GOLDEN SUNSET DI PELABIUHAN PENARUKAN

 Mendengar kata penarukan mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita, yuk Gus bolang akan ajak kamu kembali ke masa lampau ketika masih unyu unyu di Bangku SD, masih ingat pelajaran IPS gak ? kalau ingat tentunya kamu juga ingat dengan kata Anyer - Penarukan. Jalan yang dibuat oleh tangan diktator Deandles, sebuah pengorbanan rakyat Indonesia ketika masih dijajah oleh bangsa asing, makanya jika kamu ke surabaya lewat jalan Penarukan kudu banyak bersyukur dan mendoakan beribu rakyat indonesia yang sudah membuatkan jalan sehingga sekarang kita bisa melintasinya. Rekomended



Sekarang kita fokus pada destinasi wisata yang gus berikan yaitu Keindahan pelabuhan penarukan. Penarukan dari jaman Majapahit sudah menjadi salah satu dermaga terkemuka kira kita pada tahun 1359 Masehi Raja Hayam wuruk pernah singgah di pelabuhan penarukan ,namun pada tahun 1890 George Birnie mendirikan bandar ini dengan nama Maactschappij Penaroekan, sempat manjadi pusat perdagangan dan niaga internasional pas jaya jayanya VOC, sampai saat ini masih ada sisa sisa bangunan sejarah yang menjadi saksi bisu sejarah kelam penarukan, ada gudang tua di kantor syahbandar, marcusuar, dan juga ada tugu peninggalan portugis di penarukan, seiring berjalanannya waktu pelabuhan penarukan terus berbenah meski sekarang ketika kita mengunjunginya tak akan menemukan kapal kapal besar yang berlabuh, namun infrastruktur penarukan terus memoles kembali kejayaannya.

joran kesayangan

Bicara penarukan lagi, ada satu tempat yang bener bener indah disini yaitu dermaga pelabuhan penarukan tepatnya di sebelah selatan dermaga lama penarukan di tempat itu kamu bisa melihat langsung golden sunset tak perlu ke sikunir untuk menyaksikannya di Situbondo juga ada. Pesona matahari pelabuhan Penarukan (Narokan ) benar - benar membuat mata kita kagum akan kekuasaan tuhan, tak hanya matahari terbenam yang bisa kamu nikmati di tempat ini, gunung ringgit dan bukit pecarron menjadi tambahan tersendiri yang diberikan oleh alam kepada kita. selain menikmati keindahan alamnya kamu bisa melakukan berberapa aktifitas diantaranya Mancing ikannya lumayan besar kalau kamu lagi beruntung ya kalau gak beruntung harap sabar dan coba lagi hheheeheh biasanya sebelum matahari terbenam banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini, ada yang hanya Nongkrong dan mancing ikan semua bisa kita lakukan disini.
Kakap merah vs mangla


Masalah Sejarah jika kamu ke pelabuhan  penarukan kamu bisa mempelajari sejarah tentang pelabuhan ini. Ada banyak peninggalan sejarah yang saat ini bisa kamu nikmati dari stasiun penarukan, gudang gudang kuno, bangunan kuno, dermaga lama, sampai situs makam Bujuk lanceng semua ada di sini. kalau ngomong masalah kuliner jangan ditanya bro penarukan surga seafood andalannya yaitu ikan bakar mulai dari kakap sampai ikan tuna segar bisa kamu nikmati langsung disini, harganyapu bisa dibilang standart kisaran harga Rp.15.000 sampai Rp.25.000 tergantung jenis ikannya, dan yang buat kamu kembali lagi sambal petis khas pesisir siap menggoda imanmu bro ........Gus aja ketagihan.

eks gudang kono

Untuk ke penaruka dari terminal situbondo kamu bisa mengguakan jasa angkutan umum jurusan penarukan - besuki ongkosnya hanya sekitar Rp.5000, dan jika kamu dari surabaya ambillah jurusan situbondo dan mintalah diberhentikan di dermaga penarukan. Untuk ongkos masuk dermaga kamu hanya mengeluarkan uang Rp.2000,- untuk pengendra roda dua, untuk mobil harganya Rp.4000,- sangat ekonimi bukan bisalah sebagai rujukan wisata akhir pekan.
jangan lupa banyak banyak kunjungi blog gus ya biar hidupmu Varokah.
















Maactschappij Panaroekan

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Maactschappij Panaroekan

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Maactschappij Panaroekan

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Maactschappij Panaroekan

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "GOLDEN SUNSET DI PELABIUHAN PENARUKAN"

Post a Comment

Pasang Benner iklan