SATU HARI TERDAMPAR DI PULAU KECEBONG


Air laut yang jernih

 Menyusuri alam Indonesia memang sangat apa lagi menjajal keindahan lautannya, Ya tentunya tak akan ada usainya maklum saja ada lebih 1000 pulau yang banyak tersebar di Indonesia.  Ya iyalah Indonesia  merupakan salah satu negara maritim, masih ingat nenek moyang kita adalah seorang pelaut, kali ini tentang sebuah pulau yang katanya info yang saya dapat pulau satu ini  mirip dengan kecebong raksasa yang berenang bebas di selat madura sama tuh seperti bule - bule yang doyan berenang di lautan Indonesia , saya pun penasaran dengan pulau yang satu ini namanya pulau gili atau pulau gili ketapang, tampa pikir panjang Mbah Google map beraksi dengan sedikit jampi jampi " Pulau gili ketapang - probolinggo - Jawa timur " dan Spontan mbah yang cerdas langsung memberi tahu lokasi yang hendak saya tuju dan sunggu indah dari citra satelit Pulau gili ketapang benar benar mirip dengan kecebong raksasa yang berenang dengan senang hati di selat madura.
matahari terbit di sisi timur

 Di agenda mini yang biasa saya bawa kemana saya pergi, saya agendakan Pulau Gili Ketapang  destinasi yang wajib saya kunjungi, memang sedikit aneh nama ketapang hampir mirip dengan pelabuhan kapal laut Banyuwangi tapi abaikan tujuan kita bukan kesana. Malam jumat sekitar jam 01:00 WIB pagi dengan wajah polos saya nebeng jamaah pengajian asal Probolinggo yang biasanya mereka datang ke pengajian di rumah saya, lumayan lah itung- itung dapat tumpangan gratis.
" pak saya turunkan di dermaga tembaga ya pak !"
" memang gus mau kemana ?"
" ini pak saya pengen tau gili ketapang"
" Ohhhhhhh......mau ke gili ?'
" iya pak  ke pulau gili"
" wah gus pulau gili konon bisa berpindah gus, bergeser seperti gilinya berenang gitu, dulu gili itu dekat dengan daratan tapi semakin hari semakin menjauh"
" wah keren pak"
" iya gus "

Nasi merah khas gili

jam 4 pagi saya tiba di pelabuhan tanjung perjalana  Bondowoso - Probolinggo tak terasa seperti berlayar di dunia mimpi saja. Pak supir yang mengantarkan saya hanya mengantar di pintu gerbang pelabuhan saya pun harus berjalan beberapa meter dari gerbang menuju ke dermaga, tak seperti dermaga modern tak ada karcis dan hanya ada kapal kayu yang siap mengantaran saya ke pulau tujuan saya, ongkos ke pulau relatif murah bagi seorang backpacker hanya Rp.6000,- waktu itu, perjalanan saya hanya sekitar 30 menit ke pulau gili maklum cuaca waktu itu sangat mendukung 30 menit saya di lautan dengan penumpang yang sangat fulll akhirnya saya bisa mengirup udara segar di pelauhan gili ketapang.
bertemu sahabat baru


Di pintu gerbang ke Pulau tertulis jelas " SELAMAT DATANG DI PULAU GILI" yess misi pertama sukses tinggal misi selanjutnya Bertahan di Pulau gili. Cauaca panas dan tak ada satupun penduduk yang saya kenal ditambah nanti malam saya harus bermalam di mana ? sangat tidak mungkin saya harus menyewah satu rumah uang di dompet saya hanya Rp.200.000,- hati saya hanya berkata " Apa kata nanti".

Petilasan goa kucing
Pemandangan alam di pulau gili tak semuanya bagus maklum disini banyak perkampungan nelayan, sampah yang berserakan, kambing yang bebas berkeliaran dan terik matahari yang sangat panas ya  itulah gili ketapang tapi ingat tuhan masih adil untuk menyisahkan keindahan alamnya untuk kita, di sbelah timur ada petilasan goa kucing , dan kalau pagi hari kamu disini kamu bisa melihat Sunris yang membuatmu betah di pulau kecil ini, di sebelah barat juga ada tanjung cinta katanya temen temen yang pernah ke sana menjuluki dengan "tanjung love" spot yang paling cocok untuk menikmati Sunset.



Matahiri sudah terbenam di ufuk barat suara azan juga berkumandang di majid waktu itu. Petilasan goa kucing tempat terakhir yang aku pilih sebagai hotel gratis di pulau gilli karna disana tersedia penginapan yang disediakan kepada para peziarah. Oh Iya di pulau gili penduduknya rata - rata pakai bahasa madura sebagian bisa jawa itupun penduduk pendatang yang mencari ikan di perairan gili, tapi kamu tak perlu khawatir masyarakat bisa bahasa Indonesia, kuliner pulau gili adalah Rujak gobet khas madura waktu saya berkunjung ke sana penjual nasi hanya ada di dermaga saja itupun pagi yang buka tapi bagi kamu pecinta sea food pulau ini saya rekomendasikan untuk kamu konjungi karena ikan disini sangat murah murah beli sepuluh ribupun sudah banyak.

Mnunggu matahari terbenam di tanjung love si ekor kecebong


Ya ini petualangan saya di pulau kecebong, waktu saya tak banyak di pulau ini saya harus kembali ke habitat dimana saya berasal karna  saya masih rindu dengan kasur empuk di rumah saya. Gili Ketapang ini adventure paling menyenangkan bagi kehidupan saya dan saya ucapkan banyak terima kasih pada Ibu Yanti yang membantu saya di pulau gili dan mas Budi yang menemani saya di penginapan.

gili ketapang si kecebong yang berenang bebas di tengah keindahan selat Madura.
















komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "SATU HARI TERDAMPAR DI PULAU KECEBONG"

Post a Comment

Pasang Benner iklan