5 MAKANAN UNIK DI BONDOWOSO, KAMU BERANI MENCICIPI ?

Bicara tentang kuliner tak akan ada habisnya, sejak zaman dahulu makanan identik sebagai salah satu bahan pangan kebutuhan primer sejak zaman batu nenek moyang kita yang bertahan hidup dengan alam tentu jika berinteraksi dengan alam mereka tak akan pernah lepas dari makanan. Yaa Mungkin ini yang saya sebut dengan Teori Asal Usul kuliner . Hahahahaha Ngacokk bro, lanjut dengan tema yang tadi intinya dari zaman nenek moyang kita kuliner itu adalah satu hal yang penting.

Keaneka ragaman kuliner di Indonesia menjadi salah satu ciri khas tersendiri di setiap daerah. Keaneka ragaman kuliner dipadu dengan bumbu - bumbu pilihan akhirnya menjadi kuliner khas daerah itu sendiri termasuk di kotaku Bondowoso, ada bebrapa jenis kuliner yang ada di kota tape khususnya di daerah daerah pinggiran dan kulinernya tergolong unik bisa juga extreme ,tapi tak se seram di Tomohon, kamu berani mencobanya?.

Belalang Goreng

Sumber : Makanajib.com

Yang pertama belalang tempur goreng, tak hanya di gunung kidul saja yang ada belalang tempur di Bondowoso juga hewan yang satu ini juga di santap biasanya masyarak Bondowoso di sebagian tertentu menyebutnya dengan "Udang darat" entah mungkin rasanya yang seperti udang tapi sumpah ini enak. Mungkin sebagian orang ada yang tak terbiasa dengan makanan ini, biasanya bagi yang tak terbiasa memakannya akan terkena alergi, hal itu sangat wajar karena protein belalang yang sangat tinggi, Oh ya untuk menyantap kuliner ini datanglah ke Bondowoso ketika musim singkong dan jagung nmun tak semua daerah yang bisa kamu temui kuliner ini ada sebagian daerah di Bondowoso yang biasanya menyantap makanan yang lezat ini diantaranya di Kecamatan Taman krocok, Kecamatan Botolinggo, Kecamatan Pajekan tapi besar kemugkinan kecamatan lain juga senang menyantap hewan yang satu ini, harga belalang satu botol 1 liter sekitar Rp. 25.000.

Sate keong emas dan Siput

Photo : by Google
 Siapa yang tak tau dengan hama yang satu ini ulahnya kerap kali membuat jengkel para petani "keong emas " yaa itulah namanya keong emas biasa orang Bondowoso menyebutnya dengan Ko'ol siput yang satu ini memang sangat lezat dan saudaranya lagi Bekicot kedua siput ini banyak di jajahkan di kota Kediri, pertama saya mencicipi kuliner yang satu ini pas ngeBolang ke Lumajang saya waktu itu penasaran dengan "Sate obat 02 " Alamak... pas dicicipi ternyata sate Siput, sumpah rasanya gimana gitu.
Biasanya orang Bondowoso senang menyantap si keong emas meski hama tapi juga bermanfaat bagi ketahanan pangan. Olahan yang biasa di sajikan Sate keong emas, keong mas oseng- oseng, sampai keong emas jangan temu kunci. untuk daerah di Bondowoso yang sering menyantap hewan yang satu ini hampir di setiap wilayah Bondowoso kecuali pegunungan yang senang menyantap keong emas, Kamu tau rasanya seperti apa ? ....pengen tau coba saja sendiri di Bondowoso.

Laron goreng,Yumiiiii

Photo : Lisa

Namanya laron hewan yang satu ini hanya ada ketika musim hujan biasanya ketika curah hujan lagi besar besarnya di Bondowoso malam malam hewan ini keluar dari sarangnya dan mencari cahaya dari lampu lampu di rumah.  Olahan ini  biasa di sebut dengan jhejjheleng biasanya di goreng dengan bumbu sederhana garam dan penyedap rasa terkadang ada juga yang di buat rempeyek seperti di Gunung kidul. di Bondowoso hampir disetiap wilayah menyantap kenikmatan hewan ini, kamu orang Bondowoso pasti pernah nyicipi juga bukan ?.
  

Tanoker  goreng 

Foto ; mbak intan 
Mungkin kamu butuh nyali untuk mencoba jajan yang satu ini tanoker namanya atau kepompong ulat biasanya ulat yang di pilih adalah ulat kayu jati bukan sembarang ulat bagaimana berani mencobanya ?. olahan kepompong jati ini sama dengan olahan belalang goreng sederhana hanya garam dan penyedap rasa terkadang juga di baluri dengan tepung bumbu, untuk mencicipi kuliner yang satu ini kamu harus datang ke Bondowoso pas bulan januari - februari  datanglah ke hutan jati dan biasanya kamu akan bertemu masyarakat yang mencari kuliner unik satu ini.
Untuk daerah di Bondowoso yang biasa menyantap kuliner unik ini di daerah kecamatan Taman Krocok dan daerah yang banyak ditumbuhi pohon jati.

Tawon ndas goreng sampai Pepes tawon ndas

Photo By Google
Makanan yang satu ini selain extrreme juga butuh perjuangan untuk menganbilnya, kamu salah langkah maka siap siap disengat ratusan tawon ndas. larva dan tawonnya biasanya digoreng bersama sama rasanya larva tawon ndas yang besarnya sekitar jari manis dan ratusan tawon yang renyah rasanya sangat nikmat, ada teknik untuk mengambilnya ini pengalaman saya di rumah teman saya, hari itu kita mau mengambil sarang tawon dan cara unik dengan membius tawon dengan menymbat lubang tawon dengan kapas dan Bensin beberapa menit kemudian ratusan tawon akan pingsan dan saat itu juga kesempatan kita untuk mengambil sarangnya.
Kuliner yang satu ini bisa dibilang agak sulit untuk mendapatkannya karena belum tentu di setiap tempat ada tawon jenis ini. Namun jika kamu penasaran dengan kuliner ini datanglah ke Bondowoso dan cobalah Botok tawon madu yang biasanya setiap jumat manis di jual di Alun-alum Bondowoso pas waktu pagi hari.

Bagaimana unik bukan!. berani untuk mencobanya datanglah ke Bondowoso, ini hanya sebagian aneka kekayaan kuliner di kota kami.






komen fb
Comments
0 Comments

0 Response to "5 MAKANAN UNIK DI BONDOWOSO, KAMU BERANI MENCICIPI ?"

Post a Comment

Pasang Benner iklan