BONDOWOSO PERADABAN TUA DI DUNIA




 SELAMAT DATANG DI KOTA 1001 MEGALITIKUM BONDOWOSO
SELAMAT DATANG DI KOTA TAPE BONDOWOSO
WALCOME TO BONDOWOSO CITY


“Jasmerah” mungkin kamu tak asing dengan kata tersebut yang artinya jangan lupa sejarah. Kata itu saya sudah lama mendengarnya ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar guru saya sering berkata “Anak anak ingat Jasmerah” kata yang tak asing di pelajaran IPS kira – kira waktu itu saya masih mencicipi kenikmatan kurikulum 94 ya ini sejarah perkembangan pendidikan di Negara kita kembali lagi kepada jasmerah istilah ini konon menurut sejarah Pak Karno lah yang pertamakali mengucapkan etttttt  tahan dulu gus mau nanya ‘Siapa sich Pak Karno itu ” kalau kamu orang Indonesia pasti kamu tau bliau, bliau adalah presiden pertama bangsa ini.

dolmen situs dawuhan

Kembali lagi ke jasmerah alias jangan lupa sejarah, suatu bangsa yang hebat adalah bangsa yang tak pernah melupakan sejarahnya. Mungkin kamu juga setuju dengan pendapat saya, sejarah memang sangat penting itu melambangkan identitas suatu bangsa (gue kesambet dimana tumben sangat formal postingan saya) dilanjutkan maaf intermizo pemirsa. Jika kita mengenal sejarah kita pasti akan tumbuh jiwa nasionalisme dan tentunya dengan generasi yang mencintai tanah airnya sendiri.
Biar kamu gak kepo mari kita sekarang flash back  kemasa lampau masa dimana kita semua belum terlahir ke dunia  Tunggu dulu ,,,,Monnnn Monnn doraemon Pinjem mesin waktunya yaa. Ayo kota melawan lupa sekarang kita berlibur ke waktu zaman megalitikum tepatnya di zaman sebelum masehi alias bisa disebutkan nabi Isa almasih masih belum terlahir di dunia.

Arca situs karang sengon Klabang

Gus bolang yang ganteng akan sedikit memperkenalkan situs peradaban kuno Bondowoso . kalau boleh ber hipotesa Bondowoso itu ya  kota kuno dengan peradaban maju sebelum adanya kerajaan besar di tanah Nusantara ini siapa lagi klo bukan kerajaan majapahit dll (monggo buka lagi buku sejarahnya kawan )kamu masih gak percaya “ayo gus ajak wisata edukasi kita meneliti situs megalitikum” sekali kali kayak si om Indiana Jones bin Jomlo ngenes heheheheh.

Sarkofagus situs glingseran Wringin

Untuk arti megalitikum kamu bisa tanya langsung kepada mbah google monggo sebelum bliau masih belum pikun. Bondowoso sendiri merupakan salah satu kota yang mempunyai peninggalan megalitikum terbanyak di Jawa Timur data yang gus terima dari Dinas pariwista ada sekitar 1123 benda cagar budaya dan semua itu telah terdaftar di museum tronwulan dan itu masih belum finals masih banyak lagi benda cagar budaya yang masih dalam tahap penelitian.
Punden berundak

Penyebaran benda megalitikum di Bondowoso hampir menyeluruh di setiap daerah Bondowoso, nenek moiyang kita dulu seakan membentuk suatu kerajaan peradaban kuno di dunia ini peninggalannya berupa bangunan bangunan monumen karena pada saat itu masih zaman megalitikum ya tentunya masih terbuat dari batu. Situs situs kuno tersbut tersebar di bebarapa daerah di Bondowoso mulai dari situs tanah bulan di kecamatan maesan, situs pekauman kecamatan grujugan, situs glingsseran, situs gunung koong situs blue film  ehhh soryy gak ada situs itu ya, semua tersebar di Bondowoso bangunan peninggalannya yang sampai saat ini masih bisa kamu temukan ada yang berupa arca, menhir, sarkofagus, kubur batu, pundem berundak, dan batu kenong yang konon dulu digunakan sebagai alat musik waktu zaman batu, saya jadi berfikir “paling dulu sendok dan garpu masih menggunakan batu ya´hahahahahaah.

Bekal Kubur

Tak hanya peninggalan berupa batu batu yang bisa kamu temukan di Bondowoso disani kamu juga bisa menemukan peninggalan berupa kerajinan nenek moyang kita kerajinannya masih berupa manik manik, guci, dan ada juga kerajinan zaman sejarah yang berupa keris dan tombak. Semua itu ada di kota saya Bondowoso dan bisa kamu temukan di Bondowoso untuk informasi yang detail bisa kamu kunjugi pusat informasi wisata Bondowoso di Dinas Pariwisata Bondowoso.

Dari bukti sejarah ini kita tak apalah untuk sedikit berHipotesa Bondowoso itu kota dengan peradaban tertua di jawa timur meskipun masih belum ada yang menemukan jazad manusia purba yang mendiami Bondowoso kita yakin masih ada mistri besar di kota tape ini tinggal datangkan saja peneliti untuk menindak lanjutkan keberadaan situs zaman prasejarah. Bagaimana kamu tertarik menjelajahi kearifan budaya kita sesekali saja cobalah menjadi seorang arkeolog seperti Om Indiana Jones dan temukan harta karun di kota Bondowoso kota tepe, kota megalitikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BONDOWOSO PERADABAN TUA DI DUNIA"

Post a Comment