MENCOBA KERENYAHAN KERIPIK KERUT,BONDOWOSO

Bicara tentang Bondowoso tentunya tak lepas dari singkong maklum saja Bondowoso merupakan  kota dengan julukan kota tape dan singkonglah yang menjadi bahan utama pembuatan tape khas Bondowoso yang terkenal sampai ke Eropah disana. Namu Bondowoso sendiri tak hanya identik dengan tape yang terkelan manis itu ada juga camilan daerah yang saat ini masih ada di tengah modernisasi zaman yang serba moderent ( tumbennn artikel saya dikit nyambung ya ) namanya keripi serut atau keripik rendam bahasa daerahya keripik bek'gheh. 




Keripk rendam  sendri berbeda dengan keripik goreng pada umumnya ada proses pengolahan yang berbeda dengan keripik singkong goreng. keripik kerut prosesnya dimulai dari pengupasan singkong pilihan dan perajangan dengan ketebalan sekitar 2 mm, jika keripik seperti biasanya langsung di goreng untuk keripik yang satu ini masih dalam tahap pengukusan atau direbus dalam proses ini butuh keahlian khusus dari si empu yang mengelolah keripik yang satu ini, ada rahasia tersendiri - kuncinya terletak pada lama proses pengukusan yang setengah matang. sesudah proses tersebut berlangsung masih belum selesai ada dua proses yang harus dilakukan yaitu merendam hasil kukusan singkong ke dalam air bersih yang dicampur garam dan kapur sirih selama kurang lebih 3 hari dan setiap hari air harus terus diganti kemudian baru proses terakhir yaitu proses penjemuran.
Rasa keripik yang satu ini berbeda dengan keripk singkong yang lansgung di goreng, kata temen saya keripik kerut rasanya seperti singkong rasa gadung. Rasa itu diperoleh dari proses yang panjang dan masalah rasa tak perlu diragukan lagi keripi yang satu ini lebih nikmat dan tekstur keripiknya putih bersih.


Untuk di Bondowoso sendiri kalian tak perlu khawatir untuk menemukan keripik yang satu ini di Bondowoso sepanjang jalan menuju alun - alun Bondowoso banyak toko oleh oleh yang menjual keripi satu ini dan di sepanjang jalan pecinan juga banyak yang menjual camilan ini,harganyapun tak mahal untuk satu bungkus keripik dengan berat 1 ons harganya sekitar Rp.5000 tergantung dari rasa yang menjadi penambah kelezatan kuliner yang satu ini. Namun jika kamu ingin membeli keripik mentah datanglah ke Sumber Wringin , Sempol ,Maesan, dan banyak lagi wilayah Bondowoso yang menghasilkan camilan tradisional lezat ini harganyapun mulai dari Rp.10000 per kg. bagaimana kamu minat untuk mencobanya datanglah ke Bondowoso.





komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "MENCOBA KERENYAHAN KERIPIK KERUT,BONDOWOSO"

Post a Comment

Pasang Benner iklan