unik kulinernya membuat kamu ingat cepat mengunjungi pulau garam ini, meskipun suhu disana bisa terbilang panas tapi ada yang unik di pulau garam Madura.



Aha ...... sekarang kita bahas satu kuliner maklum dari kemaren - kemaren gus bolang  hanya membahas tentang keindahan destinasi alam yang ada di pulau jawa, sekarang gus akan dikit memberikan pencerahan mengenai salah satu kuliner unik yang ada di pulau madura. Dibilang unik ya karena emang kuliner ini satu satunya hanya ada di Madura, namanya Jubede . what its jubede ? jubede sejenis camilan rasanya manis dibuat dari sisa proses pembuatan gula aren dicampur dengan tepung sehingga menghasilkan rasanya manis semanis kamu yang baca ( kalau kamu cewek ) bentuknya imut imut seperti kamu juga, yang unik dari camilan ini camilannya bentuknya kecil sekitar telunjuk jari, diikat pakai pelepah daun aren sebagai talinya. 



Bayangin aja bentuknya kecil seperti telunjuk jari dan diikat dengan pelepah daun aren yang dibuat talinya ?

Masalah harga masih bisa dibilang dengan harga pro rakyat dengan harga Rp.2000,-  kamu sudah dapat menikmati tiga bungkus camilan ini, isi perbungkus biasanya sekitar 4 biji jubede. ehhh  ada yang unik lagi tentang camilan ini, gus bolang  sering keluyuran tanah madura, setelah tanya tanya sama orang madura khususnya yang muda mudi tantang camilan yang satu ini ternyata mereka banyak yang belum tahu kuliner unik khas madura yang satu ini, maklum lah setiap daerah di Madura mempunyai tradisi yang berbeda beda, logat bicarapun sangat berbeda, kembali lagi tentang masalah camilan yang satu ini. jika kamu berminat untuk mencicipi kuliner yang satu ini langkah pertama yang harus kamu lakukan ya mengunjungi tanah madura karena kuliner ini hanya dijual di sana tapi tak semua wilayah kabupaten di Madura menjualnya kamu masih harus berkunjung ke kecamatan madura paling timur yaitu Sumenep  disana kamu bisa membelinya jika kamu kesulitan untuk mendapatkannya pergila ke pasar Kapedi yang tak jauh dari kota sumenep.



Bagaimaan kawan Madura tak hanya terkenal dengan asinnya garamnya, Madura juga manis dengan kelezatan jubedenya,


komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "JUBEDE, KULINER UNIK KHAS MADURA YANG MASIH BELUM BANYAK ORANG TAHU"

Post a Comment

Pasang Benner iklan